Skip to main content

Bacalah Al-Qur'an dan Anda Akan Mendapatkan 11 Keutamaan

Kumpulanmakalah.com-Rutinitas sehari-hari kita yang sibuk dengan urusan duniawi tampaknya tidak menyisakan waktu bagi kita dan melupakan Al-Qur'an, meskipun kita memilikinya, tetaplah mengaturnya dengan rapi di atas rak buku atau di atas meja, di dalam tas, di saku atau bahkan di dalam aplikasi di smartphone atau gadget.

Keutamaan Membaca Al-Qur'an

Alquran terbatas pada dekorasi rak buku, melengkapi aplikasi mobile pada smartphone dan lainnya. Kita benar-benar menderita kerugian jika kita jauh dari melantunkan ayat-ayat dan membaca Alquran.
membaca alquran

Nabi Shallallahu ‘alayhi wa sallam berkata:
"Sungguh, siapapun yang tidak membaca Al-qur'an maka dia seperti rumah yang roboh"
Berikut ini adalah beberapa keutamaan membaca Al-Qur'an setiap hari yang perlu diketahui.

1. Menjadi manusia terbaik

Seperti dalam sabdaNabi Muhammad Shallallahu ‘alayhi wa sallam:
"Yang terbaik dari Anda adalah mereka yang mempelajari Al-Qur'an dan mempraktikkannya". (HR. Bukhari).

2. Mendapatkan balasan berlipat ganda

Membaca Al-Quran akan mendapatkan hadiah yang sangat banyak dan berlipat ganda untuk setiap huruf dalam Al-Qur'an. Sebagaimana dinyatakan oleh Nabi Shallallahu ‘alayhi wa sallam:
"Siapa pun yang membaca satu surat dari Kitab Allah, Al-Qur'an, maka baginya satu kebaikan dan satu kebaikan dihargai dengan sepuluh kali lipat". (Hadits Al-Tarmidzi)

3. Mendapatkan keistimewaan

Sabda Nabi Shallallahu ‘alayhi wa sallam:
"Perumpamaan tentang orang yang membaca Al-Qur'an dia hafal dengan para malaikat yang suci dan mulia, sementara perumpamaan tentang orang yang membaca Al-Qur'an dia selalu melakukannya meskipun halit itu sulit baginya kemudian baginya dua kelebihan ". (Muttafaq ‘alaih)

4. Mendapatkan hadiah permata bagi orang tuanya

"Siapa pun yang membaca Alquran, mempelajarinya dan mempraktikkannya, diajukan kepada orang tuanya pada Hari Pengadilan, mahkota cahaya dan cahaya seperti matahari dan dikenakan pada orang tuanya, dua permata yang nilainya tidak sebanding dengan dunianya sendiri. Keduanya (orang tua) juga bertanya, "bagaimana mereka terbiasa dengan kita semua itu?" Dijawab "karena anakmu telah membawa Al-Qur'an". (HR. Al-Hakim)

5. Mendapatkan ketenangan dan rahmat

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alayhi wa sallam berkata:
"Tidak ada pertemuan umat di salah satu rumah Tuhan, mereka membaca kitab-Nya dan mempelajarinya, tetapi mereka akan dibanjiri dengan ketenangan, diberkati dengan rahmat, ditutupi oleh malaikat dan dipuji oleh Tuhan di hadapan makhluk-makhluk dan oleh Sisinya". (HR. Abu Dawud)
Firman Allah swt.
"(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka beristirahat dengan mengingat Allah. Ingat hanya dengan mengingat Allah, hati menemukan kepuasan.
(Surat Ar-Ra'd ayat 28)

6.Mendapatkan cahaya Allah

Dikisahkan dari Abu Hurairah ra, bahwa Nabi Shallallahu ‘alayhi wa sallam mengatakan:
"Siapa yang mendengar satu ayat dari Kitab Allah Ta'ala (Al-Qur'an) menulis untuknya kebaikan yang berlipat ganda. Siapa yang membacanya juga, baginya cahaya Hari Penghakiman".

7. Memberikan kemuliaan kepada kedua orang tua

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alayhi wa sallam bersabda:
"Siapa pun yang membaca Alquran dan melakukan perbuatan baik dengan isinya, diberikan oleh dua ibu dan ayahnya mahkota pada Hari Pengadilan. Cahaya (mahkota) lebih baik daripada sinar matahari di rumah-rumah dunia. Jika demikian, matahari ada di rumahmu (penuh dengan sinarnya), lalu apa pendapatmu tentang mereka yang melakukan ini (Al Qur'an)? (HR. Abu Daud)

8. Para pembaca Alquran memiliki posisi tinggi di Surga

Sabda Nabi Shallallahu ‘alayhi wa sallam yang artinya:
Dikatakan kepada pembaca Alquran, "Baca Alquran, naik ke tingkat surga dan membaca dengan tartil saat Anda membaca dengan tartil di dunia. Memang, posisi Anda setinggi tingkat akhir dari ayat yang sedang Anda baca ". (HR. Ahmad)

9. Membaca satu huruf Al-Qur'an akan mendapatkan sepuluh kebaikan

Nabi Shallallahu ‘alayhi wa sallam berkata:
"Siapa pun yang membaca satu huruf Allah, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dengan surat itu dan satu kebaikan akan dikalikan sepuluh. Saya tidak mengatakan Alif Laam Miim adalah satu huruf, tetapi Alif adalah satu huruf, Lam satuhuruf dan Mim adalah satu huruf ". (HR. Tarmidzi)

10. Ahlul Qur'an adalah keluarga Allah Subhanallahu Wa Ta'ala

Firman Nabi Shallallahu ‘alayhi wa sallam:
"Sungguh, Allah memiliki keluarga dari umat manusia. Dia adalah Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam yang mereka tanyakan, wahai Rasulullah? Ahmad dan Ibnu Majah)

11. Bersama dengan para malaikat

Nabi Shallallahu ‘alayhi wa sallam bersabda:
"Seseorang yang mahir membaca Al-Qur'an nantinya (mendapatkan tempat di surga) dengan utusannya yang mulia dan baik. Sementara orang yang membaca Al-Qur'an dan masih terbata-bata dan merasa berat dan sulit, dia akan mendapatkan dua kebaikan ".
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar