Skip to main content

Syarat Memiliki NUPTK Bagi Guru PNS dan Non PNS

Salah satu harapan bagi seorang guru, baik guru pns maupun guru non pns yaitu memiliki NUPTK. Guru yang belum memiliki NUPTK belum bisa menerima tunjangan secara resmi dari pemerintah baik kemendikbud maupun guru yang berada di bawah naungan Kemenag. Apa sebenarnya NUPTK? Mengapa begitu penting bagi seorang guru.

NUPTK itu Apa ?

NUPTK merupakan kata Singkat dari Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan. NUTK adalah Nomor Induk untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Pemberian NUPTK kepada pendidik dan tenaga kependidikan secara resmi dari pemerintah yaitu untuk kebutuhan pelaksanaan berbagai program dan kegiatan terkait lembaga pendidikan. Pemberian NUPTK bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan juga kesejahteraan pendidik dan tenaga pendidikan. Dengan demikian pemberian NUPTK tidak hanya bagi mereka yang sudah berstatus PNS, akan tetapi terutama bagi penddik dan tenaga kependidikan yang masih berstatus honorer atau Non PNS. 
Syarat Memiliki NUPTK

NUPTK merupakan identitas bagi pendidik dan tenaga kependidikan dengan 16 digit. Angka tersebut akan tetap dimiliki oleh seorang pendidik dan tenaga kependidikan walaupun mereka telah pindah tempat bertugas maupun terjadi perubahan riwayat pada dirinya misalnya perubahan status kepegawaian. Dengan demikian sifat dari NUPTK adalah tetap dan tidak berubah.    

NUPTK Manfaatnya Apa?

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa memiliki NUPTK adalah satu hal yang sangat penting bagi seorang pendidik dan tenaga kependidikan. Hal ini tidak terlepas dari manfaat NUPTK bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia pendidikan. Berikut dijelaskan manfaat NUPTK bagi seorang pendidik dan tenaga kependidikan.

1. Meningkatkan kesejahteraan

Memiliki NUPTK akan membantu pemerintah didalam melakukan pendataan tenaga pendidik dan kependidikan pada tingkat nasional. Dengan demikian, pemerintah akan lebih mudah dan efesien untuk merencanakan program yang berkaitan dengan status kesejahteraan seorang pendidik dan tenaga kependidikan.

2. Dapat berpartisipasi pada program pemerintah

Memiliki NUPUTK yang merupakan identitas resmi yang diberikan pemerintah kepada para pendidik dan tenaga kependidikan merupakan salah satu syarat untuk mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggaran pemerintah baik daerah maupun pemerintah pusat.

Syarat Memiliki NUPTK

Sebenarnya, memiliki NUPTK bukanlah suatu hal yang sulit, akan tetapi bukan juga sesuatu hal yang begitu mudah. Dengan memenuhi beberapa persyaratan yang harus dimiliki pendidik dan tenaga kependidikan, maka NUPTK akan mudah didapatkan. Apa saja syarat yang harus dimiliki seorang pendidik dan tenaga kependidikan agar bisa mendapatkan NUPTK? Berikut penjelasannya.
1. PTK harus berstatus WNI
2. PTK secara jelas terdaftar pada satu sekolah induk baik pada tingkat dasar maupun pada tingkat menengah
3. PTK berada di bawah naungan Kemendikbud dan Kementrian Agama dengan jalur pendidikan formal maupun non formal pada tingkat dasar dan menengah
4. PTK masih terdaftar aktif bertugas berdasarkan tanggungjawabnya
5. Usia PTK tidak melebihi masa pension yaitu 60 Tahun
6. Batas masa bertugas PTK secara berkelanjutan sudah mencapai 2 tahun minimal yang ditandai dengan lampran SK Penugasan kepala sekolah untuk PTK yang berstatus Non PNS.

Cara Mengajukan NUPTK

Untuk pengajuan NUPTK, pendidik dan tenaga kependidikan terlebih dahulu mengisi form pengajuan NUPT yang harus diisi secara lengkap dan benar berdasarkan relaitas yang ada.
Pengajuan NUPT akan dinyatakan sah jika form kuisioner telah dilegalisir berupa tanda tangan dan stempel kepala sekolah.
Setelah proses legaliser telah dilakukan, Form kuisioner tersebut dikirim ke dinas pendidikan kabupaten atau kota di mana PTK bertugas.
Sampai pada tahap tersebut, untuk tingkat provinsi, konsolidasi dan verivikasi data yang dikenal sebagai SIM NUPTK akan dilakukan oleh LPMP yang merupakan singkatan dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan dengan mengajukan data PTK dalam bentuk database SIM NUPTK ke pusat.
Sampai pada tahap ini, Seorang pendidik dan tenaga kependidikan sudah melakukan tahap demi tahap dan tinggal menunggu NUPTK akan diterbitkan oleh bagian perencanaan Sekertaris Direktorat PMPTK.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar