Skip to main content

Obat Alami untuk Mengobati Susah Tidur yang Penting Untuk Anda Ketahui

Kumpulanmakalah.com-Meskipun sering mengalami malam tanpa tidur, insomnia adalah ketidakmampuan untuk tidur atau terbangun berlebihan di malam hari yang mengganggu fungsi sehari-hari. Dari solusi alami, tiga telah terbukti bermanfaat, dan yang lain memiliki beberapa bukti awal tetapi tidak meyakinkan. Karena kurang tidur kronis dapat dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan (seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan depresi), penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda dan menghindari pengobatan sendiri dengan obat alternatif. 
Obat Alami untuk Mengobati Susah Tidur


Obat Alami untuk Mengobati Susah Tidur


Berikut dijelaskan obat alami untuk mengobati susah tidur.


Melatonin


Suplemen melatonin banyak direkomendasikan untuk berbagai kondisi tidur, tetapi bukti terbaik adalah bantuan untuk masalah tidur yang disebabkan oleh kerja shift atau jet lag. Melatonin adalah hormon yang terjadi secara alami yang mengatur siklus tidur-bangun di otak. Ini diproduksi dari serotonin ketika paparan cahaya berkurang di malam hari. Ini digunakan dalam kondisi di mana tidur tidak teratur karena rendahnya tingkat melatonin pada malam hari seperti penuaan, gangguan afektif (mis. Depresi), gangguan fase tidur yang tertunda, atau jet lag.

Baca Juga : Penyebab Susah Tidur yang Perlu Diketahui

Suplemen melatonin dapat meningkatkan kualitas tidur dan kewaspadaan pagi pada orang dewasa yang lebih tua dengan insomnia. Melatonin pelepasan waktunya digunakan untuk mengobati insomnia primer pada orang di atas usia 55 di Uni Eropa dan di tempat lain. Dalam kebanyakan studi tentang melatonin untuk insomnia pada orang dewasa yang lebih tua, melatonin dipakai hingga dua jam sebelum waktu tidur hingga 13 minggu. Waktunya sangat penting  ketika melatonin dikonsumsi pada pagi hari, ia menunda ritme sirkadian tetapi meningkatkannya saat diminum pada sore atau sore hari.


Pencahayaan ringan


Terapi cahaya digunakan sebagai bagian dari rencana perawatan tidur. Jika Anda sulit tidur di malam hari atau mengalami sindrom fase tidur yang tertunda, Anda mungkin membutuhkan lebih banyak cahaya di pagi hari. Paparan cahaya memainkan peran penting dalam memberi tahu tubuh kapan harus tidur (dengan meningkatkan produksi melatonin) dan kapan harus bangun. Berjalan di luar rumah hal pertama di pagi hari atau terapi cahaya selama 30 menit dapat membantu.

Di sisi lain, jika Anda terbangun terlalu pagi atau mengalami sindrom fase tidur lanjut, Anda mungkin memerlukan lebih banyak cahaya sore dan bisa mencoba berjalan-jalan di luar ruangan atau terapi cahaya selama dua hingga tiga jam di malam. Unit terapi cahaya di rumah tersedia dan mungkin direkomendasikan oleh dokter atau spesialis tidur untuk digunakan bersama dengan terapi tidur Anda.


Teknik Meditasi dan Relaksasi


Latihan meditasi yang teratur dapat membantu meningkatkan tidur dengan memperlambat pernapasan dan mengurangi kadar hormon stres. Meditasi adalah teknik yang melibatkan perhatian secara langsung mengarahkan seseorang ke objek fokus (seperti bernapas atau suara atau kata) untuk meningkatkan kesadaran, mengendurkan tubuh, dan menenangkan pikiran. Beberapa jenis meditasi termasuk meditasi terbimbing, meditasi vipassana, yoga nidra, atau pemindaian tubuh. Juga coba:

Visualisasi: Melibatkan secara aktif membayangkan adegan santai. Anda bisa mencobanya di tempat tidur selama 20 menit sebelum tertidur. Libatkan semua indera Anda. Jika Anda membayangkan diri Anda berada di pulau tropis, pikirkan bagaimana angin hangat terasa di kulit Anda. Bayangkan aroma manis bunga-bunga itu, lihatlah airnya dan dengarkan ombaknya. Semakin jelas visualisasi dan semakin banyak indra Anda terlibat, semakin efektif itu akan.

Respon Relaksasi: Respons pikiran / tubuh yang terjadi setelah mengikuti instruksi spesifik yang dipola dengan cermat setelah Meditasi Transendental.
Mindfulness: Suatu jenis meditasi yang pada dasarnya melibatkan fokus pada pikiran Anda pada saat ini.

Bukti awal menunjukkan bahwa teknik meditasi dapat meningkatkan kualitas tidur. Pusat Nasional untuk Kesehatan Pelengkap dan Integratif mengatakan teknik relaksasi memiliki cukup bukti untuk mengatakan mereka dapat membantu untuk insomnia. Namun penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

Yoga


Sistem relaksasi, pernapasan, olahraga, dan penyembuhan dengan asal-usul dalam filsafat India, yoga telah digambarkan sebagai penyatuan pikiran, tubuh, dan jiwa. Studi pendahuluan menunjukkan bahwa mungkin bermanfaat untuk insomnia, menurut Pusat Nasional untuk Kesehatan Pelengkap dan Integratif.


Hipnosis


Hipnosis adalah keadaan di mana seseorang lebih fokus, sadar, dan terbuka terhadap saran. Meskipun cara kerjanya tidak dipahami, hipnosis dapat menyebabkan perubahan fisiologis dalam tubuh seperti penurunan detak jantung, tekanan darah, dan pola gelombang otak alfa, mirip dengan meditasi dan jenis relaksasi mendalam lainnya. Hipnosis dapat membantu dalam meningkatkan efektivitas terapi kognitif-perilaku dan teknik relaksasi. Namun studi yang dilakukan sejauh ini tidak dirancang dengan baik.


Akupunktur


Akupunktur dan akupresur dapat membantu mengatasi insomnia. Penelitian telah menunjukkan beberapa bukti yang dapat membantu, tetapi penelitian tersebut memiliki kualitas ilmiah yang buruk.


Aromaterapi


Sebuah analisis 2011 tidak menemukan studi yang cukup ketat untuk memberikan bukti yang baik untuk aromaterapi untuk membantu tidur. Aroma minyak aromaterapi lavender Inggris telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk membantu orang tertidur. Ini adalah salah satu minyak esensial yang paling menenangkan. Coba letakkan sachet lavender di bawah bantal Anda atau tempatkan satu atau dua tetes minyak esensial lavender dalam sapu tangan. Atau tambahkan beberapa tetes minyak lavender ke dalam bak mandi penurunan suhu tubuh setelah mandi air hangat juga membantu tidur. Minyak aromaterapi lain yang dipercaya bisa membantu tidur adalah chamomile dan ylang-ylang.


Obat Tidur Alami Lainnya


Untuk hot flashes, insert bantal busa tipis dan datar, yang disebut Chillow, dapat membantu mendinginkan kepala sepanjang malam.

Baca Juga : Manfaat Tidur Siang Untuk Balita yang Perlu Diketahui Setiap Ibu

Musik yang lembut dan lambat adalah obat lain yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Terapi musik telah ditemukan untuk meningkatkan kualitas tidur, mengurangi bangun malam, memperpanjang waktu tidur, dan meningkatkan kepuasan dengan tidur.
Meskipun kava kadang-kadang direkomendasikan untuk insomnia yang berkaitan dengan kecemasan, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) telah mengeluarkan penasehat kepada konsumen tentang potensi risiko cedera hati yang parah akibat penggunaan suplemen makanan yang mengandung kava.

Kurang olahraga dapat menyebabkan kurang tidur. Ketegangan otot dan stres membangun dalam tubuh. Olahraga dapat meningkatkan tidur nyenyak malam itu. Namun, olahraga yang intens terlalu dekat dengan tempat tidur dapat meningkatkan kadar adrenalin, menyebabkan insomnia.

Perbaiki Kamar Tidur Anda. Feng shui, yang berasal dari filosofi Cina Taoisme, menginstruksikan tentang bagaimana mengatur kamar, furnitur, kantor, rumah, dan pengaturan lainnya untuk memaksimalkan aliran energi yang menguntungkan di seluruh ruang hidup. Anda bisa menggunakan tips feng shui untuk kamar tidur Anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar