Skip to main content

Hikmah Zakat Firah Secara Umum Serta Bagi Muzakki dan Mustahik

Hikmah Zakat Firah Secara Umum

Perintah zakat fitrah adalah wajib bagi setiap Muslim yang melebihi kekayaan (mampu). Zakat diberikan kepada orang yang berhak menerimanya, yaitu orang yang secara ekonomi tidak mampu. Beberapa hikmah dan fungsi zakat fitrah yaitu sebagai berikut.
Hikmah Zakat Firah


1. Sarana Bantuan untuk Orang Lain

Hikmah zakat fitrah yang pertama yaitu sebagai penolong yang lemah dan tertekan sehingga ia dapat memenuhi kewajibannya terhadap Allah dan kepada makhluk-makhluk Allah lainnya. Fungsi ini juga merupakan upaya untuk mempertahankan hubungan antar manusia (hablum minannas) dalam bingkai kemanusiaan.

2. Menuju kesalehan

Dalam teks-teks ajaran Islam, baik dalam Alquran dan tradisi yang diturunkan, oleh Nabi. telah berulang kali memesan masalah zakat, zakat fitrah hanyalah salah satunya. Selain itu, ada juga ketentuan. Ini menunjukkan urgensi masalah zakat ini. Dengan menjalankan perintah zakat ini, kita akan mendapat gelar orang beriman dan saleh karena menjalankan perintah Allah. dan Utusan-Nya.

3. Menunjukkan kebenaran iman seseorang

Sungguh harta adalah sesuatu yang dicintai oleh jiwa. Sesuatu yang dicintai tidak dikeluarkan kecuali dengan mengharapkan balasan seperti atau bahkan lebih dari apa yang dikeluarkan. 

4. Seseorang akan lebih akrab dengan hukum dan peraturan Tuhan

Karena dia tidak membayar sedekah sampai dia tahu hukum zakat dan status kekayaannya. Juga dia pasti sudah mengenal zakat nishob dan orang yang berhak menerimanya serta hal-hal mendesak lainnya yang diketahui.

5. Menghalangi berbagai bentuk kejahatan

Pencurian, pemaksaan, dan penjarahan. Karena dengan zakat, beberapa kebutuhan orang yang hidup dalam kemiskinan telah terpenuhi, jadi ini mencegah mereka dari mengambil kekayaan dari orang kaya atau melakukan kejahatan kepada mereka.

6. Mengatasi kemarahan orang miskin

Terkadang orang miskin menjadi marah karena mereka melihat orang kaya hidup dalam kemewahan. Orang kaya dapat menggunakan kendaraan yang disukainya (berganti-ganti) atau tinggal di rumah yang diinginkannya. Tidak diragukan lagi, sesuatu pasti akan muncul (kemarahan, pena) di hati orang miskin. Ketika orang kaya memberi mereka, amarahnya hilang. 

7. Penghalang Kesenjangan antara si kaya dan si miskin

Kearifan zakat lainnya, termasuk zakat fitrah, yaitu sebagai kesetaraan ekonomi yang lebih merata. Ini adalah upaya untuk melindungi kejahatan yang akan muncul dari orang miskin yang sulit. Bagaimana tidak! Kita melihat sendiri dalam kehidupan sehari-hari betapa hebatnya perjuangan hidup. Berapa banyak orang yang baik, tetapi menjadi penjahat hebat, kemudian merusak komunitas, bangsa, dan negara karena ekonomi yang tidak merata di antara keduanya.

8. Memperkuat Tali Ukhuwah Islam

Keberadaan zakat fitrah dan perintah zakat lainnya dapat membawa hubungan cinta antara si kaya dan si miskin. Memenuhi hubungan akan menghasilkan kebaikan dan kemajuan, persatuan, dan persaudaraan antara kedua kelompok menuju masyarakat umum yang lebih makmur.

9. Pelengkap Puasa Ramadhan

Khusus untuk zakat fitrah, zakat ini memiliki fungsi sebagai pemurnian ibadah puasa yang masih mengandung berbagai perilaku tercela yang dapat merusak puasa. 

Dengan demikian, diharapkan dengan membayar zakat fitrah, dapat meningkat
Setiap perintah yang datang dari Allah. tentu memiliki tujuan yang baik dan bermanfaat bagi para hamba-Nya. Untuk alasan ini, kita sebagai Muslim wajib untuk memperhatikan dan berpikir tentang makna dan kebijaksanaan yang terkandung dalam perintah-perintah ini, terutama jika mereka wajib atau mengikat. Salah satunya adalah adanya pesanan fitrah zakat dan perintah untuk mengeluarkan zakat secara umum.

Hikmah Zakat Bagi muzakki 

1. Menyadari kita bahwa hak milik milik kita adalah milik Allah. hanya. Ketika Allah Maha Tinggi memerintahkan kita untuk menghapus bagian dari harta karun yang harus kita patuhi.
2. Bersihkan jiwa kita dari keserakahan.
3. Bersihkan harta kita dari kesalahan kita saat kita mendapatkannya.

Hikmah Zakat untuk Mustahiq

3. Meringankan beban ekonomi yang mereka hadapi
4. Menghindari perbuatan jahat seseorang yang salah dalam menanggapi beban hidup
5. Biarkan mereka mengubah situasi mereka dengan modal zakat yang mereka terima
6. Mempersempit jarak antara si kaya dan si miskin
7. Membangun persaudaraan yang dekat antara sesama Muslim.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar