Penyebab Terjadinya Penyakit Sosial Serta Dampakanya Bagi Masyarakat

Penyakit Sosial

A. Penyebab Terjadinya Penyakit Sosial Pada Masyarakat

Tentu ada alasan dan faktor yang mendorong mereka untuk membuat penyakit sosial. Mungkin karena pengaruh lingkungan, barangkali karena mereka ingin meraih kepuasan hidup. Anda mungkin hanya ingin meniru orang lain, Anda mungkin menginginkan sesuatu selain yang lain. Mungkin karena ketidakpuasan yang meluas dengan hal-hal yang mereka hadapi. Dan banyak penyebab lain yang mungkin dilakukan orang untuk melakukan penyakit sosial. Dari berbagai alasan kita bisa menentukan penyebab penyakit sosial sebagai berikut: 


a. Kondisi keluarga yang rusak (broken home) 
Keluarga adalah tempat dimana anak tersebut atau ada yang pertama kali berinteraksi dengan orang lain. Keluarga memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam pembentukan kepribadian (mood) orang. Dengan demikian, situasi keluarga secara dramatis mempengaruhi perilaku orang-orang yang menjadi anggota keluarga. Di rumah keluarga procaine biasanya memiliki hubungan antara anggota keluarga yang harmonis. Keadaan keluarga tidak bisa memberikan kedamaian dan kebahagiaan bagi anggota keluarga. Setiap anggota keluarga tidak bisa menjadi kontrol latihan gabungan atas perilaku mereka. Akibatnya, setiap anggota keluarga cenderung bersikap sesuka hati, dan mencari kebahagiaan di luar keluarga . Namun, tak sadarkan diri sekarang, jika perilakunya melanggar norma sosial atau tidak, kepentingan mereka Yan terasa baik. Hal ini menyebabkan penyakit sosial pada masing-masing anggota keluarga. 

b. Faktor Ekonomi
Masalah ekonomi ekonomi Bukan dari kinerja suatu kegiatan, selama Anda mendapatkan sesuatu yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan ekonominya. Hal ini tidak biasa untuk membenarkan cara untuk mendapatkan uang atau apapun, yang dapat memenuhi kebutuhan ekonominya. Inilah yang menyebabkan orang melakukan aktivitas terlepas dari standar dan aturan masyarakat. Hasilnya adalah penyakit sosial dari orang-orang yang bersangkutan.

c. Faktor kekecewaan
Penyakit sosial juga terjadi sebagai bentuk pelepasan perasaan amarah seseorang. Apa efeknya, jika orang mencintai seseorang, tapi dia menolak cintanya dengan orang yang dia cintai? Apa konsekuensinya jika anak menginginkan sepeda atau sepeda motor, tapi keinginannya untuk memenuhi tidak pernah? Apa konsekuensinya jika siswa tidak lulus ujian, apakah dia ingin lulus ujian? Dari kekecewaan itu terjadi. Kekecewaan ini bisa mendorong orang atau anak yang bersangkutan untuk melakukan sesuatu yang tidak diawasi. Dalam kekecewaan outlet dapat menyebabkan perilaku di luar kendali orang yang bersangkutan. Sebenarnya, standar dan normanya tidak lagi mendistribusikan yang terbesar, yang penting adalah dia bisa melampiaskan kekecewaannya. Hal ini kemudian menyebabkan penyakit sosial pada orang tersebut. 


d. Faktor lingkungan
Pengaruh lingkungan yang terjadi akibat dampak lingkungan masyarakat. Orang yang tinggal di penjudi lingkungan, cenderung mengikuti perjudian. Mereka yang sedang minum (mabuk), akan cenderung mengikuti gula. Orang yang tinggal di lingkungan preman, akan cenderung berperilaku seperti preman. Contoh-contoh ini menggambarkan bagaimana lingkungan mempengaruhi perilaku orang-orang di lingkungan itu. Jadi, jika kehidupan tidak sesuai dengan lingkungan standar sosial, maka orang yang berada di lingkungan cenderung berperilaku baik. 

B. Dampak Penyakit Sosial Bagi Masyarakat

Berbagai bentuk penyakit sosial di masyarakat efektif untuk kehidupan pelaku dan umumnya masyarakat. Dan dampak dari bentuk Pelaku Ragam perilaku menyimpang yang dilakukan oleh aktor perorangan. 

Berikut adalah beberapa dampak dari penyakit sosial: 

1. Gangguan Psikologis
Gangguan mental atau psikologis dan mental terhadap penjahat sosial atau sosial. Hal itu bisa menghancurkan masa depan sang aktor. Anda bisa menjaga pelakunya dari Tuhan dan dekat dengan dosa.d. Ukuran kinerja dapat membahayakan diri mereka sendiri.

2. Kekacauan kehidupan sosial
Perilaku Masyarakat juga dapat mempengaruhi kehidupan orang lain atau masyarakat pada umumnya. Hal ini bisa mengganggu sistem keamanan dan ketidakharmonisan masyarakat. Nilai dan norma kehancuran, dan berbagai institusi sosial yang ada dalam kerangka masyarakat. Keluarga tersebut membebankan beban sosial, psikologis, dan ekonomi pada pelaku. Unsur-unsur budaya berbahaya dan elemen perilaku individu lainnya dalam mengendalikan kehidupan publik. 

C. Mengatasi Penyakit Sosial Pada Masyarakat

Kebebasan dan dukungan anak untuk mengembangkan kemampuan mereka, sejauh positif. Memiliki potensi untuk mendengar keluhan dari siswa dan dapat bertindak sebagai pedoman untuk membantu siswa mengatasi berbagai masalah, baik di sekolah atau menghadapi wajah yang mereka hadapi di rumah.

Lingkungan masyarakat dapat mempengaruhi pola pikir seseorang. Dalam hal ini, perlu membuat sehat dan nyaman sehingga bisa menjadi tempat yang ideal untuk membentuk lingkungan sosial pribadi yang baik. Hal-hal yang bisa dikembangkan di masyarakat sehingga upaya pencegahan perilaku penyakit sosial tidak bisa diraih, antara lain, dan ini.a. Ikuti perkembangan yang harmonis antar berbagai kelompok. Posisi ini akan meningkatkan rasa asuhan, gotong royong dan solidaritas antar warga. 

Jika Anda menciptakan komunitas yang kohesif, maka penyakit ini bisa diminimalisir. Membina disiplin perilaku warga negara, seperti disiplin untuk menghormati keputusan bersama, seperti tamu semasa malam, mohon informasikan kepada RT, dan bangun jam belajar anak-anak, menjaga kebersihan lingkungan dan sebagainya. Perkembangan berbagai kegiatan yang menjadi warganegara asosiasi positif seperti Partai Buruh Kurdistan, pemuda, konser, atau kegiatan lainnya yang mengarah pada pengembangan kapasitas masyarakat yang lebih maju dan dinamis. 

Jika beberapa dari upaya ini bisa diterapkan di masyarakat, maka penyakit sosial akan merasa tidak nyaman dan malu, sehingga mereka akan merasa malu jika tindakan penyakit sosial di lingkungan hidup.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Terjadinya Penyakit Sosial Serta Dampakanya Bagi Masyarakat"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel