Pengertian Terapi Perilaku Kognitif dan Cara Kerjanya

Pengertian Terapi Perilaku Kognitif dan Cara Kerjanya

Terapi Perilaku Kognitif

Pengertian Terapi perilaku kognitif

Terapi perilaku kognitif atau Cognitive Behavioral Therapy (CBT) adalah bentuk psikoterapi jangka pendek yang diarahkan pada masalah saat ini dan didasarkan pada gagasan bahwa cara seseorang berpikir dan merasakan mempengaruhi cara dia berperilaku. Fokusnya adalah pada pemecahan masalah, dan tujuannya adalah untuk mengubah pola pikir klien untuk mengubah respons mereka terhadap situasi yang sulit. Pendekatan terapi perilaku kognitif dapat diterapkan pada berbagai masalah dan kondisi kesehatan mental.


Kapan Terapi Perilaku Kognitif  Digunakan


Terapi perilaku kognitif cocok untuk anak-anak, remaja, dan orang dewasa dan untuk individu, keluarga, dan pasangan. Telah ditemukan sangat atau cukup efektif dalam pengobatan depresi, gangguan kecemasan umum, gangguan stres pasca-trauma, stres umum, masalah kemarahan, gangguan panik, agorafobia, fobia sosial, gangguan makan, kesulitan perkawinan, gangguan obsesif-kompulsif , dan kecemasan masa kecil dan gangguan depresi. terapi perilaku kognitif juga dapat efektif sebagai intervensi untuk kondisi nyeri kronis dan gangguan terkait.


Harapan Dari Terapi Perilaku Kognitif  


Dalam terapi perilaku kognitif, Anda pertama-tama akan belajar mengidentifikasi pikiran menyakitkan dan menjengkelkan yang Anda miliki tentang masalah saat ini dan untuk menentukan apakah pikiran ini realistis atau tidak. Jika pemikiran ini dianggap tidak realistis, Anda akan belajar keterampilan yang membantu Anda mengubah pola berpikir Anda sehingga mereka lebih akurat sehubungan dengan situasi tertentu. Setelah perspektif Anda lebih realistis, terapis dapat membantu Anda menentukan tindakan yang tepat. Anda mungkin akan mendapatkan "pekerjaan rumah" untuk dilakukan di antara sesi. Pekerjaan itu mungkin termasuk latihan yang akan membantu Anda belajar menerapkan keterampilan dan solusi yang Anda dapatkan dalam terapi dengan cara Anda berpikir dan bertindak dalam kehidupan Anda sehari-hari.


Cara Kerja Terapi Perilaku Kognitif  


Terapi perilaku kognitif mengintegrasikan teori perilaku dan teori kognitif untuk menyimpulkan bahwa cara orang memandang suatu situasi menentukan reaksi mereka lebih dari realitas sebenarnya dari situasi itu. Ketika seseorang merasa tertekan atau putus asa, pandangannya tentang suatu pengalaman mungkin tidak realistis. Mengubah cara klien berpikir dan melihat dunia dapat mengubah respons mereka terhadap keadaan. Terapi perilaku kognitif berakar pada saat ini, sehingga terapis pada awalnya akan bertanya kepada klien apa yang terjadi dalam pikiran mereka pada saat itu, sehingga dapat mengidentifikasi pikiran dan perasaan yang menyusahkan. Terapis kemudian akan mengeksplorasi apakah pikiran dan perasaan ini produktif atau bahkan valid. 

Apa yang Harus Diperhatikan dalam Terapis Perilaku Kognitif

Tujuan terapi perilaku kognitif adalah untuk membuat klien terlibat aktif dalam rencana perawatan mereka sendiri sehingga mereka memahami bahwa cara untuk meningkatkan kehidupan mereka adalah dengan menyesuaikan pemikiran dan pendekatan mereka terhadap situasi sehari-hari.

Cari profesional kesehatan mental berlisensi dengan pelatihan khusus dan pengalaman dalam terapi perilaku kognitif. Selain kredensial ini, penting untuk menemukan terapis dengan siapa Anda merasa nyaman bekerja.

Baca juga:

Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak