Peran Guru Sebagai Anggota Keluarga dan Masyarakat

Peran Guru Sebagai Anggota Keluarga dan Masyarakat

Keluarga pada hakikatnya mempakan satuan sistem sosial terkecil dalam sistem sosial secara keseluruhan. Kehidupan individu bermula dari dalam keluarga, sehingga keluarga mempakan sumber pertama dan utama bagi kehidupan individu dan masyarakat secara keseluruhan. Dalam kaitan dengan kehidupan secara kaeluruhan. keluarga mempunyai berbagai fungsi yaitu fungsi: agama, personal. sosial, budaya, ekonomi, pendidikan, dan proses pengembangan keturunan. Dengan fungsi-fungsi itulah keluarga memainkan peranan yang amat fundamental bagi kesuksesan perjalanan hidup seseorang dan masyarakat secara keseluruhan. 
Peran Guru di Keluarga dan Masyarakat


Peran Guru Sebagai Anggota Keluarga


Dalam kaitan dengan keluarga guru merupakan unsur keluarga sebagai pengelola (suami atau isteri). sebagai anak, dan sebagai pendidik dalam keluarga. Hal ini mangandung makna bahwa peran guru sebagai anggota keluarga harus mampu mewujudkan keluarga yang kokoh sehingga menjadi fondasi kehidupan berbangsa dan bernegara secara keseluruhan. Untuk mewujudkan kehidupan keluarga yang kokoh perlu memperhatikan hal-hal berikut. 


1. Landasan Ketauhidan Keluarga

Fondasi utama keluarga adalah ketauhidan yang diwujudkan dalam kualitas keimanan dan ketakwaan dari para anggotanya. Dengan Iandasan in! keluarga dibangun atas dasar ridho Tuhan Yang Maha Esa dan senantiasa dipupuk dengan ibadah dan do'a. Keluarga senantiasa benyukur atas segala nikmat yang diberikan dan senantiasa bersabar dalam menghadapi berbagai musibah-cobaan. 


2. Penyesuaian Penikahan

Kehidupan berkeluum mempakan suatu proses yang penuh transisi dari Batu keadaan kc keadaan lainnya. Proses ini akan dapat dilalui dengan sukses apabn. individu memiliki kemampuan menyesuaikan diri. Penyesuaian dm yang paling panting dalam keseluruhan proses kehidupan keluarga adalah penyesuaian pemikahan (marital adjustment) yang melipuu penyesuaian: 
a. Dengan pasangan nikah
b. Seksual
c. Finansial
d. Antara mertua dengan menantu
e. Kehidupan sebagai orang tua
f. Terhadap kemungkinan hidup menyendiri. 


3. Suasana Hubungan Inter Dan Antar keluarga

Dalam keluarga yang sehat, hubungan itu terwujud dalam suasana hangat, penuh pengertian, dan cinta kasih sayang satu dengan lainnya seh'mgga menimbulkan suasana yang akrab dan ceria. Setiap anggota keluarga merasa saling memiliki dan bersatu dalam wadah kehidupan keluarga. Dalam suasana yang demikian itu, setiap anggota merasa memperoleh jaminan akan hak-hak asasinya serta mendapat kesempatan untuk mewujudkan tanggung jawabnya. Dasar terciptanya suasana hubungan ini ialah terciptanya komunikasi yang efektif diantara anggota keluarga dan antarkeluarga 


4. Kesejahteraan Ekonomi

Keluarga sehat adalah keluarga yang mampu mewujudkan kemandiriannya dalam memenuhi kebutuhan ekonomi. Tanpa ada dukungan ekonomi yang memadai, keluarga akan mengalami gangguan dalam mencapai kebahagiaannya. Hal itu dibentuk dengan memiliki sumber penghasilan secara tetap dan halal, serta mampu mengelola ekonomi secara efektif. 


5. Pendidikan Dalam Keluarga

Keluarga sehat adalah keluarga yang mampu mewujudkan keluarga sebagai lembaga pendia dikan. Pendidikan dalam keluarga mempakan pendidikan pertama dan utama serta menjadi landasan bagi proses pendidikan selanjutnya. Dalam keluarga, setiap anak mendapatkan haknya untuk memperoleh pendidikan, dan orang tua sebagai pendidik dan perencana pendidikan 


Peran Guru Sebagai Anggota Masyarakat 


Dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara keseluruhan, guru merupakan unsur strategis sebagai anggota, agen, dan pendidik masyarakat. Dengan demikian guru mempunyai peran yang strategis dalam upaya pembangunan kebangsaan di masyarakat. 

Sebagai anggota masyarakat guru harus menunjukkan kepribadiannya secara efektif agar menjadi teladan bagi masyarakat di Sekitamya. Tidak hanya dirinya yang harus menjadi teladan, akan tetapi kehidupan keluarganyapun harus menjadi teladan bagi masyarakat dj Seldtamya. 

Sebagai agen masyarakat, guru berperan sebagai mediator antara masyarakat dengan dunia pendidikan khususnya di sekolah Dalam kaitan ini, guru akan membawa dan mengembangkan berbagai upaya pendidikan di sekolah ke dalam kehidupan di masyarakat, dan juga membawa kehidupan di masyarakat ke sekolah. 

Dengan demikian terdapat keterkaitan yang saling menunjang antara upaya pendidikan di sekolah dengan upaya di masyarakat dalam mewujudkan kehidupan yang baik di masyarakat. Selanjutnya sebagai pendidik masyarakat, bersama unsur masyarakat lainnya mengembangkan berbagai upaya pendidikan yang dapat menunjang upaya pembinaan bagi seluruh anggota masyarakat. 

Peran yang tidak kalah pentingnya adalah dalam kaitan dengan perkembangan global yang ditandai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan segala dampak-dampaknya. Banyak sisi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memberikan dampak negatif terhadap kehidupan masyarakat sehingga menimbulkan gangguan bagi keutuhan kehidupan. Dalam hubungan ini para guru harus senantiasa mengikuti dan beradaptasi dengan perkembangan global untuk selanjutnya membawanya ke dunia pendidikan baik di sekolah maupun di luar sekolah. 

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak