Skip to main content

Benda Najis Yang Wajib Diketahui Setiap Muslim

Benda Najis
Benda najis bagi seorang muslim wajib mereka kenal dan pahami sebab salah satu syarat sah salat adalah bersih dari benda najis. Jika mereka tidak mengetahui yang termasuk benda najis, maka akibatnya bisa fatal sebab berkaiatan dengan perkara ibadah. 

Mengenal Benda Najis

Terkadang kita tidak sengaja bersentuhan dengan benda najis namun tidak perduli dengan itu karena faktor ketidak tahuan. Oleh sebab itu, kami jelaskan benda yang termasuk najis berikut ini:
1. Bangkai Hewan Darat Berdarah
Benda najis yang pertama adalah bangkai hewan darat yang berdarah. Adapun bangkai hewan laut seperti ikan dan bangkai hewan darat yang tidak berdarah seperti ikan dan belalang tidak termasuk benda najis. 
Adapun bangkai ikan dan hewan darat yang tidak berdarah, mayat manusia juga, tidak termasuk dalam makna umum bangkai dalam ayat karena informasi lainnya. Bagian bangkai, seperti daging, kulit, tulang, urat, bulu, dan lemak semuanya najis menurut aliran Shafi'i. Menurut aliran pemikiran Hanafi, apa yang najis hanyalah bagian-bagian yang mengandung roh seperti daging dan kulit. Benda tak bernyawa seperti buku, tulang, tanduk dan bulu, semuanya bukan termasuk benda najis. 
2. Darah
Benda Najis selanjutnya adalah darah selain hati dan limpa. Semua jenis darah dianggap sebagai benda najis selain yang disebutkan sebelumnya yaitu darah hewan laut dan serangga untuk hewan darat hal itu tidak dianggap sebagai benda najis.
3. Nanah
Nanah merupakan benda najis yang harus dibersihkan ketika terdapat pada kulit kita. Segala jenis nanah baik sifatnya kental maupun cair sebab nanah berbau busuk dan terkadang menyengat. Dengan demikian benda najis ini harus dihilangkan warna, bau dan rasanya.
4. Semua benda yang keluar dari dua lubang
Benda yang keluar dari dua lubang yaitu qubul dan dubur dianggap sebagai benda najis selain sperma. Untuk sprema sendiri terdapat perbedaan pandangan dari para ulama apakah ia termasuk benda najis atau bukan benda najis. 
5. Arak atau Minuman Keras
Minuman keras atau arak atau biasa disebut khamar adalah benda najis yang harus dihindari oleh setiap orang muslim. Jangankan meminumnya, pakaian yang terkena percikannya pun bisa membatlkan syarat sahnya salat sebab khamar merupakan benda najis. Jangan sekali-kali mendekatinya apalagi 
6. Anjing dan Babi
Anjing dan babi merupakan hewan najis dalam ajaran islam. Bahkan benda najis tersebut termasuk dalam kategori najis besar atau biasa disebut najis Mughallazah yang cara mensucikannya harus dengan campuran tanah diantara tujuh kali basuhan air.
7. Bagian tubuh hewan diambil saat hidup
Bagian tubuh hewan yang diambil saat hidup seperti bangkai. Artinya, jika bangkai itu benda najis, maka yang dipotong juga najis seperti babi dan kambing. Jika bangkai itu suci, bagian tubuhnya yang terpotong juga bukan termasuk benda najis dan dianggap suci seperti bagian tubuh ikan hidup. 
8. Kotoran Hewan yang Haram Dimakan
Termasuk benda najis bagi setiap hewan yang tidak diizinkan untuk dimakan menurut syariat Islam seperti keledai, maka segala yang keluar dari hewan-hewan ini tidak bersih baik itu kotoran atau air seni.
9. Jalalah atau Hewan Liar
Jalalah merupakan benda najis yang perlu diketahui. Jalalah adalah binatang buas yang memakan kotoran, baik unta, sapi, ayam, angsa, dll sehingga binatang itu mengubah baunya.
10. Wadi
Benda najis yang sering bersentuhan langsung dengan seseorang adalah wadi. Wadi adalah cairan kental yang biasanya keluar setelah seseorang selesai buang air kecil. Wadi ini dihukum najis dan harus dimurnikan seperti kencing, tetapi tidak diwajibkan untuk mandi.
11. Madzi
Madzi adalah cairan bening, sedikit kental yang keluar dari uretra saat bercumbu atau nafsu mulai timbul dan dianggap sebagai benda najis. Terkadang tidak terasa prosesny keluar. Ini sama-sama dialami oleh pria dan wanita, tetapi ada lebih banyak.
12. Air seni dan muntah manusia
Semua air seni dan muntah manusia dianggap sebagai benda najis. Oleh sebab itu bersuci setelah buang air wajib untuk dilakukan. Sementara itu jika seseorang muntah atau terkena muntahan maka ia harus membersihkan bau, rasa dan warnanya.
13. Karkas
Benda Najis yang terakhir yang disebutkan pada artikel kali ini yaitu Karkas. Yang dimaksud dengan karkas di sini adalah setiap hewan yang mati tanpa melalui proses penyembelihan yang ditentukan oleh Islam dan juga bagian-bagian tubuh hewan yang disembelih atau dimutilasi saat masih hidup. 
Itulah benda-benda yang dianggap najis dalam hukum islam yang wajib deketahui oleh setiap muslim. Salah satu keabsahan ibadah salat seorang muslim yaitu terbebasnya badan, pakaian, dan tempat dari benda-benda najis. Dengan demikian hal tersebut perlu dipahami oleh setiap orang islam.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar