Skip to main content

Pengertian Tax Amnesty dan Manfaatnya Bagi Pengusaha

Apa Itu Tax Amnesty 

Kumpulanmakalah.com Tax Amnesty adalah kesempatan bagi orang-orang yang berutang pajak untuk membayar sebagian atau semua dari apa yang mereka berutang, seringkali dengan beberapa hukuman dan bunga dibebaskan. Di A.S., Tax Amnesty sering mengambil bentuk jendela tertentu di mana pemerintah negara bagian mengizinkan pembayar pajak yang nakal untuk masuk dari hawa dingin. Di tingkat federal, pemerintah dapat menawarkan Tax Amnestybagi perusahaan AS yang memulangkan keuntungan.

Dasar-dasar Tax Amnesty

Tax Amnesty bukan tawaran berdiri. Ini merupakan kesepakatan satu kali, seringkali terbatas untuk periode 30 atau 60 hari. Misalnya, negara bagian Pennsylvania menawarkan amnesti pajak selama 60 hari pada tahun 2017. Selama program amnesti pajak, Departemen Pendapatan negara bagian akan melepaskan semua hukuman dan setengah dari bunga yang ditanggung oleh para peserta.
Departemen Pendapatan yang menawarkan program amnesti pajak akan menentukan jenis pajak mana yang memenuhi syarat untuk amnesti. Pajak penghasilan pribadi adalah yang besar, tentu saja, tetapi pajak bisnis seperti pajak penjualan dan pajak perusahaan juga sering dimasukkan.
Manfaat Tax Amnesty Bagi Pengusaha

Mengapa pemerintah negara bagian atau federal menawarkan amnesti pajak? Program amnesti pajak memberi pemerintah kesempatan untuk mengumpulkan pendapatan yang mungkin tidak akan pernah bisa dikumpulkan. Jika Anda berpartisipasi dalam program pengampunan pajak, Anda dapat membayar pajak, Departemen Pendapatan tahu Anda berutang, serta pajak yang hanya Anda tahu Anda berhutang dan bahwa pemerintah tidak menghukum Anda karena tidak membayar.
Dari sudut pandang pemerintah, amnesti pajak lebih baik daripada tidak sama sekali jika memungkinkan mereka untuk mengumpulkan uang yang akan ditahan oleh wajib pajak. Pemerintah tidak memiliki sumber daya untuk mengejar setiap wajib pajak yang bermasalah di pengadilan, sehingga program tax amnesty adalah undangan terbuka bagi wajib pajak untuk datang dari cuaca dingin. Ini adalah prinsip yang mirip dengan penyelesaian pajak yang ditawarkan IRS di tingkat federal.

Tujuan Tax Amnesty

Tax Amnesty bisa menjadi peluang yang baik untuk membayar hutang Anda, sementara Anda mendapat denda, biaya, dan bunga. Beberapa denda pajak juga datang dengan manfaat memiliki hak gadai pajak atau pungutan pajak dicabut, memungkinkan Anda untuk mendapatkan kembali hak milik Anda. Plus, membayar pajak adalah a) hukum dan b) hal yang benar untuk dilakukan karena memungkinkan pemerintah berfungsi dengan lancar dan membayar program yang menguntungkan semua orang.
Dalam beberapa kasus, jika Departemen Pendapatan negara bagian mengetahui Anda berhutang pajak yang belum dibayar dan Anda tidak berpartisipasi dalam program tax amnesty, negara akan mengenakan biaya non-partisipasi, yang akan ditambahkan pada apa yang sudah Anda berhutang.
Jika Anda berutang banyak uang dalam pajak yang belum dibayar, ada kemungkinan Anda bisa mendapatkan kesepakatan yang lebih baik dengan meminta pengacara untuk membantu Anda menegosiasikan penyelesaian individu. Menawarkan untuk melakukan penyelesaian juga memiliki keuntungan sebagai opsi sepanjang tahun, meskipun pemerintah tidak berkewajiban untuk menyetujui persyaratan Anda. Dengan penyelesaian, Anda tidak perlu menunggu pemerintah memulai pengampunan pajak.
Faktanya, wajib pajak yang bermasalah harus menunggu program tax amnesty untuk melunasi hutang mereka karena bunga akan bertambah saat mereka menunggu. Semakin cepat Anda mengurus pajak yang belum dibayar, semakin baik. Anda akan berhutang lebih sedikit dari bunga dan Anda akan menghindari pajak lien atau pajak.
Tetapi jika Anda belum memulai proses penyelesaian atau menempatkan diri Anda pada program pembayaran untuk pajak Anda yang belum dibayar dan amnesti diumumkan, berpartisipasi dalam program ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mengamankan awal yang baru.

Manfaat Tax Amnesty untuk Pengusaha

1. Ini mendorong wajib pajak untuk melakukan bisnis secara adil dan legal di Indonesia (informasi lebih lanjut tentang sistem perpajakan pendapatan di Indonesia). Untuk dapat menjalankan bisnis di Indonesia, Anda harus memastikan bahwa Anda mengikuti peraturannya dengan tegas. Penghindaran pajak memiliki konsekuensi parah, termasuk bunga tinggi atau hukuman dan hukuman hukum.

2. Ini akan membuat catatan yang baik untuk Anda dan perusahaan Anda. Ada Sistem Informasi Pertukaran Otomatis di Indonesia, yang berarti bahwa data Anda dapat dilihat oleh seluruh departemen pemerintah. Jika Anda memiliki kredit macet atau melanggar peraturan perpajakan, itu akan berdampak pada bisnis Anda dalam perspektif yang lebih luas. Anda akan mengalami kesulitan dalam memperpanjang lisensi bisnis Anda, memperbarui informasi atau data perusahaan Anda, memperpanjang visa, dan masalah birokrasi lainnya. Anda akan selalu dimintai nomor pajak Anda dalam melakukan prosedur administrasi atau birokrasi apa pun yang terkait dengan pemerintah (tahu lebih banyak tentang pajak penghasilan badan dan pribadi di Indonesia).

3. Anda dan perusahaan Anda dapat membeli lebih banyak properti untuk mengembangkan bisnis Anda. Membeli properti tanpa catatan pajak yang sehat hampir tidak mungkin, terutama untuk perusahaan asing. Karenanya, laporkan pajak Anda secara sukarela dan gunakan peluang Tax Amnesty ini sangat bagus untuk strategi jangka panjang bisnis Anda.

4. Anda tidak perlu membayar bunga atau mendapatkan bunga lebih rendah dari pajak yang gagal Anda bayar. Ini akan memberi Anda lebih sedikit beban karena Anda ingin bermain lebih adil di pasar Indonesia.

5. Anda atau perusahaan Anda tidak perlu mengalami masalah hukum atau perselisihan. Jika kasus penggelapan pajak Anda telah dibawa ke pengadilan, semua proses investigasi dapat dihentikan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar