Skip to main content

Pengertian Sejarah Secara Umum dan Pendapat Para Tokoh

Sejarah adalah peristiwa di masa lalu yang didasarkan pada peninggalan berbagai peristiwa. Peninggalan ini disebut sumber sejarah. Manusia saat ini tidak akan memahami budaya suatu peradaban tertentu tanpa merujuk pada sumber sejarah yang ditemukan.

Pengertian Sejarah Secara Umum

Pengertian sejarah secara umum yaitu serangkaian peristiwa di masa lalu yang disusun berdasarkan peninggalan berbagai peristiwa. Dalam dunia pendidikan, kita mengenal disiplin sejarah yang merupakan studi dari semua peristiwa yang telah terjadi di masa lalu sepanjang kehidupan umat manusia.
Sejarah berasal dari bahasa Arab yang yaitu Sajaratun yang berarti percabangan pohon karena sejarah adalah perkembangan dari satu titik peristiwa yang saling berhubungan sehingga jalurnya saling berhubungan. Hal tersebut kemudian digambarkan sebagai pohon bercabang.
Pengertian Sejarah

Dalam bahasa Yunani, sejarah berasal dari kata Historia yang berarti pengetahuan yang berasal dari penelitian mendalam. Dalam bahasa Inggris, sejarah berasal dari kata History yang berarti peristiwa masa lalu, peristiwa masa lalu manusia.
Menurut bahasa, pengertian sejarah dibagi menjadi dua yaitu pemahaman dalam arti sempit dan pemahaman historis dalam arti luas. Dalam arti sempit, sejarah berarti peristiwa.
Sementara dalam arti luas, sejarah adalah peristiwa manusia yang berakar pada realisasi diri dengan kebebasan dan keputusan kekuatan spiritual. 

Pengertian Sejarah Menurut Tokoh Indonesia

Selain pengertian sejarah secara umum, para ahli juga memiliki definisi mengenai sejarah. Berikut adalah beberapa interpretasi historis menurut para ahli dari dalam dan luar negeri.
Ada beberapa pakar dan tokoh Indonesia yang mengekspresikan ide mereka tentang pemahaman sejarah. Pengertian sejarah menurut tokoh Indonesia tersebut antara lain:
1. Muhammad Yamin
Muhammad Yamin mendefinisikan sejarah sebagai ilmu yang disusun berdasarkan hasil investigasi dari beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan realitas material.
2. Mohammad Hatta
Dalam pandangan Muhammad Hatta, sejarah tidak menghasilkan cerita dari peristiwa masa lalu, melainkan memberikan pemahaman tentang masa lalu sebagai masalah.
3. Nugroho Notosusanto
Nugroho Notosusanto berpendapat bahwa sejarah adalah peristiwa yang melibatkan manusia sebagai makhluk sosial yang terjadi di masa lalu. Sejarah juga diartikan sebagai cerita tentang semua peristiwa ini, ceritanya disusun berdasarkan peninggalan dari berbagai peristiwa.
4. Roeslan Abdulgani
Roeslan Abdulgani mendefinisikan sejarah sebagai suatu disiplin ilmu yang secara sistematis meneliti dan menyelidiki perkembangan masyarakat dan kemanusiaan secara keseluruhan di masa lalu bersamaan dengan peristiwa-peristiwanya; dengan pandangan untuk menilai secara kritis semua hasil penelitiannya, untuk menjadi panduan perbendaharaan untuk penilaian dan penentuan situasi saat ini dan arah kemajuan di masa depan.
Roeslan Abdulgani menyamakan sejarah dengan visi tiga dimensi yaitu: visi pertama ke masa lalu, kedua ke saat ini, dan ketiga ke masa depan.
Maksudnya, menyangkut penyelidikan masa lalu tidak bisa lepas dari realitas masa kini yang sedang dihadapi, dan kurang lebih kita tidak bisa lepas dari perspektif masa depan.
5. Drs. Sidi Gazalba
Drs. Sidi Gazalba memberikan pengertian sejarah yaitu masa lalu manusia dan lingkungannya yang diatur secara ilmiah dan juga lengkap yang meliputi urutan fakta-fakta periode dengan penjelasan yang memberikan pemahaman tentang apa yang valid.
6. W.J.S Poerwadaminta
Poerwadaminta mendefinisikan sejarah sebagai silsilah, peristiwa, dan asal peristiwa yang sebenarnya terjadi di masa lalu. Sejarah; Tambo; Cerita, pengetahuan, dan penjelasan tentang peristiwa dan peristiwa yang sebenarnya terjadi di masa lalu.
7. Moh. Ali
Profesor di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) ini berpendapat bahwa "Sejarah adalah perubahan global dan peristiwa aktual." Ilmu sejarah adalah disiplin yang menyelidiki perubahan yang sebenarnya terjadi di masa lalu. "

Pengertian Sejarah Berdasarkan Pendapat Tokoh Dunia

Pengertian sejarah juga diungkapkan oleh beberapa tokoh dunia. Mereka tentu memiliki pandangan sendiri. Adapun pengertian sejarah berdasarkan pendapat tokoh dunia diantaranya sebagai berikut:
1. Aristoteles
Filsuf Yunani ini berpendapat bahwa sejarah adalah sistem yang meneliti peristiwa-peristiwa dari awal yang diatur dalam urutan kronologis. Aristoteles percaya bahwa sejarah mencakup catatan, catatan, atau peristiwa masa lalu dengan bukti spesifik.
2. Gerbang Selatan Beverly
Beverly mendefinisikan sejarah sebagai penelitian masa lalu. Idealnya, penelitian ini menyajikan masa lalu apa adanya. Sejarah adalah studi yang menghadirkan realitas. Anda tidak hanya dapat menikmatinya, tetapi juga membantu Anda secara moral dalam mengajar.
Dengan demikian, sejarah divalidasi berdasarkan keakuratan metode ilmiah. Memperkuat objektivitas berbasis fakta dan membuat laporan kebenaran.
Berdasarkan pemahaman ini, diketahui bahwa ilmu sejarah memiliki metode penelitian yang objektif dan menarik kesimpulan berdasarkan fakta aktual.
3. Ibn Khaldun
Ibn Khaldun mendefinisikan sejarah sebagai catatan masyarakat umum atau peradaban yang muncul dalam watak atau sifat masyarakat saat ini.
4.Henri Pirennes
Sejarawan Belgia yang telah menulis banyak jilid tentang Belgia dan Prancis mengklaim bahwa sejarah adalah cerita tentang peristiwa dan kegiatan orang yang hidup dalam masyarakat.
5. Ernst Bernheim
Menurut pandangan sejarawan Jerman ini, sejarah adalah aspek temporal dan spasial dari perkembangan manusia sebagai makhluk sosial yang secara fisik dan mental kausal, baik secara pribadi maupun secara kolektif. Untuk melacak dan menempatkan sains.
6. Charles Harding Firth
Sejarawan Inggris ini mengklaim bahwa sejarah terus menerus mencatat kehidupan masyarakat manusia, perubahan sosial, mencatat gagasan yang membatasi perilaku sosial, dan mencatat kondisi materi yang membantu atau menghambat perkembangannya. Anda.
Dengan demikian, pemahaman sejarah dari beberapa sumber dapat berasal dari pendapat para ahli dan orang-orang yang dianggap etimologis dan berpengaruh di bidang im sejarah. Sebagai kekuatan besar, negara kaya harus memberi perhatian khusus pada sejarahnya, terutama sejarah Indonesia.
Setelah memahami artinya dengan memahami maknanya, kita dapat mempelajari lebih lanjut sejarah Indonesia dan sejarah dunia. 
Sepanjang sejarah, kita dapat belajar banyak dan belajar pelajaran dari setiap acara ringan untuk mempersiapkan kehidupan masa depan yang lebih baik.
Ada tiga aspek sejarah: masa lalu, sekarang, dan masa depan. Masa lalu digunakan sebagai titik awal untuk masa depan, sehingga ceritanya berisi pelajaran tentang nilai-nilai dan moralitas.
Saat ini, generasi masyarakat selanjutnya akan memahami sejarah sebagai cermin kemajuan dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara.
Demikian pengertian sejarah secara umum dan berdasarkan pendapat para ahli. Sangat penting untuk mengetahui sejarah dan mengambil pelajaran normatif yang terkandung di dalamnya. Urutan peristiwa yang terjadi dapat dibuat sebagai motivasi bagi seseorang untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari pendahulunya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar