Skip to main content

Kesalahan Blogger Pemula yang Wajib Dihindari

Kesalahan Blogger Pemula

Kesalahan Blogger Pemula

Ketika kalian telah memulai dalam mengelola blog, maka kalian harus mengetahui dengan jelas kesalahan yang sering dilakukan oleh seseorang blogger pemula. Bloger yang baru belajar mengenai blog, terlalu sering melakukan kesalah yang akan berdampak negatif terhadap blog mereka. Agar Blog yang kalian buat cepat berkembang dan menghasilkan uang, kalian harus mengetahui kesalahan tersebut. 
Berikut dijelaskan beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh seorang blogger pemula.

1. Sibuk Pada Tampilan Blog

Mempercantik tampilan blog merupakan keharusan bagi seorang blogger, akan tetapi jika kalaian hanya sibuk melakukan hal tersebut sampai lupa pada elemen terpenting dari sebuah blog maka itu adalah kesalahan yang sangat fatal.

2. Lupa Kualitas dan Mementingkan Kuantitas

Secara umum blogger pemula hanya memperhatikan jumlah postingan dan melupakan kualitas postingan. Kebiasaan seperti ini akan merugikan kalian sebab google pada prinsipnya sangat memperhatikan kualitas sebuah blog atau website.
Kualitas sebuah blog mencakup struktur blog dan keaslian artikel. jika kalian belum bisa menglingkankan kebiasaan tersebut maka dapat dipastikan blog kalian akan diabaikan oleh mesin pencarian. Saran saya pokuslah pada kualitas blog tanpa mengesampingkan kuantitas blog. Keduanya harus seimbang agar blog kalian bisa menempati posisi pertama di pencarian google.

3. Tidak Konsisten Dalam Menulis Artikel

Kesalahan umum lainnya yang biasa dilakukan oleh para blogger pemula yaitu tidak konsisten dalam menulis artikel. Pada dasarnya, konsistensi dalam menulis artikel memang sangat sulit tetapi jika kalian menemukan apa motivasi kalian terjun dalam dunia blogging didapat, maka dapat dipastikan kalian akan menulis artikel secara kontinu dan konsisten. Cobalah menemukan apa sebenarnya tujuan kalian mengelola sebuah blog.

4. Tidak Pokus Pada Satu Topik

Membahas banyak topik memang memiliki kelebihan tersendiri karena kalian memiliki banyak bahan untuk dibahas dalam blog kalian. Akan tetapi, blog yang mebahas banyak topik akan sulit mengoptimalkannya pada halaman pertama mesin pencarian. Google sangat menyukai blog yang berfokus pada satu topik dan hal tersebut akan meningkatkan seo blog kalian. Jadi, cobalah membuat blog yang membahas tentang tema tertentu yang lebih spesifik.

5. Terlalu Fokus Pada Statistik

Tidak bisa dipungkiri bahwa statistik sebuah blog merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui oleh setiap blogger. Akan tetapi terlalu fokus pada statistik blog akan menghabiskan waktu kalian hanya menatap pergerakan statistik blog setiap menitnya. Cobalah memanfaatkan waktu kalian untuk menulis artikel dari hanya menatap layar komputer.

6. Membuat Terlalu Banyak Blog

Seorang blogger pemula biasanya membuat blog terlalu banyak. Mereka berpandangan bahwa blog yang banyak berpeluang untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar pula. Sebenarnya ini biasa saja, seorang blogger profesional menyarankan kalian mengelola blog lebih dari satu jika kalian bertujuan mencari penghasilan lewat blog.
Akan tetapi, sebagai seorang blogger, tentunya kalian akan merasa kesulitan dan akan mempengaruhi semgat kalian dalam memaksimalkan satu blog. Oleh karena itu, sebelum kalian banar-benar memahami dunia blogging, kalian cukup membuat blog satu dan jangan lebih.

7. Terlalu Berambisi Mendapatkan Penghasilan

Terkadang blogger pemula terlalu berambisi mendapatkan penghasilan dari blog yang mereka kelola. Perlu kalian ketahui bahwa menghasilkan uang dari blog butuh proses yang panjang. Kalian membuat blog saat ini dan pastinya kalian baru bisa memonetisasi atau memasang iklan seperti adsense beberapa bulan kemudian. Kesabaran adalah kata kunci untuk menjadi blogger sukses dan menghasilkan uang dari blog.

8. Tidak Memanfaatkan Mesin Pencarian Secara Maksimal

Perlu diketahui bahwa blog yang kita buat tidak akan berari jika tidak terindeks oleh mensin pencarian seperti google. Sama halnya kalian membuat sebuah kue tetapi tidak ada orang yang memakannya. Kalian sudah capek membuat artikel dan mempostingnya namun tidak ada yang membanya maka hal tersebut pastinya membuat kalian kecewa.
Silahkan submit blog kalian di google console agar cepat terindeks oleh goog dan bisa ditemukan oleh para pembaca di luar sana.

Itulah beberapa kesalahan blogger pemula yang secara umum dilakukan. Bagi kalian yang berencana terjun ke dunia blogging, hindarilah kesalahan terbut agar anda bisa menikmati menjadi seorang blogger di kemudian hari.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar