Skip to main content

Jenis Makanan dan Minuman Sehat Untuk Dikonsumsi

Makanan dan minuman sehat sangat penting untuk dikonsumsi karena kandungannya yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Makanan dan minuman sehat tidak selalu identik dengan harga mahal karena mendapatkan makanan dan minuman sehat juga bisa didapat dengan harga yang terjangkau. Untuk menemukannya tidaklah sulit karena sering ditemukan di berbagai tempat di toko atau di supermarket. Namun karena ketidaktahuan akan makanan dan minuman sehat tersebut sehingga terkadang membuat sebagian besar dari kita mengabaikannya.
Makanan dan Minuman Sehat

Jenis Makanan Sehat dan Minuman Sehat

Jenis makanan yang sehat untuk dikonsumsi banyak ditemukan disekitar kita dan tidak perlu menemukannya dengan bersusah payah. Untuk lebih jelasnya berikut dipaparkan jenis makanan sehat untuk kita konsumsi.

Jenis Makanan Pokok

Makanan pokok adalah makanan yang sering dikonsumsi setiap hari. Dalam kandungannya makanan pokok ini mengandung banyak karbohidrat karena merupakan sumber energi sehingga tubuh dapat melakukan aktivitasnya. Untuk jenis makanan pokok sendiri seperti roti sagu, nasi, singkong, dan jagung.

Jenis Sayuran

Sayuran merupakan sumber serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan pada sayuran ada beragam nutrisi yang manfaatnya bisa membuat tubuh tidak mudah sakit. Ada banyak jenis sayuran yang baik untuk dikonsumsi untuk kesehatan tubuh seperti bayam, wortel, sawi, kangkung, dan jenis sayuran lainnya. Ketika kita mengkonsumsi banyak sayuran, tubuh kita akan menyerap banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

Jenis Lauk

Lauk merupakan jenis makanan yang biasanya dikonsumsi bersama makanan pokok. Jenisnya bisa daging, ikan, ayam, tahu, tempe, dan lainnya. Kandungan dalam lauk ini mengandung banyak nutrisi seperti protein dan lemak. Manfaatnya bagi tubuh dalam mengganti sel yang tidak baik dan membangun kembali tubuh Anda.

Jenis Buah

Mengkonsumsi buah-buahan sangat baik untuk memperbaiki kondisi tubuh yang lelah. Di dalam buah-buahan terkandung banyak nutrisi seperti vitamin dan serat. Terdapat banyak jenis buah-buahan yang baik untuk kesehatan jika dikonsumsi seperti apel, alpukat, anggur, jeruk, jambu biji, dan lainnya.

Susu

Minum susu setiap hari sangat baik untuk kesehatan tubuh.  Meskipun tidak ada keharusan untuk mengkonsumsinya, akan tetapi susu berfungsi sebagai suplemen setelah makan karena mengandung berbagai macam zat yang bermanfaat dan baik untuk kesehatan tubuh kita.

Memilih Makanan dan Minuman Sehat

Makanan dan minuman yang kita konsumsi harus sehat dan juga makanan yang kita konsumsi juga harus seimbang dengan konsumsi air. Karena air dalam tubuh kita sangat berguna untuk memperlancar transportasi nutrisi dalam tubuh kita, air juga berfungsi untuk mengatur keseimbangan cairan dan garam mineral dalam tubuh, mengatur suhu tubuh juga membutuhkan air, sehingga semakin banyak air yang kita konsumsi, semakin banyak air yang kita konsumsi, semakin banyak stabil suhu tubuh kita akan terjaga dengan baik.

Memilih Makanan Sehat

Makanan adalah salah satu sumber energi bagi manusia yang hidup di bumi. Ada banyak fungsi makanan untuk tubuh kita tetap sehat termasuk sebagai sumber vitamin, energi dan pertumbuhan. Namun tidak semua makanan yang dikonsumsi mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan ada makanan yang tidak sesuai dengan tubuh kita dan sebaliknya zat yang terkandung dalam makanan tersebut dapat menyebabkan kerusakan sel-sel di tubuh kita. Karena itu kita dituntut untuk lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang cocok untuk kita. 
Biasanya orang berpikir bahwa makanan sehat tidak akan terasa enak. Memang ini bisa terjadi, tetapi jika kita bisa memilih makanan dengan benar, maka kita akan menemukan makanan yang tentu saja sehat sekaligus rasanya lezat. 
Dalam memilih makanan yang sehat untuk tubuh kita, ada beberapa hal yang harus kita ketahui, termasuk makanan yang tidak mengandung bahan pengawet dan bebas dari zat yang memicu kanker. Selain itu, perhatikan juga tanggal kedaluwarsa yang biasanya dicetak pada kemasan makanan. Jika sudah lewat tanggal kadaluwarsanya, biasanya makanan sudah menjadi kotor dan tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh.
Nutrisi yang terkandung dalam makanan tidak selalu sempurna, artinya ada jenis makanan yang tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena itu, kita juga harus menambah nutrisi dari jenis makanan lain. 

Memilih Minuman Sehat

Air merupakan minuman sehat untuk menghilangkan dahaga karena tidak menggemukkka. Selain itu, air juga mengandung fluoride yang dapat mencegah kerusakan gigi dan tulang rapuh. Tetapi kita juga harus hati-hati dengan air mineral yang beredar sekarang karena banyak yang belum memiliki izin, sehingga keberhasilan program tersebut diragukan. Perbedaan rasa dalam air disebabkan oleh perbedaan kandungan mineral dalam air. 
Minuman  sehat seperti teh dan kopi tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh sehingga tidak menggemukkan. Namun keduanya mengandung kafein yang dapat merangsang sistem saraf dan biasanya menyebabkan sulit tidur pada beberapa orang. Batas kadar kafein yang aman setiap hari adalah 250 mg jika kadar kafein yang masuk ke tubuh melebihi 550 mg setiap hari, dapat meningkatkan risiko keguguran atau bayi yang lahir prematur. 
Susu juga merupakan minuman sehat untuk dikonsumsi biasanya adalah susu sapi. Namun untuk bayi berusia kurang dari enam bulan, susu ini dianggap tidak memenuhi syarat. Tetapi untuk anak-anak yang lebih besar, susu sapi memberikan nutrisi yang cukup seperti riboflavin, kalsium dan profetin. Unsur yang tidak terdapat dalam susu adalah zat besi, vitamin C dan vitamin B1. Susu skim atau buttermilk baik untuk mereka yang ingin mengurangi kandungan lemak dalam susu. Dan penelitian juga menunjukkan bahwa susu full cream atau skim dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan tetap menjaga kesehatan dan vitalitas tubuh. 
Minuman ringan dibuat dengan menambahkan banyak gula, karbon dioksida, zat pewarna dan esens ke dalam air. Setiap kaleng minuman ringan memberikan sekitar 11 hingga 12 kotak gula. Sementara minuman cola juga diklasifikasikan sebagai minuman ringan, ada tambahan kafein dan fosfor. Pemanis buatan yang terkandung di dalamnya masih dalam batas aman, tetapi sama sekali tidak bermanfaat bagi tubuh. Jenis minuman ini bukan pilihan terbaik untuk dikonsumsi karena kurangnya manfaat yang bisa didapat dari minuman ini. 
Minuman sehat selanjutnya adalah Jus buah. Mengkonsumsi jus buah merupakan cara yang lebih baik untuk mendapatkan vitamin C tambahan atau vitamin lainnya terutama  ketika mengkonsumsi jus buah asli. Selain itu, sebagian besar buah-buahan juga mengandung karoten yang kemudian diubah menjadi vitamin A dalam tubuh, vitamin B dan mineral. Kelemahan jika kita mengonsumsi semua buah dalam bentuk minuman, maka kita akan kehilangan serat yang bisa didapat jika kita memgkonsumsinya langsung atau masih dalam bentuk buah aslinya.
Demikian pejelasan tentang makanan dan minuman yang sehat untuk dikonsumsi sehingga tubuh kita lebih terjaga dan pastinya lebih sehat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar