Pengertian Kesehatan Mental dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya

Pengertian Kesehatan Mental dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya

A. Pengertian Kesehatan Mental

Istilah “kesehatan mental” berasal dari konsep mental hygiene. Kata “mental” berasal dari bahasa Yunani, pengertiannya sama dengan psyche dalam istilah latin yang dengan kata lain psikis, jiwa atau kejiwaan. Jadi istilah mental hygiene dimaknakan sebagai kesehatan mental atau jiwa yang dinamis bukan statis sebab menunjukkan adanya usaha peningkatan. (Notosoedirjo dan Latipun,2001:21).

Kesehatan mental adalah bagian dari psikologi agama terus berkembang dengan pesat. jadi dapat disimpulkan bahwa mental hygiene berarti mental yang sehat atau kesehatan mental. Berdasarkan keterangan dari Dr. Jalaluddin dalam bukunya “Psikologi Agama” bahwa “Kesehatan mental adalah suatu situasi batin yang senantiasa berada dalam suasana tenang, aman dan tentram dan upaya untuk mengejar ketenangan batin dapat dilaksanakan antara lain melewati penyesuaian diri secara resignasi (penyerahan diri sepenuhnya untuk Tuhan)”.

Sedangkan menurut keterangan dari paham ilmu kedokteran bahwa kesehatan mental adalah suatu situasi yang memungkinkan pertumbuhan fisik, intelektual dan emosional yang optimal dari seseorang dan perkembangan tersebut berjalan selaras dengan suasana orang lain.

Zakiah Daradjat memberikan pengertian kesehatan mental dengan sejumlah poin yaitu : 
1. Terhindarnya orang dari fenomena-fenomena gangguan jiwa (neurose) dan dari fenomena-fenomena penyakit jiwa (psychose).
2. Kemampuan guna menyesuaikan diri dengan diri sendiri, dengan orang beda dan masyarakat serta lingkungan dimana ia hidup. 
3. Pengetahuan dan tindakan yang bertujuan guna mengembangkan dan memanfaatkan segala potensi, bakat dan pembawaan yang terdapat semaksimal mungkin, sampai-sampai membawa untuk kebahagian diri dan orang lain, serta terhindar dari gangguan-gangguan dan penyakit jiwa.
4. Terwujudnya keharmonisan yang sungguh-sungguh antara faedah-faedah jiwa, serta memiliki kesanggupan guna menghadapi problem-problem biasa yang terjadi, dan menikmati secara positif kebahagian dan keterampilan dirinya. 

Dari beberapa uraian tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Kesehatan mental ialah keserasian atau kecocokan antara semua aspek psikologis dan dipunyai oleh seorang guna dikembangkan secara optimal supaya individu dapat melakukan kehidupan-kehidupan cocok dengan tuntutan-tuntutan atau nilai-nilai yang berlaku secara individual, kumpulan maupun masyarakat luas sampai-sampai yang sehat baik secara mental maupun secara sosial. 

B. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesehatan Mental

Kesehatan mental itu dipengaruhi oleh hal internal dan eksternal. Keduanya saling mempengaruhi dan dapat mengakibatkan mental yang sakit sehingga dapat menyebabkan gangguan jiwa dan penyakit jiwa.


1. Faktor Internal

Faktor internal ialah faktor yang berasal dari dalam diri seseoranglaksana sifat, bakat, keturunan dan sebagainya. Contoh sifat yaitu laksana sifat jahat, baik, pemarah, dengki, iri, pemalu, pemberani, danbeda sebagainya. Contoh bakat yakni contohnya bakat melukis, bermain musik, membuat lagu, akting, dan lain-lain. Sedangkan aspek keturunan laksana turunan emosi, intelektualitas, potensi diri, dan sebagainya. 


2. Faktor Eksternal

Faktor eksternal merupakan hal yang sedang di luar diri seseorang yang dapat mempengaruhi mental seseorang. Faktor eksternal yang baik dapatmengawal mental seseorang, namun hal eksternal yang buruk atau tidak baik bisa berpotensi memunculkan mental tidak sehat.


Selanjutnya di samping kedua hal tersebut yang dapat memprovokasi kesehatan mental, pun dapat diprovokasi oleh aspek psikis manusia. Aspek psikis insan pada dasarnya adalahsatu kesatuan dengan sistem biologis, sebagai sub sistem dari keberadaan manusia, maka aspek psikis tidak jarang kali berinteraksi dengan borongan aspek kemanusiaan. Karena itulah aspek psikis tidak dapat diceraikan untuk menyaksikan jiwa manusia. Ada sejumlah aspek psikis yang turut dominan terhadap kesehatan mental, antara beda :


1. Pengalaman mula 

Pengalaman mula adalahsegenap pengalaman-pengalaman yang terjadi padapribadi terutama yang terjadi di masa lalunya. Pengalaman mula adalah bagian urgen dan bahkan paling menilai untuk kondisi mental pribadi di lantas hari.


2. Kebutuhan 

Pemenuhan keperluan dapat menambah kesehatan mental seseorang. Orang yang sudah mencapai keperluan aktualisasi yakni orang yang mengeksploitasi dan segenap keterampilan bakat, keterampilannya sepenuhnya, akan menjangkau tingkatan apa yang dinamakan dengan tingkatan empiris puncak. Dalam sekian banyak  penelitian ditemukan bahwa orang-orang yang merasakan gangguan mental, diakibatkan oleh ketidakmampuan pribadi memenuhi kebutuhan-kebutuhannya. Kebutuhan yang dimaksud di sini ialah kebutuhan dasar yang tersusun secara hirarki. Kebutuhan biologis, keperluan rasa aman, meliputi keperluan dicintai,keperluan harga diri, pengetahuan, keindahan dan keperluan aktualisasi diri.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Kesehatan Mental dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel