Skip to main content

Jelaskan Pengertian Ekonomi Kreatif Secara Umum dan Menurut Pendapat Ahli

Untuk menjelaskan pengertian ekonomi kreatif lebih jauh, perlu dipahami terlebih dahulu latar belakang ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif merupakan bidang ekonomi baru yang lahir pada awal abad ke-21. Bidang ekonomi baru tersebut memprioritaskan kemampuan intelektual sebagai kekayaan yang dapat menghasilkan uang, peluang kerja, pendapatan, dan kemakmuran. Poin utama dari ekonomi kreatif tercetak pada industri kreatif yaitu industri yang digerakkan oleh pencipta atau inovator. Rahasia ekonomi kreatif terletak pada kreativitas dan inovasi.
Ekonomi Kreatif

Saat ini, ekonomi kreatif di Indonesia sudah mulai ramai terutama setelah mengetahui seberapa besar kontribusi industri ekonomi kreatif seperti seni, musik, mode, dan periklanan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Industri ekonomi kreatif merupakan hasil dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan dan bakat individu untuk menciptakan kemakmuran dan pekerjaan dengan memproduksi dan mengeksploitasi kekuatan kreatif dan kreatif individu.

Baca Juga : Mengenal Sistem Ekonomi Ali Baba

Pengertian Ekonomi Kreatif Secara Umum

Pengertian Ekonomi kreatif dijelaskan sebagai konsep di era ekonomi baru yang memanfaatkan informasi dan kreativitas untuk mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi utama. 
Penjelasan pengertian ekonomi kreatif selanjutnya yaitu pendekatan, tren, konsep dan aktivitas ekonomi yang berasal dari kreativitas, inovasi, talenta, ide dan gagasan serta mengandalkan sumber daya manusia sebagai faktor produksi untuk menjalankan ekonomi.
Selain itu, Pengertian ekonomi kreatif dapat dijelaskan sistem kegiatan manusia yang terkait dengan penciptaan, produksi, distribusi, pertukaran dan konsumsi barang dan jasa yang bernilai bagi pelanggan pasar.
Industri ekonomi kreatif merupakan penjelasan akan hadirnya masyarakat Indonesia di tengah interaksi antar bangsa-bangsa di dunia. Kekayaan intelektual dan warisan budaya bangsa dapat dilestarikan dengan memperkuat struktur industri berdasarkan tradisi dan budaya sebagai sumber inspirasi untuk menghasilkan produk-produk baru yang bernilai tambah dan kompetitif meskipun pada umumnya berskala kecil dan menengah seperti industri rumah tangga .
Ekonomi kreatif menjadi tumpuan masyarakat saat ini di mana kehidupan ekonomi umat manusia telah berubah seiring dengan proses globalisasi ekonomi yang sedang berlangsung dan banyak penemuan baru di bidang komunikasi dan teknologi informasi, telah mengantar peradaban manusia ke dalam arena baru interaksi sosial yang tidak pernah telah dibayangkan sebelumnya.

Pengertian Ekonomi Kreatif Menurut Pendapat Ahli

Selain pengertian ekonomi kreatif secara umum, para ahli juga menjelaskan pengertian ekonomi kreatif berdasarkan sudut pandang mereka. Berikut beberapan penjelasan pengertian ekonomi kreatif berdasarkan pendapat para ahli.
Howkins menjelaskan pengertian ekonomi kreatif sebagai kegiatan ekonomi di mana input dan output adalah ide, atau dalam satu kalimat pendek, esensi kreativitas adalah ide. Kreativitas adalah proses berpikir dan menginspirasi dengan cara yang berbeda dari biasanya, di mana seseorang ditantang untuk dapat melahirkan sesuatu yang baru baik dalam bentuk ide maupun karya nyata yang relatif berbeda dari yang lainnya. Dalam dunia usaha, untuk dapat memunculkan produk, prosedur, dan struktur baru diperlukan kreativitas dan inovasi untuk dapat bertahan serta meningkatkan kualitas kerja menjadi lebih baik. 
Paul Romer  menjelaskan pengertian ekonomi kreatif terkait ide yang merupakan barang ekonomi yang sangat penting, lebih penting daripada objek yang ditekankan dalam kebanyakan model ekonomi. Dengan keterbatasan fisik, penemuan ide-ide besar bersama dengan penemuan jutaan ide kecil yang membuat ekonomi terus tumbuh. Gagasan adalah instruksi yang membuat kita menggabungkan sumber daya fisik dengan komposisi terbatas menjadi lebih berharga. Romer juga percaya bahwa suatu negara miskin karena rakyatnya tidak memiliki akses ke ide-ide yang digunakan dalam industri nasional untuk menghasilkan nilai ekonomi.
Selain itu, Simatupang menjelaskan pengertian ekonomi Kreatif sebagai industri yang fokus pada penciptaan dan eksploitasi karya kekayaan intelektual seperti seni, film, permainan atau desain mode, dan termasuk layanan kreatif antar perusahaan seperti iklan.

Itulah beberapa penjelasan singkat terkait pengertian ekonomi kreatif baik secara umum maupun berdasarkan pendapat para ahli ekonomi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar