Skip to main content

Macam-Macam Takdir Manusia Yang Perlu Diketahui

Takdir yaitu  ukuran yang telah ditentukan oleh Allah swt sejak zaman azali tentang baik atau buruknya sesuatu, tetapi dapat berubah jika ada upaya untuk mengubahnya. Allah swt telah menentukan keadaan yang ada pada diri mahluknya ukuran tertentu, sifat dan kemampuanya. Yang dapat berubah pada diri manusia yaitu sifat dan kemampuannya tergantung dari bagaimana mereka berusaha. 
Kemungkinan adanya perubahan takdir pada manusia berdasarkan ketentuan tersebut dapat terjadi dimana manusia memiliki kemampuan terbatas menurut ukuran yang diberikan oleh Allah swt kepada mereka. Sebagai contoh, manusia ditakdirkan untuk tidak dapat menembus luar angkasa, tetapi dengan akalnya ia mampu melakukannya dengan membuat alat untuk sampai ke sana.
Takdir

M. Quraish Shihab menyatakan bahwa keberadaan Takdir tidak menghalangi manusia untuk mencoba menentukan masa depan mereka sendiri, sembari memilih bantuan Ilahi. Dalam artian bahwa manusia dengan usahanya tetapi senantiasa memohon petunjuk kepada Allah swt.

Macam-Macam Takdir

Terkait dengan pemahaman takdir pada manusia, para ulama mengkategorikan takdir menjadi empat macam. Adapaun keempat macam takdir tersebut yaitu:

1. Takdir Azali

Takdir azali merupakan ketetapan Allah kepada mahluknya yang telah ditulis 50.000 tahun sebelum diciptakannya dunia ini di lauhil mahfudz. Takdir azali pasti akan terjadi pada setiap mahluk Allah di dunia ini sehingga menempatkannya sebagai takdir tertinggi. 
Hal tersebut dijelaskan Allah dalam Al-Qur’an Surah At-Taubah ayat 51 yang bermakana bahwa apa yang terjadi pada diri kita telah ditetapkan Allah sebelumnya. Sehingga bagi mereka yang beriman tidak ada alas an untuk menolak ketetapan Allah yang terjadi pada dirinya.
Selain itu, Rasulullah pernah bersabda yang bermakna bahwa nasib setiap mahluk telah ditentukan oleh Allah lima puluh ribu tahun sebelum langit dan bumi diciptakan.

2. Takdir ‘umri

Takdir Umri adalah takdir yang ditetapkan ketika malaikat meniupkan roh kedalam jasad saat masih berupa janin. Hal tersebut dapat dilihat dalam Surah Al-A’Raf ayat 172 tentang kesepakatan yang telah dibuat manusia dengan Allah swt terkait ketuhanan. Hal tersebut manusia lakukan agar di hari kemudia mereka tidak menyesalinya.
Sementara itu, saat manusia berusia empat puluh hari masa kandungan, telah ditetapkan kepadanya empat hal dalam hidupnya. Berdasarkan sabda Nabi Muhammad saw bahwa ketika manusia telah berusia empat puluh hari berdasarkan izin Allah swt, malaikat meniupkan roh dan ditetapkan empat perkara yaitu:
1. Kekayaan
2. Kematian
3. Perbuatan
4. Baik dan Buruk
Setelah seluruh ketetapan Allah tersebut dituliskan, maka semprnalah penciptaan manusia untuk selanjutnya menanti kehidupan dunia ini.

3. Takdir Sanawi

Takdir sanawi yaitu takdir manusia yang berlaku setiap tahun dan ditetapkan keadaan manusia untuk tahun depannya pada setiap malam Lailatul Qadar.
Hal tersebut dapat dilihat dalam firman Allah Surah Ad-Dukhan ayat 1-5 yang bermakna bahwa pada malam lailatul qadar para malaikat turun dengan izin Allah swt untuk menyelesaikan segala urusan. Ini berarti bahwa pada setiap malam lailatul qadar urusan manusia telah ditetapkan oleh Allah sampai malam lailatul qadar tahun depan.

4. Takdir Yaumi

Takdir yaumi merupakan takdir yang berlaku setiap hari pada diri manusia. Segala sesuatu yang terjadi pada manusia setiap harinya merupakan ketetapan dari Allah swt sehingga kita tidak boleh berputus asa apalagi menyalahkan diri sendiri.
Hal tersebut dapat dilihat dalam surah Ar-Rahman ayat 29 yang bermakna bahwa Allah swt setiap waktu sibuk. Meskipun demikian, manusia tidak boleh memahami bahwa sibuknya Allah swt sama seperti sibuknya manusia. Kita tidak dapat memahami dengan akal kita terkait kesibukan Allah swt sebab kemampauan kita sangat terbatas pada ciptaan sementara Allah swt adalah pencipta.

Demikian penjelasan singkat tentang macam-macam takdir pada diri manusia yang harus mereka pahami.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar