Skip to main content

Pengertian Manajemen Pemasaran Secara Umum dan Menurut Ahli Lengkap

Manajemen pemasaran adalah kegiatan penting untuk bisnis. Tanpa manajemen yang baik, pemasaran tidak dapat berjalan dengan baik. Pemasaran adalah kegiatan penting untuk menarik banyak konsumen dan membawa banyak manfaat bagi perusahaan.
Manajemen Pemasaran mencakup semua hal serta kegiatan tentang bagaimana memenuhi tujuan itu, selain mengukur, kemajuan telah mencapai tahap mana, dengan mempertimbangkan peluang pasar dan sumber daya internal perusahaan. Manajemen pemasaran biasanya juga terkait dengan konsep dasar manajemen keuangan uantuk mengatur laba dari hasil pemasaran yang dilakukan.

Pengertian Manajemen Pemasaran Secara Umum

Secara umum, pengertian Manajemen Pemasaran adalah serangkaian proses analisis, perencanaan, implementasi, dan juga pengawasan dan pengendalian kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk mencapai target perusahaan secara efektif dan efisien.
Manajemen Pemasaran juga dapat diartikan sebagai alat untuk merencanakan, menganalisis, menerapkan, dan mengendalikan program dalam perusahaan yang telah dirancang untuk membangun, membuat, dan memelihara pertukaran agar terus menguntungkan.
Manajemen Pemasaran

Adapun manajemen pemasaran dapat dipahami sebagai proses dalam memilih target pasar, memperoleh, mempertahankan, dan menumbuhkan kepercayaan pelanggan melalui menciptakan, memberikan, dan mengkomunikasikan nilai unggul kepada pelanggan.
Dengan demikian, Manajemen Pemasaran itu sendiri dilakukan oleh seorang manajer pemasaran yang akan mempelajari struktur sumber daya pembiayaan, sumber laba, dan juga kompetensi. Hal lain yang tidak dilewatkan oleh seorang manajer pemasaran adalah diferensiasi produk dan posisi kompetitif.

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Para ahli di bidang pemasaran menjelaskan tujuan Manajemen Pemasaran. Secara umum pengertiannya hampir sama, tetapi ada beberapa kriteria khusus yang memiliki pendapat berbeda setiap hari. Untuk itu, mari kita ulas satu per satu di bawah ini.
Dharmesta dan Handoko berpandangan bahwa pengertian Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan utama yang dilakukan oleh perusahaan untuk menjaga kelangsungan perusahaan, mengembangkan, dan mendapat manfaat dari kegiatan pertukaran. Jauh sebelum barang diproduksi, proses pemasaran telah dilakukan dan tidak berakhir dalam penjualan.
Selain menjual kegiatan pemasaran, itu juga harus memberikan kepuasan kepada konsumen. Hal ini dilakukan oleh semua perusahaan agar bisnis terus berjalan dengan lancar dan konsumen memiliki pandangan yang baik terhadap perusahaan.
Sofjan Assauri menjelaskan pengertian Manajemen Pemasaran yaitu analisis perencanaan implementasi dan pengendalian berbagai program yang diatur dalam pembentukan pengembangan dan pemeliharaan laba dari transaksi atau pertukaran melalui target pasar untuk mencapai tujuan perusahaan dalam jangka panjang.
Menurut William J. Stanton Pengertian Manajemen Pemasaran adalah suatu sistem kegiatan bisnis secara keseluruhan yang bertujuan merencanakan promosi harga dan distribusi barang atau jasa yang dapat memuaskan konsumen.
Sementara itu, Basu Swastha memberikan pengertian manajemen pemasaran sebagai sistem pada setiap kegiatan bisnis yang dilakukan secara keseluruhan yang mencakup perencanaan, penentuan harga, promosi, dan distribusi barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan pembeli.
Menurut Ben M Pengertian Manajemen pemasaran adalah suatu proses untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perorangan atau perusahaan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar