Skip to main content

Pengertian E-Learning dan Manfaatnya

E-Learning
Pengertian E-Learning banyak dijelaskan dari perspektif yang berbeda. Secara garis besar, banyak orang mengatakan E-Learning adalah suatu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. 
Sebelumnya, pembelajaran berbasis multimedia merupakan salah satu metode pembelajaran yang mampu memjawab tantangan zaman. Akan tetapi, di zaman yang serba online saat ini, E-Learning merupakan jawaban yang tepat untuk mengatasi ketertinggalan ke depannya.

Pengertian E-Learning

Beberapa ahli menggambarkan definisi E-Learning sebagai berikut:
E-Learning adalah jenis pengajaran dan pembelajaran yang memungkinkan pengiriman bahan ajar kepada siswa menggunakan internet, intranet atau media jaringan komputer lainnya.
E-learning terdiri dari dua bagian yaitu e- yang merupakan singkatan dari elektronik dan pembelajaran yang berarti belajar. Jadi e-learning berarti belajar dengan menggunakan layanan perangkat elektronik, terutama perangkat komputer. 
E-Learning adalah proses pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara sistematis dengan mengintegrasikan semua komponen pembelajaran, termasuk interaksi pembelajaran lintas ruang dan waktu, dengan kualitas terjamin. E-learning bukan hanya materi pelatihan yang online tetapi mencakup proses distribusi informasi, komunikasi, pendidikan, pelatihan, dan manajemen pengetahuan.
E-learning merupakan sistem pembelajaran berbasis internet yang memungkinkan informasi dan pengetahuan dapat diakses oleh siapa pun, kapan saja dan di mana saja.  E-learning menyediakan alat-alat baru untuk menambah nilai pada berbagai model pendidikan tradisional di kelas, buku teks, CD-ROM, dan pelatihan berbasis komputer lainnya.
E-learning adalah proses belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana yang efektif dan memperluas pengetahuan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan secara real-time. 
Untuk mendukung proses pembelajaran di kelas, E-Learning dapat menjadi wadah untuk mengirimkan materi ajar dari tempat yang berbeda. Meskipun pertemuan di kelas tidak akan digantikan oleh penerapan e-learning, akan tetapi prospek tersebut merpakan salah satu manfaat dari perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan.
Dengan e-learning, siswa akan lebih berdaya, karena sekarang proses belajar-mengajar tidak lagi berpusat pada guru melainkan beralih ke siswa. Dengan koneksi ke internet, seorang siswa memiliki akses ke sumber informasi tanpa batas.

Pengertian E-Learning Menurut Para Ahli

Pembelajaran jarak jauh melalui jaringan internet dengan komputer sebagai medianya merupakan pengertian e-learning menurut Allan J. Henderson. Henderson juga menambahkan bahwa e-learning memungkinkan peserta didik untuk belajar melalui komputer di tempat masing-masing tanpa harus secara fisik pergi ke kelas.
E-learning adalah proses pembelajaran berbasis elektronik. Salah satu media yang digunakan adalah jaringan komputer. Dengan mengembangkannya dalam jaringan komputer, dimungkinkan untuk mengembangkannya dalam bentuk berbasis web, sehingga kemudian dikembangkan menjadi jaringan komputer yang lebih luas, yaitu internet, ini sebabnya sistem e-learning menggunakan internet juga disebut internet enabled learning. Presentasi e-learning berbasis web ini bisa lebih interaktif. Informasi perkuliahan juga bisa realtime. Begitu juga dengan komunikasi, meski tidak langsung berhadap-hadapan, tetapi forum diskusi perkuliahan dapat dilakukan secara online dan real time. 
Penjelasan William Horton tentang e-learning yaitu pembelajaran berdasarkan web yang dapat diakses melalui internet. E-learning memungkinkan peserta didik untuk memperoleh pengetahuan tanpa harus menghadiri kelas secara fisik. Belajar menggunakan media elektronik.

Manfaat E-learning

Seperti disebutkan di atas, e-learning telah mempersingkat waktu belajar dan membuat biaya belajar lebih ekonomis. E-learning memfasilitasi interaksi antara siswa dan materi, siswa dan dosen / guru / instruktur dan sesama siswa. Siswa dapat berbagi informasi dan dapat mengakses materi pembelajaran kapan saja dan lagi dan lagi, dengan kondisi seperti itu siswa dapat memperkuat penguasaan materi pembelajaran mereka. Dilihat dari sudut pandang guru dan siswa, manfaat e-learing yaitu sebagai berikut:

a. Manfaat E-Learning Bagi Siswa

Dengan kegiatan e-Learning dimungkinkan untuk mengembangkan fleksibilitas belajar yang tinggi. Artinya, kita dapat mengakses materi pembelajaran kapan saja dan berulang kali. Selain itu kami juga dapat berkomunikasi dengan guru setiap saat, misalnya melalui obrolan dan email.

b. Manfaat E-Learning Bagi Guru

Dengan kegiatan E-Learning manfaat yang diperoleh oleh guu atau dosen meliputi bahwa guru atau dosen akan lebih mudah memperbarui materi dan model pengajaran sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmiah yang terjadi, dan juga dapat secara efisien mengontrol siswa Kegiatan Pembelajaran. Pengalaman negara lain dan juga pengalaman pembelajaran jarak jauh di Indonesia telah menunjukkan keberhasilan yang signifikan, termasuk:
1. Mampu meningkatkan pemerataan pendidikan
2. Mengurangi jumlah putus sekolah atau putus sekolah
3. Meningkatkan prestasi belajar
4. Tingkatkan kehadiran siswa di kelas
5. Tingkatkan kepercayaan diri
6. Tingkatkan wawasan 
7. Mengatasi kekurangan tenaga kependidikan
8. Meningkatkan efisiensi.
Kehadiran guru sebagai makhluk hidup yang dapat berinteraksi langsung dengan siswa telah menghilang dari ruang pembelajaran elektronik ini. Inilah yang mencirikan kurangnya e-learning yang tidak baik. Sebagai asal kata dari e-learning yang terdiri dari e yang berarti elektronik dan learning yang berarti pembelajaran, maka sistem ini memiliki kelebihan dan kekurangan.
E-learning memfasilitasi interaksi antara siswa dan materi pembelajaran. Demikian juga interaksi antara siswa dengan guru serta antara sesama mahasiswa. Peserta didik dapat berbagi informasi atau pendapat tentang berbagai hal yang berkaitan dengan pembelajaran atau kebutuhan pengembangan diri siswa. Guru atau instruktur dapat menempatkan materi pembelajaran dan tugas yang harus dilakukan oleh siswa di tempat-tempat tertentu di web untuk diakses oleh siswa. Sesuai kebutuhan, guru juga dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengakses materi pembelajaran tertentu serta pertanyaan ujian yang hanya dapat diakses oleh siswa hanya sekali dan dalam rentang waktu tertentu. 
E-Learning merupakan kelanjutan dari pembelajaran berbasis komputer yang merupakan penyempurnaan perkembangan pendidikan saat ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar