Skip to main content

Pengertian Demokrasi dan Jenis-jenisnya

Pengertian Demokrasi

A. Definisi Demokrasi

Kata demokrasi berasal dari Yunani yaitu "kekuatan rakyat", yang dibentuk dari demo yang berarti "rakyat" dan kratos yang berarti "kekuasaan" atau "kekuasaan" pada abad ke-5 SM untuk merujuk pada sistem politik kota Yunani -negara, salah satunya Athena; kata ini adalah antonim untuk ἀριστοκρατία (aristocratie) "elite power".

Dalam terminologi, Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana semua warga negara memiliki hak yang sama dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Demokrasi memungkinkan warga negara untuk berpartisipasi baik secara langsung atau melalui perwakilan dalam perumusan, pengembangan dan pembuatan hukum. Demokrasi mencakup kondisi sosial, ekonomi dan budaya yang memungkinkan praktik kebebasan politik yang bebas dan setara.

Sementara itu, definisi demokrasi menurut para ahli adalah sebagai berikut:

Abraham Lincoln
Menurutnya, pengertian demokrasi adalah sistem pemerintahan yang dipegang oleh rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

Hans Kelsen
Memahami demokrasi menurut Hans Kelsen adalah pemerintahan oleh rakyat dan untuk rakyat. Mereka yang menggunakan kekuasaan negara adalah wakil terpilih. Di mana rakyat diyakinkan, bahwa semua keinginan dan kepentingan mereka akan diperhitungkan dalam menjalankan kekuasaan negara.

Merriem
Menurut Merriem, demokrasi didefinisikan sebagai pemerintahan oleh rakyat, khususnya, oleh mayoritas sebuah pemerintahan di mana kekuasaan tertinggi tetap berada di tangan rakyat dan dijalankan oleh mereka baik secara langsung atau tidak langsung melalui sistem perwakilan yang biasanya dilakukan dengan mengadakan pemilihan umum bebas yang diadakan secara berkala; masyarakat umum khususnya untuk meningkatkan sumber otoritas politik; tidak adanya perbedaan kelas atau hak istimewa berdasarkan keturunan atau kesewenang-wenangan.

John L. Esposito
kekuatan dari dan untuk rakyat. Oleh karena itu, semua memiliki hak untuk berpartisipasi, baik yang terlibat aktif dan mengendalikan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Selain itu, tentu saja, ada lembaga pemerintah resmi yang jelas antara elemen eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Hannry B. Mayo
Menurut Hannry B. Mayo, pengertian demokrasi adalah kebijakan publik ditentukan atas dasar mayoritas oleh perwakilan yang secara efektif dipantau oleh rakyat dalam pemilihan berdasarkan prinsip kesetaraan politik dan diadakan dalam suasana di mana kebebasan politik terjadi.

Samuel Huntington
Menurutnya, gagasan demokrasi adalah pengambil keputusan kolektif paling kuat dalam suatu sistem yang dipilih melalui pemilihan yang adil, jujur, dan berkala dan dalam sistem itu para kandidat bebas untuk bersaing memperebutkan suara dan hampir semua populasi dewasa dapat dipilih.

B. Jenis-jenis Demokrasi

1. Jenis-Jenis Demokrasi Berdasarkan Distribusi Keinginan Rakyat

a. Demokrasi langsung
Demokrasi langsung adalah sistem demokrasi yang melibatkan atau melibatkan semua orang yang dilakukan secara langsung dalam membahas atau menentukan urusan negara. Demokrasi langsung terjadi di Yunani kuno karena pada saat itu populasinya masih kecil.
b. Demokrasi tidak langsung
Demokrasi / perwakilan tidak langsung adalah sistem demokrasi yang melibatkan orang-orang yang membuat keputusan suatu negara secara tidak langsung dengan menyalurkan keinginan mereka, orang-orang memilih perwakilan yang telah dipercaya untuk melayani di parlemen sebagai saluran untuk aspirasi rakyat.

2. Demokrasi Berdasarkan Hubungan Antar Kelengkapan Negara

a. Demokrasi perwakilan dengan sistem rujukan
Ini adalah sistem demokrasi di mana rakyat memilih wakil untuk bertugas di parlemen yang tetap dikendalikan oleh rakyat dengan sistem rujukan

b. Demokrasi perwakilan dengan sistem parlementer
Merupakan sistem demokrasi yang terjadi karena hubungan yang erat antara badan eksekutif dan legislatif. Para menteri dalam eksekutif ditunjuk atas proposal legislatif, sehingga menteri memiliki tanggung jawab kepada parlemen. 

c. Demokrasi perwakilan dengan sistem pemisahan kekuasaan
Merupakan sistem demokrasi di mana posisi eksekutif dan legislatif terpisah. seperti menteri yang ditunjuk oleh presiden dan memiliki tanggung jawab kepada presiden. Presiden adalah kepala negara dan juga kepala pemerintahan. Posisi presiden dan menteri tidak tergantung pada dukungan parlemen dan tidak dapat diberhentikan oleh parlemen.

d. Demokrasi perwakilan dengan sistem rujukan dan inisiatif masyarakat
Merupakan kombinasi dari demokrasi perwakilan / tidak langsung dan demokrasi langsung. Badan perwakilan masih ada, tetapi dikendalikan oleh rakyat melalui referendum yang bersifat wajib dan wajib.

3. Jenis Demokrasi Berdasarkan Prinsip Ideologis

a. Demokrasi Liberal
Demokrasi liberal adalah sistem demokrasi yang menekankan kebebasan individu yang sering mengabaikan kepentingan publik

b. Demokrasi Rakyat
Demokrasi rakyat adalah demokrasi yang didasarkan pada sosialisme dan komunisme yang mengutamakan kepentingan negara dan kepentingan publik

c. Demokrasi Pancasila
Demokrasi Pancasila adalah demokrasi yang berasal dari nilai-nilai sosial dan budaya bangsa Indonesia berdasarkan kesepakatan konsensus yang mengutamakan kepentingan publik. Demokrasi Pancasila berasal dari Indonesia.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar