Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Psikologi Anak

Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Psikologi Anak

Psikologi anak merupakan salah satu cabang psikologi yang penjadi disiplin ilmu yang sering menjadi kajian bagi para akademisi. Psikologi anak berfokus pada pikiran dan perilaku anak-anak dari perkembangan prenatal hingga remaja. Psikologi anak tidak hanya berurusan dengan bagaimana anak-anak tumbuh secara fisik, tetapi juga dengan perkembangan mental, emosional, dan sosial mereka.

Secara historis, anak-anak sering dipandang hanya sebagai versi dewasa yang lebih kecil. Ketika Jean Piaget menyarankan bahwa anak-anak benar-benar berpikir berbeda dari orang dewasa, Albert Einstein menyatakan bahwa penemuan itu "sangat sederhana sehingga hanya seorang genius yang bisa memikirkannya."
Psikologi Anak

Saat ini, psikolog mengakui bahwa psikologi anak itu unik dan kompleks, tetapi banyak yang berbeda dalam hal perspektif unik yang mereka ambil ketika mendekati perkembangan. Para ahli juga berbeda dalam menanggapi beberapa pertanyaan besar dalam psikologi anak, seperti apakah pengalaman awal lebih penting daripada yang lebih baru.

Karena masa kanak-kanak memainkan peran yang begitu penting dalam perjalanan seumur hidup, tidak heran mengapa topik ini menjadi begitu penting dalam psikologi, sosiologi, dan pendidikan. Para ahli hanya berfokus pada banyak pengaruh yang berkontribusi pada perkembangan anak yang normal, tetapi juga berbagai faktor yang dapat menyebabkan masalah psikologis selama masa kanak-kanak. Harga diri, sekolah, pengasuhan anak, tekanan sosial, dan mata pelajaran lain sangat menarik bagi psikolog anak yang berusaha membantu anak-anak berkembang dan tumbuh dengan cara yang sehat dan sesuai.


Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Psikologi Anak


Faktor-faktor internal yang mempengaruhi psikologi anak yaitu bagaimana seorang anak tumbuh, seperti genetika dan karakteristik pribadi. Namun, pengembangan melibatkan lebih dari pengaruh yang muncul dari dalam diri seseorang. Faktor lingkungan seperti hubungan sosial dan budaya tempat kita hidup juga memainkan peran penting.

Beberapa faktor utama yang perlu kita pertimbangkan dalam analisis psikologi anak kita meliputi:


1. Faktor Sosial


Hubungan dengan teman sebaya dan orang dewasa berdampak pada bagaimana anak-anak berpikir, belajar dan berkembang. Faktor Keluarga dan sekolah serta teman sebaya merupakan bagian penting yang mempengaruhi anak dilihat  dari konteks sosial.


2. Faktor Budaya


Budaya yang dihidupi seorang anak menyumbangkan seperangkat nilai, adat istiadat, asumsi bersama dan cara hidup yang memengaruhi perkembangan sepanjang umur. Budaya dapat berperan dalam bagaimana anak-anak berhubungan dengan orang tua mereka, jenis pendidikan yang mereka terima dan jenis pengasuhan anak yang disediakan.


3. Faktor Sosial Ekonomi


Kelas sosial juga dapat memainkan peran utama dalam perkembangan anak. Sejumlah faktor yang berbeda termasuk berapa banyak pendidikan yang dimiliki orang, berapa banyak uang yang mereka peroleh, pekerjaan yang mereka pegang dan di mana mereka tinggal. Anak-anak yang dibesarkan dalam rumah tangga dengan status sosial ekonomi tinggi cenderung memiliki akses yang lebih besar ke peluang, sedangkan mereka yang berasal dari rumah tangga dengan status sosial ekonomi rendah mungkin memiliki akses yang lebih sedikit ke hal-hal seperti perawatan kesehatan, nutrisi berkualitas, dan pendidikan. Faktor-faktor tersebut dapat memiliki dampak besar pada psikologi anak.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak