Skip to main content

Cara Mengatasi Stres Psikososial

Mengatasi Stres Psikososial
Mengatasi Stres Psikososial

Stres psikososial memengaruhi sebagian besar dari kita dari waktu ke waktu dan dapat sangat merugikan. Ini adalah hasil dari penilaian kognitif (interpretasi mental Anda) dari apa yang dipertaruhkan dan apa yang dapat dilakukan tentang hal itu. Lebih sederhana, stres psikososial terjadi ketika kita melihat ancaman sosial yang dirasakan dalam hidup kita (nyata atau bahkan dibayangkan) dan melihat bahwa itu mungkin membutuhkan sumber daya yang tidak kita miliki.

Contoh-contoh stres psikososial dapat mencakup apa pun yang diterjemahkan menjadi ancaman terhadap status sosial, penghargaan sosial, rasa hormat, dan / atau penerimaan kita dalam suatu kelompok; ancaman terhadap harga diri kita; atau ancaman yang kita rasa tidak bisa kita kontrol. Semua ancaman ini dapat menyebabkan respons stres dalam tubuh. Ini bisa menjadi beberapa pemicu stres yang paling berat untuk dihadapi, karena bisa membuat kita merasa tidak didukung dan teralienasi. Ini bisa membuatnya lebih sulit untuk diatasi.

Ketika stres psikososial memicu respons stres, tubuh melepaskan sekelompok hormon stres termasuk kortisol, epinefrin (atau adrenalin) dan dopamin, yang mengarah pada ledakan energi serta perubahan lain dalam tubuh (lihat artikel tentang perjuangan ini). atau respons penerbangan untuk lebih.) Perubahan yang disebabkan oleh hormon stres dapat membantu dalam jangka pendek, tetapi dapat merusak dalam jangka panjang. Misalnya, kortisol dapat meningkatkan fungsi tubuh dengan meningkatkan energi yang tersedia (sehingga berkelahi atau melarikan diri lebih mungkin) tetapi dapat menyebabkan penekanan sistem kekebalan tubuh serta sejumlah efek lainnya. Epinefrin juga dapat memobilisasi energi, tetapi menciptakan hasil psikologis dan fisik negatif dengan paparan yang lama. Itu sebabnya penting untuk mengelola stres psikososial dalam hidup kita sehingga respons stres hanya dipicu ketika diperlukan. Penting juga untuk mempelajari teknik penghilang stres untuk secara efektif membalikkan respons stres sehingga kita tidak mengalami kondisi stres yang berkepanjangan atau stres kronis.

Cara Mengatasi Stres Psikososial


Ada beberapa cara untuk mengelola stres psikososial, karena melibatkan faktor-faktor di luar (apa yang kita hadapi) dan di dalam (pikiran kita tentang hal itu), dan dapat memengaruhi banyak area kehidupan kita. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat membantu mengatasi stres psikososial.

Kembangkan Keterampilan Resolusi Konflik Anda

Konflik adalah bagian yang hampir tidak terhindarkan dari suatu hubungan. Orang akan memiliki perbedaan pendapat dan akan menginginkan hal-hal yang berbeda. Cara kami mengelola konflik dapat menciptakan tekanan psikososial yang signifikan tetapi jika Anda dapat mengerjakan keterampilan resolusi konflik Anda, itu dapat membantu setidaknya setengah dari persamaan: Anda dapat mengubah apa yang Anda bawa ke situasi tersebut, Anda dapat meredakan beberapa hal negatif, dan Anda bisa meniru perilaku yang lebih sehat. Ini dapat sangat meminimalkan stres yang dirasakan oleh semua yang terlibat.

Fokus Pada Teman Pendukung dan Hindari Drama

Jika Anda memikirkannya, Anda tahu siapa yang bisa Anda percayai untuk mendukung Anda dan siapa yang tidak bisa Anda percayai. Cukup menghabiskan lebih banyak waktu dengan mereka yang membuat hidup Anda lebih mudah dan meminimalkan waktu yang dihabiskan bersama mereka yang membuat Anda merasa stres dapat mengurangi banyak stres psikososial yang Anda alami. Itu tidak akan memotong semua drama yang Anda alami, tetapi itu bisa menghentikan banyak.

Coba Perspektif Pergeseran Dalam

Terkadang kita merasa marah atau terancam oleh hal-hal yang tidak terlalu memengaruhi kita, dan stres yang kita rasakan sebagai akibatnya tidak perlu. Mengubah cara Anda melihat sesuatu, atau hanya menggeser apa yang Anda fokuskan dapat membuat perbedaan dalam tingkat stres Anda - itu dapat membuat sesuatu yang tampaknya seperti masalah besar terasa kurang begitu. Ketika diletakkan dalam perspektif yang berbeda, semuanya bisa terasa kurang stres.

Temukan Strategi Manajemen Stres Yang Berhasil Bagi Anda

Menemukan cara untuk mengelola tingkat stres Anda secara keseluruhan dapat membantu Anda menjadi kurang reaktif terhadap stres psikososial, atau stresor spesifik apa pun. Kuncinya adalah menemukan sesuatu yang cocok untuk Anda dan sesuatu yang cocok dengan kehidupan Anda dan dengan kepribadian Anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar