Skip to main content

Manfaat Hutan Mangrove Bagi Kehidupan Pesisir


Hutan mangrove yaitu ekosistem hutan yang terdapat di daerah pantai yang merupakan kelompok tumbuhan yang tempat hidupnya pada daerah yang memiliki kadar garam tinggi. Tanaman mangrove bisa diidentifikasi dengan melihat penampakan akarnya yang muncul kepermukaan. Jika diperhatikan, tumbuhan mangrove tampak seperti semak belukar yang berada diantara lautan dengan daratan.

Pengertian Hutan Mangrove

Mangue merupakan asal kata dari mangrove yang merupakan bahasa portugis yang memiliki arti tumbuhan. Mangue dipadukan dengan kata grove yang merupakan bahasa inggris yang artinya belukar. Selain itu, ada yang mengatakan bahwa mangrove berasal dari bahasa Melayu Kuno yaitu mangi-mangi.
Manfaat Hutan Mangrove

Hutan mangrove termasuk dalam kelompok tanaman berkayu yang biasanya hidup disekitar pantai tropis maupun subtropis. Tumbuhan mangrove hidup pada daerah pantai yang datar dan terlindungi dan biasanya pada daerah yang tidak terdapat muara sungai. Untuk daerah pantai yang berombak besar dan terjal memiliki pasang surut yang kuat tanaman mangrove tidak akan tumbuh dengan baik karena akan terjadi pengendapan lumpur yang akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman mangrove.
Mangrove merupakan jenis tanaman dikotil yaitu memiliki biji yang terbelah dua. Mangrove memiliki fungsi yang sangat penting dalam pembangunan daerah pesisir seperti fungsi ekologis, sosial dan ekonomis. Perlu untuk mengadakan kegiatan rehabilitasi terhadap tumbuhan mangrove untuk mencegah berbagai kejadian alam yang sulit diprediksi seperti abrasi, tsunami dan pencemaran lingkungan.

Manfaat Hutan Mangrove Bagi Kehidupan Pesisir

Manfaat hutan mangrove begitu besar terutama bagi mereka yang bermukim dan beraktifitas di daerah pesisir. Dilihat dari siklus biomassa, hutan mangrove memasukkan unsur hara pada ekosistem air serta menjadi tempat bibit ikan berlindung dari ancaman alam. Untuk mengetahui lebih jauh tentang manfaat hutan mangrove, berikut dijelaskan beberapa manfaat hutan mangrove:

Mencegah Intrusi Air Laut

Intrusi laut yaitu rembesan air laut ke daratan. Dampak dari Intrusi laut yaitu air tanah akan menjadi payau sehingga tidak baik untuk digunakan. Hutan mangrove memiliki fungsi endapan lumpur yang terdapat pada akar pohon sehingga dapat mencegah terjadinya intrusi air laut ke daratan.

Mencegah Erosi dan Abrasi Pantai

Erosi yaitu pengikisan permukaan tanah oleh aliran air sedangkan abrasi yaitu pengikisan permukaan tanah yang disebabkan oleh gelombang laut. Hutan mangrove memiliki akar yang efisien dalam melindungi tanah di wilayah pesisir, sehingga dapat melindungi daerah pesisir dari pengikisan tanah yang disebabkan oleh air laut.

Mempercepat Dekomposisi Sampah Organik

Hutan mangrove biasanya dipenuhi oleh akar yang berlumpur. Akar ini dapat mempercepat dekomposisi sampah organik yang terdapat pada daerah pantai. Selain itu, hutan mangrove juga dapat membantu mempercepat proses penguraian bahan kimia yang mencemari laut seperti minyak dan deterjen serta merupakan penghalang alami melawan angin laut yang kencang pada musim-musim tertentu.

Menjadi Tempat Tinggal Untuk Spesies Hewan

Manfaat Hutan mangrove selanjutnya yaitu merupakan tempat yang cocok untuk banyak hewan seperti kadal monitor, kura-kura, monyet, burung, ular, dan sebagainya. Beberapa jenis hewan laut seperti ikan, udang, kepiting, dan siput juga hidup di daerah ini. Akar pohon mangrove menyediakan makanan serta menjadi tempat pembibitan untuk ikan dan invertebrata yang hidup di dekatnya.

Berperan Dalam Pembentukan Pulau Dan Menstabilkan Wilayah Pesisir

Hutan mangrove sering dikatakan membentuk daratan karena endapan dan tanah yang mereka pertahankan mendorong perkembangan garis pantai dari waktu ke waktu. Pertumbuhan mangrove memperluas garis pantai dan memberikan peluang bagi tanaman darat untuk hidup dan berkembang di daratan. Contohnya buah vivipar akan mengendap pada pasir dangkal ketika dibawa oleh arus air laut. Selanjutnya akan tumbuh menjadi kumpulan mangrove di habitat baru. Dalam jangka waktu yang lama habitat baru ini dapat berkembang menjadi pulau baru.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar