Skip to main content

Pengertian Asuransi dan Manfaatnya

Pengertian Asuransi

Berdasarkan Undang-undang Nomor 40 tahun 2014, disebutkan bahwa asuransi adalah perjanjian antara perusahaan asuransi dan pemegang polis yang merupakan dasar untuk menerima premi oleh perusahaan sebagai imbalan pemegang polis atas kehilangan, kerusakan, biaya yang timbul, kehilangan laba, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin diderita oleh pemegang polis karena peristiwa yang tidak pasti atau
memberikan pembayaran berdasarkan kematian pemegang polis, atau pembayaran berdasarkan usia pemegang polis dengan manfaat jumlah yang telah ditentukan dan / atau berdasarkan hasil pengelolaan dana oleh perusahaan.
Pengertian Asuransi

Memahami Asuransi Menurut Para Ahli

Definisi asuransi menurut ahli lain adalah apa yang disebutkan oleh Prof. Mark R. Green, yaitu asuransi adalah lembaga ekonomi yang bertujuan untuk mengurangi risiko dengan menggabungkan sistem manajemen objek besar sehingga keseluruhan kerugian dapat diprediksi dalam batas-batas tertentu.
C. Arthur William Jr. dan Richard M. Heins mengungkapkan arti asuransi sebagai sistem keselamatan untuk kerugian finansial oleh penjamin emisi. Kedua ahli ini juga merumuskan definisi asuransi hukum yaitu perjanjian yang dibuat oleh dua orang atau entitas untuk mengumpulkan dana untuk mengatasi kerugian finansial yang terjadi.
Menurut Prof. Wiryono Prodjodikoro, SH menyatakan bahwa Asuransi adalah perjanjian di mana pihak yang menjamin janji kepada pihak dijamin, untuk menerima sejumlah uang sebagai kompensasi atas kerugian, yang mungkin diderita oleh mereka yang dijamin, karena itu hasil dari ketidakpastian peristiwa.

Manfaat Asuransi

Asuransi adalah perjanjian di mana perusahaan asuransi bersedia menanggung kerugian yang diderita oleh pelanggan jika terjadi sesuatu, seperti kematian, kecelakaan, atau jatuh sakit. Sebagai syarat, pelanggan harus membayar premi terlebih dahulu. Pada dasarnya, manfaat asuransi adalah perlindungan di masa depan. Selain itu, ada banyak manfaat asuransi lainnya. Sayangnya, banyak orang Indonesia belum memiliki asuransi karena berbagai alasan, termasuk tidak memahami, tidak tertarik, dan tidak memahami manfaat asuransi. 

Rasa aman

Manfaat asuransi paling mendasar adalah memberi Anda rasa aman. Jika Anda telah terdaftar dengan asuransi kecelakaan, kematian, atau kesehatan, Anda akan merasa lebih aman jika peristiwa yang tidak diinginkan ini terjadi. Mengapa? Karena Anda tidak perlu memikirkan bagaimana menanggung kerugian atau pembayaran yang dibutuhkan. Semuanya akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Efisiensi Pengelolaan Dana

Setiap keluarga atau individu harus memiliki dana tak terduga untuk digunakan selama keadaan darurat. Dana pos dapat dibagi lagi, mulai dari dana kesehatan tak terduga, dana tak terduga untuk pendidikan, dana tak terduga untuk kematian / kecelakaan, dan lainnya. Fungsi asuransi pada saat-saat seperti ini adalah menjadi mitra untuk dana tak terduga semacam itu. Dengan mendaftarkan diri Anda pada asuransi, Anda tidak perlu repot mengatur aliran uang masuk dan keluar dari dana tak terduga ini. Semuanya sudah diatur oleh perusahaan asuransi.

Tabungan Hari Tua

Banyak yang tidak mengerti jika manfaat asuransi juga bisa menjadi tabungan. Dalam produk asuransi jiwa tertentu, jika kematian belum terjadi, dana akan dikembalikan kepada pelanggan setelah mencapai tahun yang disepakati. Atau, pelanggan juga dapat meminta pengembalian uang sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat. Jumlah dana yang dikembalikan biasanya lebih besar dari premi yang dibayarkan. Ini dapat digunakan sebagai tabungan hari tua atau tabungan hari tua, jadi Anda tidak perlu bergantung pada anak atau keluarga besar Anda.

Memberi Perlindungan

Manfaat asuransi lainnya adalah memberikan perlindungan bagi pelanggan. Perusahaan asuransi yang baik akan merangkul dan membantu pelanggan ketika terjadi bencana, sehingga pelanggan terlindungi dari berbagai jenis kerugian yang mungkin terjadi.

Bantuan untuk keluarga

Jika sesuatu terjadi pada Anda secara tiba-tiba, seperti jatuh sakit atau sekarat, sementara keluarga Anda tidak memiliki persiapan keuangan untuk menghadapinya, apa yang akan terjadi? Kemungkinan besar mereka akan merasa bingung. Belum lagi jika Anda adalah sumber penghasilan keluarga. Saat ini, manfaat asuransi sangat dibutuhkan. Dengan memiliki asuransi, ini tidak perlu terjadi.
Manfaat Asuransi

Gaji terjamin

Badan usaha yang baik harus memiliki asuransi. Fungsi asuransi badan usaha adalah untuk menjamin keuangan perusahaan jika suatu hari perusahaan mengalami masalah keuangan atau kebangkrutan. Dengan begitu, karyawan akan tetap mendapatkan hak mereka, yaitu gaji untuk pekerjaan mereka. Bagaimana, perusahaan tempat Anda bekerja dijamin oleh asuransi, Toppers?

Pinjaman ke Bank Lebih Mudah

Bank biasanya menyediakan banyak prasyarat sebelum pelanggan dapat mengajukan pinjaman. Jika Anda diketahui terdaftar dalam asuransi, bank biasanya akan lebih mudah mengizinkan Anda untuk mengajukan pinjaman dengan asuransi sebagai jaminan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar