Skip to main content

Perbedaan Ekosistem Laut dan Darat

Ekosistem merupakan hubungan timbal balik antara mahluk hidup dengan lingkungannya sehingga membentuk sistem ekologi. Terdapat dua jenis ekosistem yang secara umum dibahas dalam disiplin ilmu alam yaitu ekosistem biotik atau mahluk hidup dan ekosistem abiotik atau mahluk tidak hidup.
Ekosistem Laut

Namun pada referensi makalah kali ini, akan dibahas terkait perbedaan antara ekosistem laut dan ekosistem darat. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak uraian berikut.

A. Ekosistem Laut

Ekosistem laut merupakan ekosistem akuatif yang sebagian besar memiliki kandungan garam yang sangat tinggi pada permukaan yang begitu luas. Jika kita mencoba air pada ekosistem laut maka akan dirasa asin. Ini menandakan bahwa kandungan garam yang terdapat pada ekosistem ini sangat besar. Biota laut merupakan penghuni dari ekositem laut yang bisa ditemukan disekitar pesisir seperti rumput laut, karang, mamalia dan lain-lain.
Untuk memahami lebih jauh tentang ekosistem laut, mari kita simak ciri-ciri yang terdapat pada ekosistem laut.
1. Terdapat perbedaan suhu antara permukaan dengan bagian dalam laut.
2. Memiliki kadar garam yang cukup tinggi.
3. Keadaan cuaca dan iklim tidak begitu mempengaruhi ekosistem laut.
4. Sebagian besar bergaram sampai pada tingkat 75 persen.

B. Ekosistem Darat

Faktor lingkungan Ekosistem darat sebagian besar merupakan daratan yang sangat luas atau terkadang disebut sebagai bioma. Kondisi iklim, keadaan geografis, dan ketinggian permukaan laut sangat mempengaruhi tipe bioma. Selanjutnya mari kita simak beberapa jenis ekosistem darat.

1. Hutan Tropis

Hutan tropis terdapat di daerah Asia Tenggara, Lembah Amazon, dan Amerika Selatan. Hal ini karena daerah tersebut tepat berada pada garis katulistiwa.

2. Padang Rumput

Padang rumput bisa ditemukan pada daerah tropis yang beriklim sedang. Padang rumput dapat ditemukan di Amerika Selatan, Australia, Hungaria, dan Rusia Selatan. Untuk di Negara kita Indonesia, padang rumput bisa ditemukan di Nusa Tenggara.
Jenis heawan yang hidup di daerah padang rumput biasanya seperti singa, kijang, burung, reptil, dan kanguru.

3. Savana

Savana merupakan padang rumput yang berada diantara pepohonan atau dikelilingi oleh pepohonan. Savana juga bisa ditemukan di daerah tropis seperti Aprika, Kenya, dan Australia Barat dan untuk di Indonesia, kita bisa menemukannya di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar