Skip to main content

Makalah Asuransi Kesehatan

Makalah Asuransi Kesehatan-Kali ini Kumpulan Makalah akan menjelaskan informasi tentang asuransi kesehatan. Akhir-akhir ini banyak mahasiswa kesehatan yang mencari referensi makalah kesehatan terutama tentang asuransi kesehatan.

Definisi Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah jenis produk asuransi yang secara khusus menjamin biaya kesehatan atau perawatan anggota asuransi jika mereka jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. Secara garis besar, ada dua jenis perawatan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi yaitu perawatan rawat inap dan rawat jalan. 
Asuransi Kesehatan

Anda harus bersyukur jika anda bekerja di perusahaan yang sudah memiliki dan memiliki program asuransi kesehatan sehingga dapat meminimalkan risiko dan untuk yang mengalami penyakit dapat terbantu karena ada program asuransi kesehatan. 
Asuransi kesehatan dimaksudkan untuk mengantisipasi pengeluaran medis dan perawatan kesehatan di masa depan. Asuransi kesehatan dimaksudkan untuk memastikan kesehatan peserta asuransi dan menyelesaikan biaya karena peristiwa tak terduga yang mengancam kesehatan. 
Sesuai dengan konsep asuransi kesehatan untuk mendapatkan layanan asuransi kesehatan peserta diharuskan membayar sejumlah uang yang disebut premium kepada perusahaan asuransi kesehatan. Sebagai imbalannya perusahaan akan menyediakan dana asuransi kesehatan untuk membayar perawatan dan perawatan jika peserta mengalami sakit atau kecelakaan.
Sebenarnya, asuransi itu sendiri adalah cara untuk mengelola risiko yang bisa datang secara tak terduga. Ini karena masa depan memang tidak dapat diprediksi. Ada yang grafik ekonominya terus naik dan adapula yang menurun. Karena ketidak pastian ini, banyak orang melakukan bisnis perjudian untuk menjamin masa depan mereka menjadi lebih stabil daripada bergabung dengan layanan asuransi kesehatan.

Jenis Asuransi Kesehatan

Untuk memahami makalah asuransi kesehatan lebih mendalam, maka perlu dipahami secara jelas jenis-jenis asuransi kesehatan. Adapaun penjelasan tentang jenis-jenis asuransi kesehatan yaitu sebagai berikut:

1. Asuransi Kesehatan Berdasarkan Jenis Perawatan

Berdasarkan jenis perawatan, asuransi kesehatan dapat dibagi menjadi dua yaitu sebagai berikut:
a. Asuransi Rawat Inap
Selama rawat inap, perusahaan asuransi kesehatan akan menanggung beberapa biaya perawatan termasuk biaya rumah sakit, biaya laboratorium, biaya layanan darurat, biaya dokter, biaya pengobatan hingga biaya pengiriman.
b. Asuransi Rawat Jalan
Selama perawatan rawat jalan, perusahaan asuransi kesehatan akan menanggung beberapa biaya perawatan seperti biaya konsultasi kesehatan, biaya pengobatan sesuai dengan resep dokter, dan biaya lain untuk tindakan pencegahan.

2. Asuransi Kesehatan Berdasarkan Pengelolaan Dana

Berdasarkan pengelola dana, asuransi kesehatan dapat dibagi menjadi dua yaitu:
a. Asuransi Pemerintah
Dana untuk program asuransi ini dikelola oleh pemerintah. Program asuransi pemerintah ini adalah cara bagi pemerintah untuk menjamin kesehatan masyarakat. Dari segi layanan, asuransi yang dikelola pemerintah diklaim tidak sebagus asuransi swasta.
b. Asuransi swasta
Sesuai namanya, dana dalam program asuransi ini dikelola oleh sektor swasta. Karena dikelola oleh pihak swasta, tujuan utama perusahaan adalah untuk menyediakan layanan asuransi untuk mendapatkan keuntungan dan mengambil kepercayaan publik. Karena itu, layanan yang ditawarkan biasanya lebih unggul daripada program pemerintah.

3. Asuransi Kesehatan Berdasarkan Pihak Tertanggung

Asuransi kesehatan dari segi pihak tertanggung dibagi menjadi dua yaitu:
a. Asuransi Kesehatan Perorangan
Dalam program individu, perusahaan asuransi hanya menjamin biaya medis dan perlindungan kesehatan untuk individu secara individu sehingga dana asuransi hanya dapat diklaim oleh pemegang polis atau peserta asuransi.
b. Asuransi Kesehatan Kelompok
Dalam program kelompok, perusahaan asuransi menjamin biaya perawatan dan perlindungan kesehatan untuk suatu kelompok. Dalam hal ini dana asuransi diberikan kepada kelompok-kelompok seperti organisasi, perusahaan, atau keluarga, dengan syarat dan ketentuan yang telah ditentukan.

4. Asuransi Kesehatan Berdasarkan Dana Yang Ditanggung

Berdasarkan jumlah dana yang ditanggung, asuransi kesehatan dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:
a. Asuransi Kesehatan Standar
Asuransi kesehatan standar adalah jenis asuransi yang hanya mencakup biaya-biaya tertentu yang menjadi standar layanan mereka. Biasanya dalam jenis ini, perusahaan hanya akan membayar biaya tinggi sementara biaya berdasarkan ketentuan ditanggung oleh peserta.
b. Asuransi Kesehatan Penuh
Asuransi kesehatan lengkap menawarkan jaminan yang lebih lengkap. Dalam jenis ini, perusahaan asuransi akan menanggung semua biaya yang dikeluarkan oleh peserta sesuai dengan syarat dan ketentuan yang disepakati dan dinyatakan dalam polis asuransi.

5. Asuransi Kesehatan Berdasarkan Partisipasi Anggota

Berdasarkan partisipasi anggota, asuransi kesehatan dapat dibagi menjadi dua yaitu:
a. Asuransi Kesehatan Wajib
Terkadang sebuah perusahaan mewajibkan pekerja atau karyawan untuk mengurus asuransi kesehatan yang telah menjadi mitra mereka. Asuransi biasanya akan dikelola oleh perusahaan secara bersamaan dan biaya premi akan dikurangkan dari gaji karyawan.
b. Asuransi Kesehatan Sukarela
Sesuai namanya, peserta mengambil asuransi secara sukarela tanpa paksaan dari pihak mana pun. Dalam hal ini calon peserta memiliki hak untuk memilih dan membeli layanan asuransi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka.

6. Asuransi Kesehatan Berdasarkan Berdasarkan pembayaran kompensasi 

Berdasarkan pembayaran kompensasi, asuransi kesehatan dapat dibagi menjadi:
a. Tunai
Jenis asuransi kesehatan ini, pembayaran kompensasi dapat dilakukan secara langsung menggunakan kartu keanggotaan. Jadi, peserta asuransi dapat mengklaim secara langsung kompensasi yang diperlukan.
b. Pembayaran Berubah
Untuk jenis asuransi kesehatan ini, selain menggunakan kartu anggota secara langsung, ada juga pengajuan kompensasi yang harus dilakukan dengan mengubah. Artinya peserta membayar di muka biaya medis yang diperlukan, setelah itu perusahaan asuransi akan mengganti semua biaya yang dikeluarkan.

Manfaat Menggunakan Asuransi Kesehatan

Tidak dapat dipungkiri bahwa asuransi kesehatan memiliki banyak manfaat. Untuk lebih jelasnya berikut dijelaskan beberapa manfaat asuransi kesehatan yaitu:

1. Penggantian Uang dan Layanan Kesehatan

Sesuai dengan konsep asuransi, manfaat pertama yang akan kita dapatkan jika kita menggunakan asuransi kesehatan adalah penyediaan atau penggantian uang dengan imbalan sejumlah premi yang kita bayarkan kepada perusahaan asuransi. Penggantian uang yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi umumnya disertai dengan layanan kesehatan yang menjamin kesehatan peserta sesuai dengan perjanjian yang tercantum dalam polis asuransi.

2. Memberikan Kompensasi

Asuransi kesehatan biasanya dilengkapi dengan asuransi jiwa yang berguna untuk mengantisipasi kerugian finansial yang timbul dari kematian pencari nafkah utama. Dalam hal kematian atau cacat tetap, perusahaan asuransi akan memberikan dana kompensasi sehingga keluarga tidak terlantar.

3. Mengantisipasi Biaya Medis

Salah satu manfaat menggunakan asuransi kesehatan adalah kita dapat mengantisipasi biaya medis yang tinggi dan biaya perawatan kesehatan. Seperti kita ketahui, biaya perawatan adalah salah satu pengeluaran utama. Untuk itu, kita perlu mengantisipasi pengeluaran di masa depan dengan menghadiri asuransi kesehatan.

4. Memberikan Manfaat Perawatan

Sesuai dengan jenis asuransi yaitu rawat inap dan rawat jalan, kita akan mendapatkan manfaat perawatan jika menggunakan asuransi kesehatan. Jadi, jika kita mengalami penyakit parah dan membutuhkan perawatan intensif, biaya perawatan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sesuai dengan kebijakan dan pilihan yang dipilih oleh pemegang polis.

5. Meringankan Beban Pikiran

Manfaat tambahan yang tidak kalah pentingnya dari asuransi kesehatan adalah ketenangan batin. Dengan mengingat bahwa kesehatan kita dijamin oleh perusahaan asuransi kesehatan, kita tidak perlu terlalu khawatir tentang biaya perawatan dan perawatan. Dengan demikian, beban pikiran juga menjadi berkurang.
Demikian makalah asuransi kesehatan dijelaskan secara Singkat untuk menjadi referensi tambahan terkait definisi, jenis dan manfaat asuransi kesehatan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar