Skip to main content

Keunggulan Pendidikan yang Dimiliki Sekolah Islam Terpadu

Sekolah Islam Terpadu pada dasarnya adalah sekolah yang menerapkan konsep pendidikan Islam berdasarkan Al-Qur'an dan Sunnah. Konsep operasional SIT adalah akumulasi dari proses membudayakan, mewarisi dan mengembangkan ajaran Islam dari generasi ke generasi. Pada sekolah islam terpadu  terdapat Istilah Terintegrasi sebagai penguat Islam ajaran islam. Sekolah islam terpadu menjadi salah satu gerakan dakwah dalam bentuk lembaga pendidikan untuk melawan pemahaman sekuler yang memisahkan antara urusan agama dan urusan dunia. 

Pendidikan Sekolah Islam Terpadu

Dalam penerapannya, SIT didefinisikan sebagai sekolah yang mengadopsi pendekatan implementasi dengan menggabungkan pendidikan umum dan pendidikan agama ke dalam satu kurikulum yang terjalin. Dengan pendekatan ini, semua mata pelajaran ataupun kegiatan sekolah senantiasa diwarnai dengan nilai-nilai ajaran islam. 
Keunggulan Sekolah Islam Terpadu

Sekolah islam terpadu tidak mengenal istilah dikotomi pendidikan yang memisahkan antara pendidikan umum dan pendidikan agama seperti sekularisasi di mana pelajaran dan semua diskusi bebas nilai dan ajaran agama ataupun pandangan tentangan pendidikan islam terlepas dari konteks manfaat atau sakralisasi. Mata pelajaran umum, seperti matematika, sains, studi sosial, bahasa, fisik,kesehatan, keterampilan dibingkai oleh prinsip-prinsip Islam. Selain itu, pedoman saat belajar agama, diperkaya dengan pendekatan konteks kekinian dan kegunaan, serta manfaatnya.
SIT juga menekankan integrasi dalam metode pembelajaran sehingga dapat mengoptimalkan domain kognitif, afektif, dan keterampilan. Implikasi dari integrasi ini membutuhkan pengembangan pendekatan yang kaya dan beragam untuk proses pembelajaran dan penggunaan media serta sumber belajar yang luas dan fleksibel. 
Metode pembelajaran pada SIT menekankan penggunaan dan pendekatan yang memicu dan merangsang optimalisasi pemberdayaan otak kiri dan kanan. Dengan pemahaman ini, pembelajaran dalam SIT harus dilakukan dengan pendekatan yang didasarkan pada:
1. Penyelesaian masalah yang melatih siswa untuk berpikir kritis, sistematis, logis dan soliter 
2. Berdasarkan kreativitas yang melatih siswa untuk berpikir orisinal, fleksibel dan imajinatif. Keterampilan untuk melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat dan penuh manfaat untuk diri mereka sendiri dan lingkungan mereka.
SIT juga menggabungkan pendidikan aqliyah, ruhiyah dan jasadiyah.  Sekolah Islam Terpadu berusaha untuk mendidik siswa menjadi anak-anak yang mengembangkan kemampuan intelektual mereka, meningkatkan kualitas iman dan pengabdian mereka kepada Allah SWT, menumbuhkan moral yang mulia, dan juga memiliki kesehatan, kebugaran, dan keterampilan dalam kehidupan sehari-hari mereka.
Sekolah Islam Terpadu menggabungkan keterlibatan aktif dan partisipasi dalam lingkungan belajar, yaitu sekolah, rumah dan masyarakat. SIT berupaya untuk mengoptimalkan dan menyinkronkan peran guru, orang tua dan masyarakat dalam proses manajemen dan pembelajaran sekolah sehingga terjadi sinergi konstruktif dalam membangun kompetensi dan karakteristik siswa. orang tua secara aktif terlibat untuk memperkaya dan memberikan perhatian yang memadai dalam proses pendidikan anak-anak mereka. Sementara itu, kegiatan berkunjung atau berinteraksi di luar sekolah adalah upaya mendekatkan siswa ke dunia nyata yang ada di tengah-tengah masyarakat.

Keunggulan Sekolah Islam Terpadu

Dewasa ini, sekolah islam terpadu sudah menyebar di berbagai daerah di Indonesia. Hal tersebut tidak terlepas dari kepuasan masyarakat terkait program ditawarkan oleh salah satu lembaga pendidikan tersebut. Secara umum, ada dua kelebihan yang dimiliki oleh sekolah islam terpadu yang menjadikannya selangkah lebih unggul daripada lembaga pendidikan umum. Berikut adalah keunggulan yang dimiliki oleh SIT.

1. Mengembangkan Aspek Spiritual

Karena pendidikannya komprehensif, SIT telah mempersiapkan anak-anak untuk hidup baik di dunia ini maupun di akhirat. Ini adalah alasan pertama saya mengapa saya memilih SIT untuk anak-anak saya. Karena di SIT, anak-anak tidak hanya mengembangkan aspek akademik mereka, tetapi juga aspek spiritual dan mental mereka. Itulah sebabnya di SIT, Pendidikan Agama Islam memiliki porsi yang lebih besar daripada sekolah lain. Di SIT ada pelajaran Alquran yang mengajarkan anak-anak membaca dan menghafal Alquran. Jadi sejak usia dini anak-anak diajarkan untuk berkomunikasi dengan Tuhan. Mereka juga diajari sejarah para nabi, terutama Nabi Muhammad

2. Mengembangkan Aspek Soft Skill

Seperti kita ketahui bahwa soft skill merupakan salah satu fakator yang mendukung kesuksesan seseorang. Program soft skill di SIT dimulai dari program pembentukan karakter yang diadakan setiap minggu, ada program sosial untuk membantu orang lain yang mengalami bencana, baik dalam skala nasional maupun internasional. Dan yang utama adalah bahwa dalam Sekolah Islam Terpadu terdapat kegiatan Kepanduan, salah satu kegiatan di sekolah yang memiliki lembaga atau tautan hingga tingkat internasional, sehingga anak-anak dibina untuk berpikir secara global.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar