Skip to main content

Pengertian Zakat Fitrah dan Zakat Mal

Zakat Fitrah adalah kewajiban bagi setiap Muslim dewasa atau anak-anak tanpa memandang jenis kelamin, selama mereka memiliki makanan yang cukup untuk mereka selama sehari atau lebih. Kepala keluarga membayar untuk setiap anggota keluarga. Terdapat beberapa ketentuan zakat baik zakat fitrah maupun zakat mal, namun yang akan kita jelaskan disini hanya berkaitan dengan pengertian zakat fitrah dan zakat mal.

Pengertian Zakat Fitrah

Pengertian Zakat Fitrah dari sudut pandang bahasa yaitu mengeluarkan harta untuk membersihkan atau menyucikan diri dari dosa dan meningkatkan perspektif serta mengatur hati kita selama sebelas bulan terakhir.  Sementara itu, pengertian zakat fitrah secara istilah yaitu ukuran tertentu dari harta yang harus dikeluarkan untuk orang yang membutuhkan atau sedang berhak menerima dengan beberapa syarat sesuai dengan syariat Islam.
Dalam kitabnya Al-Mu'jam Al-Wasith, Ibrahim Mustafa menjelaskan pengertian zakat fitrah yaitu berasala dar kata "zakat", dalam bahasa, memiliki beberapa makna, termasuk: tumbuh, meningkat, berkembang, atau sesuatu yang terbaik. Dan kata "fitri" berarti 'berbuka puasa'.
Pengertian Zakat


Dari kombinasi dua kata tersebut yaitu zakat dan fitri, maka pengertian zakat fitrah mengandung makna sebab dan akibat. Artinya, zakat fitrah diperlukan karena umat Islam telah selesai puasa di bulan Ramadhan yaitu pada hari raya.
Ada juga beberapa Muslim yang memberikan pengertian zakat fitrah dengan memaknai zakat dan fitri dengan konsep yang berbeda. Meraka mengatakan bahwa "Fitrah" berarti asal mula penciptaan. Dalam kitab Al-Mausu'ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyyah, Abul Haitsam berkata, “Al-fitrah” adalah asal mula penciptaan yang merupakan sifat bayi ketika ia baru dilahirkan oleh ibunya. 
Ibn Qutaibah menjelaskan pengertian zakat fitrah sebagai zakat untuk tubuh dan jiwa. Bisa dilihat pada kitab Al-Mugni Ibn Qudamah.
Zakat Fitrah juga merupakan upaya untuk membersihkan seorang Muslim dari segala kekurangan atau tindakan yang tidak baik selama puasa Ramadhan. Selain itu, Zakat Fitrah diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan dan miskin selama Ramadhan, sehingga mereka dapat merayakan kedatangan Idul Fitri dengan kebahagiaan dan bebas dari pikiran apa yang harus dimakan nanti.

Pengertian Zakat Mal

Sebelum memberikan pengertian zakat mal, maka terlebih dahulu harus dipahami apa yang dimaksud dengan mal sehingga kita lebih mudah memahami lebih jauh tentang pengertian zakat mal tersebut.
Menurut bahasa, kata “Mal”berarti kecenderungan, atau segala sesuatu yang diinginkan oleh manusia untuk dimiliki dan disimpan. Padahal sesuai dengan kondisinya, Mal adalah segala sesuatu yang dapat dimiliki atau dikendalikan dan dapat digunakan atau dimanfaatkan secara normal.
Dengan demikian, sesuatu dapat disebut mal jika memenuhi dua syarat berikut:
1. Dapat dimiliki, disimpan, dikumpulkan, dikendalikan
2. Manfaat bisa diambil seperti biasa
Dari penjelasan tersebut pengertian zakat mal sudah bisa dipahami bahwa Zakat Mal adalah zakat yang dikenakan pada aset yang dimiliki oleh individu atau lembaga dengan syarat dan ketentuan yang telah ditentukan oleh hukum Islam. Mal merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab yang artinya adalah harta.
Sehingga pengertian Zakat mal adalah zakat harta yang dikeluarkan dengan tujuan untuk  membersihkan aset yang dimiliki dengan memberikannya kepada orang yang berhak menerimanya atau biasa disebut mustahiq. Hukum pemberian zakat mal adalah farduaain artinya wajib bagi setiap orang muslim yang memiliki kemampuan. Perintah untuk mengeluarkan zakat sama dengan mengeluarkan zakat fitrah.
Lebih baik jika barang yang akan menjadi zakat mal adalah benar-benar miliknya dalam artian memiliki kekuatan untuk mengelolanya. Meskipun semua aset ini milik Allah, tetapi Allah telah memberikan kepercayaan kepada umat-Nya untuk digunakan dengan cara-Nya dengan baik. Aset berharga seperti emas dan perak, ternak, produk tanaman, aset perdagangan, produk pertambangan, dan aset yang ditemukan. Kemudian harta itu ada di Nisab, yang merupakan level atau ukuran minimum yang diperlukan untuk zakat mal. Setelah itu, waktu Haul adalah waktu kepemilikan harta selama satu tahun.
Demikian kami jelaskan artikel tentang pengertian zakat fitrah dan zakat mal agar bisa dibedakan lebih terperinci terkait perbedaan antara zakat mal dan zakat fitrah.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar