Skip to main content

Pengertian Pendidikan Agama Islam dan Ruang Lingkupnya


Pengertian pendidikan Islam

Pendidikan agama islam dapat diartikan sebagai pembelajaran yang dilakukan oleh seseorang atau lembaga pendidikan yang memberikan materi tentang agama Islam kepada orang-orang yang ingin tahu lebih banyak tentang Islam baik dari segi materi akademik maupun dari segi praktik yang bisa dilakukan sehari-hari. 

Setiap orang di dunia ini harus memiliki kepercayaan untuk menyembah Tuhan, tetapi ada beberapa orang yang memilih untuk tidak mengikuti agama apa pun di dunia ini, seperti Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan sebagainya. Karena Islam sendiri di Indonesia adalah agama yang dianut oleh mayoritas penduduk, untuk itu tentunya di lembaga pendidikan manapun harus menyediakan ajaran Islam di dalamnya.

Pengertian Pendidikan Agama Islam Berdasarkan Pendapat Ahli

Ahmad Tafsir mengatakan bahwa dengan adanya pendidikan Islam diharapkan masyarakat dapat mengetahui tentang Islam dan juga ajaran yang terkandung di dalamnya. Selain itu ia juga mengatakan bahwa pendidikan Islam ini mengharapkan orang-orang yang sudah tahu tentang ajarannya untuk mempraktikkannya dan juga mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari mereka karena ajaran dalam Islam adalah ajaran yang baik untuk semua manusia.

Lingkup Pendidikan Agama Islam

Lingkup materi PAI dalam kurikulum 1994 sebagaimana dikutip oleh Muhaimin pada dasarnya mencakup tujuh elemen utama, yaitu: Al-Qur'an-Hadits, iman, syari'ah, ibadah, muamalah, moral, dan tanggal. Dalam kurikulum 1999 itu dikompresi menjadi lima elemen utama, yaitu: Al-Qur'an, iman, moral, fiqh dan bimbingan ibadah dan tanggal yang lebih menekankan pada pengembangan ajaran agama, ilmu pengetahuan dan budaya.
Agama Islam

Secara keseluruhan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam lingkup: Al-Qur'an dan al-hadits, keimanan, akhlak, yurisprudensi / ibadah, dan sejarah, serta menggambarkan bahwa ruang lingkup pendidikan agama Islam mencakup terwujudnya kerukunan, kerukunan, dan keseimbangan hubungan manusia dengan Allah SWT, diri sendiri, sesama manusia, makhluk lain dan lingkungannya.

Mengenai ruang lingkup dan urutan presentasi materi pelajaran pendidikan agama, itu sebenarnya telah dicontohkan oleh Luqman ketika mendidik putranya.

Elemen dasar dari kurikulum PAI yang disebutkan di atas masih tampak umum dan luas. Itu perlu ditata ulang sesuai dengan kemampuan dan tingkat pendidikan siswa. Dalam arti tertentu, kemampuan apa yang diharapkan dari lulusan tingkat pendidikan tertentu sebagai hasil dari pembelajaran PAI.

Dalam kurikulum GBPP PAI 1994 seperti yang diikuti oleh Muhaimin, dijelaskan bahwa pada tingkat Pendidikan Menengah, kemampuan dasar yang diharapkan dari para lulusan berdasarkan pada iman yang benar, para siswa:
Sebuah. Taat beribadah, mampu berdzikir dan berdoa serta mampu menjadi imam; anak-anak di usia sekolah menengah bisa menjalankan rukun Islam, terutama sahadat, sholat, zakat, dan puasa. Anak-anak juga diharapkan dapat memuliakan nama-nama Allah, dan dapat memimpin shalat.
Pendidikan Agama Islam

b. Mampu membaca Al-Qur'an dan menulis dengan benar dan mencoba memahami isi maknanya, terutama yang berkaitan dengan sains dan teknologi, terutama yang relevan dengan apa yang diketahui di lingkungan sekitarnya.
c. Memiliki kepribadian Muslim berarti bahwa dalam diri seorang anak selalu ada kesalehan pribadi yang muncul dengan selalu menunjukkan kebajikan yang layak dipertahankan dan ditiru oleh teman sebaya.
d. Memahami, menghargai, dan memanfaatkan sejarah dan perkembangan Islam, dalam hal ini disesuaikan dengan kemampuannya.
e. Mampu menerapkan prinsip-prinsip muamalah dan syari'at Islam dengan baik dalam kehidupan sosial, nasional dan negara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dalam arti mampu menerapkan hubungan antara sesama makhluk dengan memperhatikan hukum Islam dan pengetahuan Islam. agama Islam yang memiliki anak usia sekolah menengah.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar