Mengenal Macam-Macam Cabang Psikologi | Kumpulan Makalah
Home » » Mengenal Macam-Macam Cabang Psikologi

Mengenal Macam-Macam Cabang Psikologi

Cabang Psikologi
Cabang Psikologi 

Psikologi adalah topik yang sangat besar dan menyampaikan kedalaman dan luasnya subjek bisa sulit. Akibatnya, sejumlah cabang psikologi yang unik dan khas telah muncul untuk berurusan dengan subtopik tertentu dalam studi pikiran, otak, dan perilaku.

Setiap cabang atau bidang melihat pertanyaan dan masalah dari perspektif yang berbeda. Sementara masing-masing memiliki fokus sendiri pada masalah atau masalah psikologis, semua bidang berbagi tujuan bersama untuk mempelajari dan menjelaskan pemikiran dan perilaku manusia.

Macam-Macam Cabang Psikologi 


Karena perilaku manusia sangat bervariasi, jumlah sub bidang dalam psikologi juga terus tumbuh dan berkembang. Beberapa sub bidang ini telah ditetapkan dengan kuat sebagai bidang yang diminati, dan banyak perguruan tinggi dan universitas menawarkan kursus dan program gelar dalam topik ini.

Setiap bidang psikologi mewakili bidang studi tertentu yang berfokus pada topik tertentu. Seringkali, psikolog mengkhususkan diri dalam salah satu bidang ini sebagai karier. Berikut ini dijelaskan beberapa cabang psikologi

Psikologi Abnormal

Psikologi abnormal adalah area yang melihat psikopatologi dan perilaku abnormal. Profesional kesehatan mental membantu menilai, mendiagnosis, dan mengobati berbagai gangguan psikologis termasuk kecemasan dan depresi. Konselor, psikolog klinis, dan psikoterapis sering bekerja langsung di bidang ini.

Psikologi Perilaku

Psikologi perilaku, juga dikenal sebagai behaviorisme, adalah teori pembelajaran yang didasarkan pada gagasan bahwa semua perilaku diperoleh melalui pengondisian. Sementara cabang psikologi ini mendominasi bidang selama bagian pertama abad kedua puluh, itu menjadi kurang menonjol selama tahun 1950-an. Namun, teknik perilaku tetap menjadi andalan dalam terapi, pendidikan, dan banyak bidang lainnya.

Orang sering menggunakan strategi perilaku seperti pengkondisian klasik dan pengkondisian operan untuk mengajar atau memodifikasi perilaku. Sebagai contoh, seorang guru mungkin menggunakan sistem penghargaan untuk mengajar siswa berperilaku selama kelas. Ketika siswa baik, mereka menerima bintang-bintang emas yang kemudian dapat diubah untuk semacam hak istimewa.

Biopsikologi

Biopsikologi adalah cabang psikologi yang berfokus pada bagaimana otak, neuron, dan sistem saraf memengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku. Bidang ini mengacu pada berbagai disiplin ilmu termasuk psikologi dasar, psikologi eksperimental, biologi, fisiologi, psikologi kognitif, dan ilmu saraf.


Orang yang bekerja di bidang ini sering mempelajari bagaimana cedera otak dan penyakit otak berdampak pada perilaku manusia. Biopsikologi juga kadang-kadang disebut sebagai psikologi fisiologis, ilmu saraf perilaku, atau psikobiologi.

Psikologi Klinik

Psikologi klinis adalah cabang psikologi yang berkaitan dengan penilaian dan pengobatan penyakit mental, perilaku abnormal, dan gangguan kejiwaan. Dokter sering bekerja dalam praktik pribadi, tetapi banyak juga yang bekerja di pusat komunitas atau di universitas dan perguruan tinggi. Yang lain bekerja di rumah sakit atau klinik kesehatan mental sebagai bagian dari tim kolaboratif yang mungkin termasuk dokter, psikiater, dan profesional kesehatan mental lainnya.

Psikologi Kognitif

Psikologi kognitif adalah cabang psikologi yang berfokus pada kondisi mental internal. Bidang psikologi ini terus berkembang sejak muncul pada 1960-an. Bidang psikologi ini berpusat pada ilmu tentang bagaimana orang berpikir, belajar, dan mengingat.

Psikolog yang bekerja di bidang ini sering mempelajari hal-hal seperti persepsi, motivasi, emosi, bahasa, pembelajaran, memori, perhatian, pengambilan keputusan, dan pemecahan masalah. Psikolog kognitif sering menggunakan model pemrosesan informasi untuk menggambarkan bagaimana pikiran bekerja, menunjukkan bahwa otak menyimpan dan memproses informasi seperti komputer.

Psikologi Komparatif

Psikologi komparatif adalah cabang psikologi yang peduli dengan studi perilaku hewan. Studi tentang perilaku hewan dapat mengarah pada pemahaman yang lebih dalam dan lebih luas tentang psikologi manusia. Area ini berakar pada karya para peneliti seperti Charles Darwin dan Georges Romanes dan telah berkembang menjadi subjek yang sangat multidisiplin. Psikolog sering berkontribusi pada bidang ini, seperti halnya ahli biologi, antropolog, ekologi, ahli genetika, dan banyak lainnya.

Psikologi Konseling

Psikologi konseling adalah salah satu subbidang individu terbesar dalam psikologi. Klinik ini berpusat pada perawatan klien yang mengalami tekanan mental dan berbagai gejala psikologis. Psikologi Konseling menggambarkan bidang sebagai area yang dapat meningkatkan fungsi antarpribadi sepanjang hidup dengan meningkatkan kesehatan sosial dan emosional serta mengatasi kekhawatiran tentang kesehatan, pekerjaan, keluarga, perkawinan, dan banyak lagi.

Psikologi Lintas Budaya

Psikologi lintas budaya adalah cabang psikologi yang melihat bagaimana faktor budaya mempengaruhi perilaku manusia. Asosiasi Internasional Psikologi Lintas Budaya (IACCP) didirikan pada tahun 1972, dan cabang psikologi ini terus tumbuh dan berkembang sejak saat itu. Saat ini, semakin banyak psikolog menyelidiki bagaimana perilaku berbeda di antara berbagai budaya di seluruh dunia.

Psikologi Perkembangan

Psikologi perkembangan berfokus pada bagaimana orang berubah dan tumbuh sepanjang umur. Studi ilmiah tentang pengembangan manusia berusaha untuk memahami dan menjelaskan bagaimana dan mengapa orang berubah sepanjang hidup. Psikolog perkembangan sering mempelajari hal-hal seperti pertumbuhan fisik, perkembangan intelektual, perubahan emosional, pertumbuhan sosial, dan perubahan persepsi yang terjadi selama masa hidup.

Para psikolog ini umumnya berspesialisasi dalam bidang seperti bayi, anak, remaja, atau perkembangan usia lanjut, sementara yang lain mungkin mempelajari efek dari keterlambatan perkembangan. Bidang ini mencakup sejumlah besar topik termasuk segala sesuatu mulai dari perkembangan pranatal hingga penyakit Alzheimer.

Psikologi Pendidikan

Psikologi pendidikan adalah cabang psikologi yang terkait dengan sekolah, pengajaran psikologi, masalah pendidikan dan masalah siswa. Psikolog pendidikan sering mempelajari bagaimana siswa belajar atau bekerja secara langsung dengan siswa, orang tua, guru, dan administrator untuk meningkatkan hasil siswa. Mereka mungkin mempelajari bagaimana berbagai variabel mempengaruhi hasil siswa secara individu. Mereka juga mempelajari topik-topik seperti ketidakmampuan belajar, bakat, proses pembelajaran, dan perbedaan individu.

Psikologi Eksperimental

Psikologi eksperimental adalah cabang psikologi yang memanfaatkan metode ilmiah untuk meneliti otak dan perilaku. Banyak dari teknik ini juga digunakan oleh bidang psikologi lainnya untuk melakukan penelitian tentang segala hal mulai dari perkembangan masa kanak-kanak hingga masalah sosial. Psikolog eksperimental bekerja di berbagai pengaturan termasuk perguruan tinggi, universitas, pusat penelitian, pemerintah dan bisnis swasta.

Psikolog eksperimental menggunakan metode ilmiah untuk mempelajari berbagai perilaku manusia dan fenomena psikologis. Cabang psikologi ini sering dipandang sebagai subbidang yang berbeda dalam psikologi, tetapi teknik dan metode eksperimental sebenarnya digunakan secara luas di setiap subbidang psikologi. Beberapa metode yang digunakan dalam psikologi eksperimental meliputi eksperimen, studi korelasional, studi kasus, dan observasi naturalistik.

Psikologi Forensik

Psikologi forensik adalah bidang khusus yang berhubungan dengan masalah yang berkaitan dengan psikologi dan hukum. Mereka yang bekerja di bidang psikologi ini menerapkan prinsip-prinsip psikologis untuk masalah hukum. Ini mungkin melibatkan mempelajari perilaku dan perawatan kriminal atau bekerja secara langsung dalam sistem pengadilan.

Psikolog forensik melakukan berbagai tugas, termasuk memberikan kesaksian dalam kasus-kasus pengadilan, menilai anak-anak dalam kasus yang diduga penganiayaan anak, mempersiapkan anak-anak untuk memberikan kesaksian dan mengevaluasi kompetensi mental para tersangka kriminal.

Cabang psikologi ini didefinisikan sebagai persimpangan antara psikologi dan hukum, tetapi psikolog forensik dapat melakukan banyak peran sehingga definisi ini dapat bervariasi. Dalam banyak kasus, orang yang bekerja dalam psikologi forensik tidak selalu "psikolog forensik." Individu-individu ini mungkin psikolog klinis, psikolog sekolah, ahli saraf atau konselor yang meminjamkan keahlian psikologis mereka untuk memberikan kesaksian, analisis atau rekomendasi dalam kasus hukum atau pidana.

Psikologi Kesehatan

Psikologi kesehatan adalah bidang khusus yang berfokus pada bagaimana biologi, psikologi, perilaku dan faktor sosial mempengaruhi kesehatan dan penyakit. Istilah lain termasuk psikologi medis dan kedokteran perilaku kadang-kadang digunakan secara bergantian dengan istilah psikologi kesehatan. Bidang psikologi kesehatan difokuskan pada peningkatan kesehatan serta pencegahan dan pengobatan penyakit dan penyakit.

Psikolog kesehatan tertarik untuk meningkatkan kesehatan di berbagai domain. Para profesional ini tidak hanya mempromosikan perilaku sehat, tetapi mereka juga bekerja pada pencegahan dan pengobatan penyakit dan penyakit. Psikolog kesehatan sering berurusan dengan masalah yang berhubungan dengan kesehatan seperti manajemen berat badan, berhenti merokok, manajemen stres, dan nutrisi.

Mereka mungkin juga meneliti bagaimana orang mengatasi penyakit dan membantu pasien mencari strategi koping yang baru dan lebih efektif. Beberapa profesional di bidang ini membantu merancang program pencegahan dan kesadaran publik, sementara yang lain bekerja di dalam pemerintah untuk meningkatkan kebijakan perawatan kesehatan.

Psikologi Industri-Organisasi

Psikologi industri-organisasi adalah cabang yang menerapkan prinsip-prinsip psikologis untuk penelitian tentang masalah-masalah tempat kerja seperti produktivitas dan perilaku. Bidang psikologi ini, sering disebut sebagai psikologi I / O, bekerja untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi di tempat kerja sambil juga memaksimalkan kesejahteraan karyawan. Penelitian dalam psikologi I-O dikenal sebagai penelitian terapan karena berusaha memecahkan masalah dunia nyata. Psikolog I-O mempelajari topik-topik seperti sikap pekerja, perilaku karyawan, proses organisasi, dan kepemimpinan.

Beberapa psikolog di bidang ini bekerja di berbagai bidang seperti faktor manusia, ergonomi, dan interaksi manusia-komputer. Psikologi faktor manusia adalah bidang interdisipliner yang berfokus pada topik seperti kesalahan manusia, desain produk, ergonomi, kemampuan manusia, dan interaksi manusia-komputer. Orang yang bekerja dalam faktor manusia berfokus pada peningkatan cara orang berinteraksi dengan produk dan mesin baik di dalam maupun di luar tempat kerja. Mereka mungkin membantu merancang produk yang dimaksudkan untuk meminimalkan cedera atau menciptakan tempat kerja yang meningkatkan akurasi dan keamanan yang lebih baik.

Psikologi Kepribadian

Psikologi kepribadian adalah cabang psikologi yang berfokus pada studi pola pikir, perasaan, dan perilaku yang membuat setiap individu unik. Teori klasik kepribadian meliputi teori psikoanalitik Freud tentang kepribadian dan teori perkembangan psikososial Erikson. Psikolog kepribadian mungkin mempelajari bagaimana berbagai faktor seperti genetika, pengasuhan, dan pengalaman sosial memengaruhi bagaimana kepribadian berkembang dan berubah.

Psikologi Sekolah

Psikologi sekolah adalah bidang yang melibatkan bekerja di sekolah untuk membantu anak-anak menangani masalah akademik, emosional, dan sosial. Psikolog sekolah juga berkolaborasi dengan guru, siswa, dan orang tua untuk membantu menciptakan lingkungan belajar yang sehat.

Sebagian besar psikolog sekolah bekerja di sekolah dasar dan menengah, tetapi yang lain bekerja di klinik swasta, rumah sakit, lembaga negara, dan universitas. Beberapa masuk ke praktik pribadi dan melayani sebagai konsultan, terutama mereka yang memiliki gelar doktor dalam psikologi sekolah.

Psikologi Sosial

Psikologi sosial berusaha menjelaskan dan memahami perilaku sosial dan melihat beragam topik termasuk perilaku kelompok, interaksi sosial, kepemimpinan, komunikasi nonverbal, dan pengaruh sosial pada pengambilan keputusan.

Bidang psikologi ini difokuskan pada studi topik seperti perilaku kelompok, persepsi sosial, perilaku nonverbal, konformitas, agresi, dan prasangka. Pengaruh sosial pada perilaku adalah minat utama dalam psikologi sosial, tetapi psikolog sosial juga fokus pada bagaimana orang memandang dan berinteraksi dengan orang lain.

Psikologi Olahraga

Psikologi olahraga adalah studi tentang bagaimana psikologi mempengaruhi olahraga, kinerja atletik, olahraga, dan aktivitas fisik. Beberapa psikolog olahraga bekerja dengan atlet dan pelatih profesional untuk meningkatkan kinerja dan meningkatkan motivasi. Para profesional lain memanfaatkan olahraga dan olahraga untuk meningkatkan kehidupan dan kesejahteraan orang-orang di seluruh masa hidupnya.
Terimakasih telah membca artikel berjudul Mengenal Macam-Macam Cabang Psikologi

Kumpulan Makalah
Kumpulan Makalah Updated at: 4/14/2019 05:29:00 PM

0 Comment Mengenal Macam-Macam Cabang Psikologi

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak