Skip to main content

Persyaratan Lowongan Kerja Yang Harus Dipenuhi

Persyaratan Lowongan Kerja

A. Pengertian Lowongan Kerja

Lowongan Kerja adalah peluang kerja dalam posisi eksklusif di suatu agensi atau tempat usaha yang tersedia bagi individu atau kelompok yang telah memenuhi persyaratan yang diperlukan. Peluang untuk bekerja pada posisi tertentu dalam hal ini memiliki makna yang cukup sederhana. Setiap lowongan pekerjaan akan mencantumkan jenis pekerjaan bersama dengan posisi yang dapat dipilih oleh pencari kerja. Dalam konteks ini, pencari kerja dapat memilih posisi tertentu yang sesuai dengan bakat dan keahlian mereka.

B. Persyaratan Lowongan Kerja

Persyaratan lowongan kerja yang menjadi ketentuan umum yang biasanya harus Anda penuhi jika ingin melamar pekerjaan adalah sebagai berikut:

1. Surat Lamaran

Tentu saja, surat lamaran adalah hal yang paling utama dan pertama yang harus anda siapkan sebelum melamar suatu pekerjaan. Surat lamaran pada dasarnya berisi maksud dan tujuan pemohon, posisi apa yang diinginkan untuk menempati posisi yang sedang dilamar. Surat lamaran yang baik adalah jika surat lamaran kerja disajikan dengan ringkas dan jelas.
Jika agensi perusahaan yang Anda lamar tidak mengharuskan Anda untuk membuat Surat Lamaran menggunakan tulisan tangan, maka silahkan membuat surat lamaran pekerjaan cetak dan sejenisnya.

2. Daftar Riwayat Hidup

Daftar riwayat hidup berisi perincian berita pribadi pelamar, mulai dari nama, alamat, TTL, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan dan banyak lainnya. Apa riwayat hidup yang lengkap? Anda dapat mencari informasi di internet, ada banyak format daftar riwayat hidup yang bisa Anda tiru.

3. Fotokopi KTP dan Pas Foto

Fotokopi KTP harus tersedia, untuk foto paspor Anda dapat menggunakan ukuran 4 x 6 lembar dua jika tidak ada ketentuan yang berkaitan dengan persyaratan.

4. Foto copy Ijazah yang Dilegalisir

Kami menyarankan Anda memfotokopi ijazah yang dilegalisasi berdasarkan dimana tempat Anda belajar. Jika Anda baru saja lulus dan ijazah asli belum dikeluarkan maka Anda dapat menggunakan surat pengantar dan transkrip lulus yang juga dilegalisasi.

5. Sertifikat Pelatihan atau Keterampilan Khusus

Sertifikat atau kursus pelatihan pendukung dokumen pendukung untuk surat lamaran yang harus tersedia jika memang Anda memiliki keterampilan khusus. Apalagi jika keterampilan itu berkolaborasi dengan posisi pekerjaan yang Anda lamar.

6. SKCK

SKCK adalah singkatan dari surat keterangan catatan kepolisian yang menyatakan bahwa pihak terkait tidak pernah terlibat dalam pelanggaran pidana. Anda dapat mengurus SKCK dari Polsek atau Polres tergantung pada kebutuhan Anda dan area di mana SKCK akan digunakan.

7. Kartu Kuning (AK 1)

Anda dapat membuat kartu kuning atau kartu pencarian kerja di Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi terdekat. Untuk membuat Kartu Kuning ini tidak dipungut biaya seper pun, jadi ada baiknya Anda membuatnya. Terdapat banyak keuntungan menggunakan kartu kuning untuk melamar pekerjaan.

8. Sertifikat Kesehatan

Anda dapat mengurus Sertifikat Kesehatan dari dokter atau lembaga kesehatan terdekat. Surat fakta sehat ini berisi informasi seperti tinggi dan berat badan, golongan darah, monitor tekanan darah dan sebagainya.

9. Sertifikat Pekerjaan

Bagi Anda yang memiliki pengalaman kerja, melampirkan Sertifikat Kerja adalah wajib. Sertifikat Pekerjaan bisa anda dapatkan di perusahaan dimana anda pernah bekerja terakhir kalinya. Sertifikat Kerja adalah bukti formal bahwa Anda benar-benar pernah bekerja pada lembaga perusahaan tertentu.
Sekali lagi bahwa persyaratan untuk melamar pekerjaan tersebut di atas hanya persyaratan umum jika memang informasi lowongan kerja yang Anda terima tidak mencakup persyaratan apa pun yang disebutkan disini, maka harus Anda selesaikan secara bijak. Yang terpenting, Jika ada dokumen yang harus Anda lengkapi dalam surat lamaran kerja Anda, Anda harus melengkapinya sehingga Anda dapat lulus seleksi administrasi.

C. Lowongan Kerja Online

Bagi Anda yang ingin mencari informasi terkait lowongan kerja, Anda dapat mengunjungi situs-situs berikut:
1. Http://www.Rekrutmendonnet
2. Http://bursakerjadepnakerdotcom
3. Http://www.OpenkerjadotCom
4. Http://www.LokerjobindodotCom
5. Http://www.JobstreetdotCodotId
6. Http://www.KerjamksdotCom
7. Http://www.Lowongankerja15dotCom
Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang terkait dengan lowongan kerja. Sebagai saran, Anda harus tetap berhati-hati dalam membuat pilihan mengingat banyaknya penipuan yang berkeliaran di dunia maya. Wassalam.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar