Skip to main content

Komunikasi Verbal Beserta Contohnya

Komunikasi Verbal adalah jenis komunikasi lisan melalui kata-kata yang diucapkan untuk menyampaikan perasaan, pikiran, ide dan pendapat dan mengungkapkannya dalam bentuk pidato, diskusi, presentasi, dan percakapan.

Pengertian Komunikasi Verbal

Secara sederhana komunikasi verbal artinya tindakan berbagi informasi antar individu dengan menggunakan ucapan. Setiap interaksi yang menggunakan kata-kata yang diucapkan dianggap sebagai komunikasi verbal. Dalam organisasi, Komunikasi verbal yang biasa terjadi meliputi diskusi pribadi, rapat staf, wacana telepon, percakapan dan presentasi formal dan informal.
Komunikasi Verbal

Komunikasi verbal di luar organisasi dapat berupa panggilan telepon, pertemuan tatap muka, pidato, konferensi jarak jauh, atau konferensi video. Keterampilan komunikasi verbal yang efektif harus dimiliki oleh setiap orang dalam sebuah kelompok atau organisasi sehingga tercipta komunikasi yang tepat baik dari pimpinan kepada karyawan maupun karyawan kepada pimpinan. 
Faktor komunikasi verbal tergantung pada nada pembicara, kejelasan bicara, volume, kecepatan, bahasa tubuh dan kualitas kata yang digunakan dalam percakapan. Umpan balik komunikasi verbal dilakukan secara langsung karena ada pengiriman dan penerimaan pesan secara simultan oleh pengirim dan penerima.
Indikator komunikasi verbal tidak hanya tergantung pada kemampuan berbicara seseorang tetapi juga pada keterampilan mendengarkan. Seberapa efektif seseorang mendengarkan akan menentukan efektivitas komunikasi baik dalam situasi formal maupun informal.

Bentuk-Bentuk Komunikasi Verbal

Komunikasi verbal biasanya mencakup bunyi, kata, bahasa, dan ucapan. Berbicara adalah cara yang efektif untuk berkomunikasi dan membantu dalam mengekspresikan emosi kita dengan kata-kata. Bentuk komunikasi verbal terdiri atas:

Komunikasi Intrapersonal

Bentuk komunikasi ini sangat pribadi dan terbatas pada diri kita sendiri termasuk percakapanyang kita lakukan dengan diri kita sendiri, di mana kita mengatur peran antara pengirim dan penerima yang memproses pikiran dan tindakan kita. Proses komunikasi ini ketika dianalisis dapat disampaikan secara lisan kepada seseorang atau tetap terbatas sebagai pikiran.

Komunikasi Antarpribadi

Bentuk komunikasi ini terjadi antara dua individu yang merupakan percakapan satu lawan satu. Di sini, dua individu yang terlibat akan bertukar peran pengirim dan penerima mereka untuk berkomunikasi secara lebih jelas.

Komunikasi Kelompok Kecil

Jenis komunikasi ini dapat terjadi hanya ketika ada lebih dari dua orang yang terlibat. Di sini jumlah orang akan cukup kecil untuk memungkinkan setiap peserta berinteraksi dan berkomunikasi dengan yang lain. Konferensi pers, rapat dewan, dan rapat tim adalah contoh komunikasi kelompok. 

Komunikasi Publik

Komunikasi publik terjadi ketika seseorang berbicara pada sekelompok besar orang. Kampanye pemilu dan pidato publik adalah contoh dari jenis komunikasi ini. Dalam situasi seperti itu, biasanya ada satu pengirim informasi dan beberapa penerima yang sedang menyaksikan.

Contoh Komunikasi Verbal

Komunikasi verbal jauh lebih kompleks daripada sekadar berbicara, komunikasi verbal tidak hanya mencakup diskusi dan percakapan lisan, tetapi juga pesan tertulis dan bahkan komunikasi yang dimediasi dengan menggunakan teknologi komunikasi. Berikut penjelasan tentang contoh komunikasi verbal.

Komunikasi Lisan

Jenis komunikasi verbal yang paling jelas adalah lisan, dan sejumlah contoh komunikasi lisan sudah banyak tersedia. Beberapa contoh komunikasi lisan dalam keseharian yaitu pidato, presentasi, pengumuman, serta percakapan santai antara teman-teman. Selain komunikasi verbal standar, sebagian besar model komunikasi juga menyertakan umpan balik dari penerima yang mungkin dalam bentuk pertanyaan atau komentar Singkat dan sederhana seperti ucapan Ya, Tidak dan Sebagainya. Contoh spesifik komunikasi lisan hampir tidak terbatas, percakapan apa pun yang melibatkan setidaknya satu penerima dan setidaknya satu pengirim menggunakan kata-kata yang diucapkan dapat dianggap sebagai contoh komunikasi verbal lisan.

Komunikasi Tertulis

Meskipun mungkin tampak kontra-intuitif, komunikasi tertulis dianggap sebagai bentuk komunikasi verbal di bawah definisi istilah yang paling umum diterima. Mengartikan komunikasi verbal sebagai bahasa tertulis dan lisan merujuk penggunaan metode komunikasi yang serupa dalam kedua bentuk untuk menawarkan makna kata-kata tertulis dan kata-kata yang diucapkan. Karena alasan ini, kebanyakan bentuk komunikasi yang tampaknya nonverbal dapat digunakan sebagai contoh komunikasi verbal seperti surat tertulis, memo, buletin, koran, jurnal, dan bahkan catatan pribadi. Buku teks, novel, dan literatur lainnya juga berfungsi sebagai contoh komunikasi verbal karena mereka menggunakan kata-kata sebagai media untuk menyampaikan pesan.

Komunikasi yang Dimediasi

Meskipun bentuk komunikasi yang dimediasi adalah cabang ilmu komunikasi yang terpisah tetapi tetap berisi contoh-contoh komunikasi verbal dan nonverbal seperti web, E-Mail dan sebagainya. Sebagian besar konten web terdiri dari teks atau video yang diketik, keduanya sangat bergantung pada komunikasi verbal untuk menyampaikan pesan mereka. Demikian juga webcast dan media interaktif online lainnya menggunakan komunikasi verbal, seperti halnya email, sesi telnet dan posting newsgroup. Demikian juga, percakapan telepon terjadi karena aliran kata-kata dari pengirim ke penerima juga merupakan bentuk komunikasi verbal.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar