Skip to main content

Syarat Menjadi Guru Bahasa Inggris di Indonesia Bagi Orang Asing

Ketika berbicara tentang mengajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing, Indonesia menjadi salah satu lokasi tujuan bagi mereka yang mencari pengalaman yang tidak biasa. Namun bagi mereka yang berniat mengajar bahasa inggris di Indonesia harus memiliki syarat dan ketentuan yang harus ditaati. 

Syarat Menjadi Guru Bahasa Inggris di Indonesia


Berikut dijelaskan beberapa ketentuan yang dimaksud.

1. Kualifikasi


Ketika kita mempelajari sesuatu yang baru, selalu meyakinkan untuk mengetahui bahwa guru kita tahu apa yang mereka bicarakan. Belajar bahasa tidak terkecuali. Saat ini, jika Anda ingin mengajar bahasa Inggris di Indonesia, Anda memerlukan minimal dua kualifikasi.

2. Sertifikasi Tefl


TEFL adalah singkatan dari pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Sertifikasi ini dapat diambil dalam berbagai bentuk, tetapi untuk dapat mengajar di Indonesia, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki kualifikasi ini. Sebagian besar kursus TEFL membahas dasar-dasar teori belajar bahasa dan menawarkan tips praktis kepada guru baru di berbagai bidang seperti manajemen kelas dan perencanaan pelajaran. (Jika Anda tidak memiliki sertifikasi TEFL, jangan khawatir jika Anda melamar pekerjaan di EF, kami dapat mensponsori kursus Anda).

3. Sarjana

Menjadi Guru Bahasa Inggris

Gelar sarjana mungkin merupakan salah satu persyaratan paling penting untuk mengajar di Indonesia. Pemerintah telah ketat dalam beberapa tahun terakhir untuk memastikan bahwa guru internasional dididik ke tingkat tinggi, dan gelar sarjana adalah buktinya. Pada titik ini, Anda mungkin bertanya-tanya apakah Anda perlu memiliki gelar sarjana dalam pendidikan atau pengajaran, tetapi jangan khawatir! Gelar sarjana dalam bidang apa pun sudah cukup, pastikan Anda bisa mendapatkan salinan asli Anda.

4. Native Speaker 


Agar memenuhi syarat untuk mengajar bahasa Inggris di Indonesia, Anda harus memiliki paspor dari: Inggris, Amerika Serikat, Irlandia, Kanada, Australia atau Selandia Baru dll.
Ada banyak perdebatan online tentang apakah Anda perlu menjadi "penutur asli bahasa Inggris" untuk dapat mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Namun, karena istilah "pribumi" terbuka untuk interpretasi, sebagian besar pemerintah telah menyelesaikan perdebatan sekali dan untuk semua dengan memerlukan paspor dari salah satu negara ini. Dalam beberapa kasus, ada pengecualian untuk aturan ini, tetapi sebagian besar, Anda memerlukan paspor dari salah satu dari enam negara yang tercantum di atas.

5. Lihat Latar Belakang Pidana Kriminal


Pemeriksaan latar belakang kriminal yang jelas adalah persyaratan lain yang harus Anda penuhi untuk bekerja sebagai guru di Indonesia. Anda tidak perlu memiliki ini sebelum melamar pekerjaan, tetapi Anda harus bisa mendapatkannya. Perekrut Anda akan dapat menawarkan beberapa saran tentang di mana Anda bisa mendapatkan pemeriksaan latar belakang, tetapi dalam kebanyakan kasus, itu dari otoritas penegak hukum setempat.

6. Mampu Berkomitmen Selama Satu Tahun


Persyaratan terakhir tidak ditentukan oleh pemerintah tetapi merupakan persyaratan bagi sebagian besar perusahaan. Mengamankan Anda dengan visa resmi untuk mengajar Bahasa Inggris di luar negeri biasanya membutuhkan investasi waktu dan energi yang signifikan untuk Anda dan perusahaan. Untuk menjadikan investasi ini bermanfaat, satu tahun adalah waktu yang masuk akal.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar