Manfaat Tidur Siang Untuk Balita yang Perlu Diketahui Setiap Ibu

Kumpulanmakalah.com-Setiap anak balita memiliki kebutuhan tidur yang berbeda antara satu dengan yang lainnya tergantung dari masing-masing anak.Yang penting adalah mengetahui bahwa manfaat tidur siang jauh melebihi istirahat bagi tubuh anak anda. Tidur itu penting untuk kesehatan anak-anak. Ini adalah faktor fundamental dalam perkembangan fisik, intelektual dan emosional manusia.
Manfaat Tidur Siang Untuk Balita

Tidur siang tidak hanya bermanfaat untuk si kecil Anda, mereka juga memberi Anda istirahat yang sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas di siang hari atau hanya duduk dan bersantai selama satu jam.

Baca Juga : Pengertian dan Permasalahan Kesehatan Ibu dan Anak

Selain itu, tidur siang tidak hanya menjadikan tubuh mereka beristirahat, tetapi otak mereka melakukan proses neuropsikologis yang sangat berharga.

Manfaat Tidur Siang Untuk Balita


Mengingat manfaat tidur siang untuk balita sangat penting, maka waktu tidur siang anak anda harus anda atur dan damping. Pastikan anak-anak anda tidur dan istirahat yang cukup agar terjaga kesehatan dan perkembangan mereka secara keseluruhan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini diuraikan manfaat tidur siang bagi balita.

1. Tidur siang membantu perkembangan emosi anak Anda


Sebuah penelitian mengatakan bahwa Balita yang tidur siang membantu mengontrol emosionalnya.  tidur siang hari mengurangi risiko masalah yang berhubungan dengan suasana hati di kemudian hari.

Para peneliti di University of Colorado Boulder menemukan bahwa balita berusia antara dua dan setengah dan tiga setengah tahun yang hanya melewatkan satu hari saja waktu tidur siang, menunjukkan lebih banyak kecemasan, lebih sedikit kegembiraan dan minat, serta kurang pemahaman yang tepat tentang bagaimana menyelesaikan masalah.
Studi ini menunjukkan bahwa kurang tidur siang akan menyebabkan balita mengalami perasaan yang berbeda dan dari waktu ke waktu dapat membentuk otak emosional mereka yang berkembang dan menempatkan mereka dalam risiko gangguan seumur hidup yang berkaitan dengan suasana hati," kata pemimpin penelitian Dr Monique LeBourgeois.

2. Tidur siang akan membuatu tidur malam lebih baik


Sementara tidur siang dapat membuat pola tidur orang dewasa benar-benar hilang dan mengakibatkan insomnia, kurang tidur siang untuk balita dapat membuat mereka lebih sulit untuk mendapatkan istirahat malam yang baik. Kehilangan tidur siang di siang hari dapat menyebabkan balita lelah dan mudah tersinggung, membuatnya lebih sulit untuk menidurkannyaa di malam hari.

3. Tidur siang dapat membantu anak-anak prasekolah untuk belajar


Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University of Massachusetts, tidur siang di ruang kelas dapat meningkatkan daya ingat dan mendukung pembelajaran di prasekolah. Para peneliti mengajar 40 anak prasekolah permainan yang disebut Memori. Di pagi hari, anak-anak belajar di mana 9 atau 12 gambar kartun berada di kotak. Anak-anak tidur siang (rata-rata 1 jam dan 15 menit) atau tetap terjaga. Setelah waktu tidur siang, mereka diuji lagi. Mereka diuji sekali lagi keesokan paginya.

Sudah biasa bagi orang tua untuk memperhatikan bahwa anak-anak mereka berada dalam suasana hati yang lebih baik sepanjang sisa hari jika mereka tidur siang. Kontras ini terutama terlihat pada hari-hari ketika mereka tidak tidur siang. Dalam kasus-kasus itu, orang tua sering mendengar mengatakan, "Mereka mudah tersinggung karena mereka tidak tidur siang."

4. Tidur siang meningkatkan memori Balita Anda


Anak-anak ingat apa yang mereka pelajari lebih baik jika mereka tidur siang. Saat bermimpi, Anda merekam apa yang telah Anda pelajari di siang hari dan Anda juga lebih bersedia untuk belajar hal-hal baru. Tidur siang meningkatkan perhatian, konsentrasi, dan kemauan untuk menemukan dan menjelajahi dunia.

Baca Juga : Pentingnya Memelihara Kesehatan Anak Usia Dini

5. Tidur siang menghilangkan ketegangan balita anda


Pikiran terputus dari semua rangsangan eksternal. Dengan cara ini, hiperaktif dan kecemasan berkurang. Saat tidur, anak-anak mendapatkan kembali energi fisik. Tubuh mereka beristirahat dan memulihkan energi mental yang mereka butuhkan untuk harinya.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Tidur Siang Untuk Balita yang Perlu Diketahui Setiap Ibu"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel