Skip to main content

Pengertian, Tujuan, dan Fungsi Komunikasi Bisnis

Pengertian, Tujuan, dan Fungsi Komunikasi Bisnis

A. Pengertian Komunikasi Bisnis


Komunikasi Bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai jenis dan bentuk komunikasi untuk mencapai tujuan bisnis. Pada dasarnya ada dua jenis komunikasi yang umum digunakan dalam dunia bisnis yaitu komunikasi lisan dan komunikasi non verbal.

Di dunia bisnis, reputasi dan kredibilitas harus dibangun sehingga pelanggan merasa nyaman untuk memercayai Anda. Khususnya dalam hubungan bisnis jangka panjang dengan karyawan dan pelanggan yang memiliki kepekaan profesional akan membawa banyak nilai positif. Inilah kebutuhan untuk memainkan peran komunikasi bisnis. Keberhasilan bisnis bergantung pada efektivitas komunikasi. Komunikasi yang lebih efektif, semakin positif nilainya. Efektivitas komunikasi sebenarnya diukur dari sejauh mana ia menghasilkan tindakan dari pemirsa dan pembaca.

B. Tujuan Komunikasi Bisnis

1. Dapatkan pemahaman penuh tentang arti pesan yang diberikan kepada orang lain, baik di dalam maupun di luar organisasi perusahaan.
2. Dapatkan tanggapan, tindakan, atau persetujuan dari penerima pesan sebagai harapan pengirim.
3. Penemuan diri (Penemuan pribadi)
4. Untuk mengasosiasikan dan memelihara hubungan dengan orang lain
5. Meyakinkan
6. Untuk bermain dan menghibur diri sendiri

C. Fungsi Komunikasi Bisnis

Fungsi komunikasi dalam bisnis terdiri dari:

1. Fungsi Informatif

Kegiatan yang kami lakukan untuk memberikan informasi tentang bisnis kami, pada saat yang sama kami juga dapat memperoleh informasi tentang siapa pesaing kami, bagaimana perusahaan dan kekuatan pasar.

2. Fungsi Persuasif

Komunikasi dimaksudkan untuk memperlakukan orang lain untuk mengubah sikap, pendapat dan perilaku seperti yang diharapkan oleh komunikator dalam organisasi bisnis. Fungsi ini dilakukan untuk membangun komitmen para pelaku terhadap organisasi atau institusi kerja, mulai dari manajer hingga penyapu, hari visi, misi, strategi dan taktik untuk bekerja secara efektif dalam mencapai tujuan bisnis yang telah ditetapkan sebelumnya.

3. Fungsi Kontrol

Tanpa fungsi kontrol dalam komunikasi bisnis, organisasi pengoperasi tidak dapat berjalan dengan efektif. Ini berarti berkomunikasi atau melakukan atau tidak dilakukan oleh bawahan atau manajer.

4. Fungsi Emosional

Fungsi emosi meningkat seiring dengan penggunaan konten pesan yang berhubungan dengan ketidaksukaan, kebencian dan suka, konten atau ketidakpuasan, kegembiraan dan kesedihan, kegembiraan atau keterikatan emosional lainnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar