Pentingnya Menjaga Kesehatan Psikologi Ibu Hamil

Pentingnya Menjaga Kesehatan Psikologi Ibu Hamil

Kesehatan Psikologi Ibu Hamil

A. Kesehatan Psikologi Ibu Hamil

Kehamilan membawa campuran perasaan, dan tidak semuanya baik. Jika Anda merasa khawatir, Anda tidak sendirian. Kekhawatiran adalah umum, terutama selama kehamilan pertama wanita atau yang tidak direncanakan. Ini bisa menjadi lebih sulit jika Anda berurusan dengan depresi atau kecemasan. Untuk kesehatan dan bayi Anda, jagalah diri Anda sebaik mungkin. Pastikan untuk makan dengan baik, berolahraga, cukup tidur, dan minum vitamin sebelum melahirkan. Jika Anda merasa khawatir, sedih, atau gugup, bicarakan dengan seseorang tentang hal itu dan ketahui kapan harus mencari bantuan. Perubahan suasana hati adalah normal selama kehamilan. Tetapi jika Anda merasa gugup atau sedih sepanjang waktu, itu bisa menjadi tanda sesuatu yang lebih dalam terjadi. Stres karena hamil, perubahan dalam tubuh Anda selama kehamilan, dan kekhawatiran sehari-hari dapat membebani Anda.

Beberapa wanita hamil mungkin mengalami masalah kesehetan psikologi seperti:

1. Depresi 

Depresi  adalah kesedihan atau perasaan sedih atau kesal selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Beberapa wanita mungkin mengalami depresi sebelum hamil. Tapi itu juga bisa dimulai selama kehamilan karena sejumlah alasan misalnya, jika seorang wanita tidak senang hamil atau sedang menghadapi banyak stres di tempat kerja atau di rumah.

2. Kecemasan 

Kecemasan adalah perasaan khawatir atau takut akan hal-hal yang mungkin terjadi. Jika Anda terlalu khawatir, banyak hal yang bisa membuat Anda stres selama kehamilan. Anda mungkin khawatir bahwa Anda tidak akan menjadi ibu yang baik atau Anda tidak mampu membesarkan bayi.
3. Gangguan Bipolar (episode depresi berenergi rendah dan mania berenergi tinggi)
4. Gangguan stres pasca-trauma (PTSD)
5. Serangan panik (tiba-tiba, respons fisik yang intens dengan perasaan takut yang tidak dapat dijelaskan dan melumpuhkan)
6. Obsesif-kompulsif (OCD)
7. Gangguan makan (seperti bulimia atau anoreksia nervosa)

B. Mengatasi Psikologi Ibu Hamil


Penting untuk merawat masalah kesehatan mental selama kehamilan. Ibu yang mengalami depresi, cemas, atau memiliki masalah lain mungkin tidak mendapatkan perawatan medis yang mereka butuhkan. Mereka mungkin tidak merawat diri mereka sendiri, atau mereka mungkin menggunakan obat-obatan dan alkohol selama kehamilan. Semua hal ini dapat membahayakan bayi yang sedang tumbuh. Jika Anda merasa cemas atau tertekan, bicarakan dengan dokter, konselor, atau terapis, dan dapatkan bantuan segera. Semakin cepat perawatan dimulai, semakin cepat Anda akan merasa lebih baik. Juga bicarakan dengan dokter tentang kesehatan Anda secara keseluruhan dan masalah kesehatan mental yang pernah Anda alami di masa lalu. Yang terbaik bagi dokter Anda untuk mengetahui riwayat medis lengkap Anda, jika terjadi sesuatu selama atau setelah kehamilan Anda.

Perawatan untuk mengatasi masalah Psikologi Ibu Hamil dapat dilkakukan seperti berikut ini:

1. Konsumsi Obat

Selalu berbicara dengan dokter sebelum Anda mulai atau berhenti minum obat apa pun selama kehamilan Anda. Jika Anda menggunakan obat apa pun untuk masalah kesehatan mental dan sedang hamil atau berencana untuk hamil, beri tahu dokter Anda. Jangan berhenti meminumnya kecuali dokter Anda memberi tahu Anda. Beberapa obat dapat menyebabkan masalah bagi bayi yang sedang tumbuh, tetapi menghentikan obat Anda dapat memperburuk keadaan. Dokter Anda dapat membuat rencana perawatan yang terbaik untuk Anda dan bayi Anda.

2. Terapi bicara

Berbicara satu lawan satu dengan terapis dapat menjadi cara yang bagus untuk mengelola stres, mengatasi depresi, dan mengurangi kecemasan selama kehamilan. Menemukan grup pendukung di mana Anda dapat berbagi kekhawatiran Anda dengan ibu-ibu lain yang tahu apa yang Anda alami juga dapat membantu. Berbicara dengan pekerja sosial atau konselor dapat membantu Anda menangani masalah uang, kekhawatiran tentang membesarkan anak, atau tekanan lain dalam hidup Anda.

3. Terapi Psikologi

Banyak wanita menemukan kenyamanan dalam kegiatan seperti yoga, olahraga, dan meditasi. Jika Anda merasa stres atau kewalahan, berbicara dengan teman, anggota keluarga, atau pemimpin agama dapat membantu Anda merasa lebih baik. Banyak ibu merasa cemas atau tertekan pada suatu saat dalam kehamilan mereka, dan beberapa bahkan mungkin memerlukan perawatan untuk itu. Tetapi masalah kesehatan mental tidak harus menjadi masalah bagi Anda atau bayi Anda.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar