Skip to main content

Cara Mudah Mendapatkan NUPTK Bagi Guru PNS Maupun Non PNS

NUPTK

Cara Mudah Mendapatkan NUPTK 


Untuk mereka yang berkecimpung dalam bidang pendidikan yaitu guru baik PNS maupun guru Non PNS, merupakan hal yang sangat penting bagi mereka adalah memiliki Nomor Unik Pendidikan dan Tenaga Kependidikan  atau yang bisasa disebut NUPTK. Dengan memiliki NUPTK, seorang guru akan diakui keabsahannya secara formal sebagai pendidik dalam sebuah lembaga pendidikan baik suasta maupun Sekolah Negeri. Mengapa demikian? Karena NUPT merupakan salah satu syarat mutlak bagi guru dan tenaga kependidikan untuk memperoleh tunjangan dari pemerintah. Lalu bagaimana cara mendapatkan NUPTK?

Pada dasarnya, mendapatkan NUPTK tidaklah begitu sulit jika syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah sudah terpenuhi. Dengan sistem informasi data yang sudah online, memudahkan guru untuk mengurus NUPTK yang sangat mereka harapkan. Berikut ini merupakan cara mudah mendapatkan NUPTK baik bagi guru PNS maupun guru Non PNS.

1. Silahkan Lengkapi Syarat-syarat Pengajuan NUPTK


Melengkapi syarat-syarat pengajuan NUPTK merupakan langkah pertama yang mesti disiapkan untuk pengajuan NUPTK. Adapun syarat pengajuan NUPTK antara guru PNS dan NON-PNS atau honorer memiliki perbedaan. 
Sayarat pengajuan NUPTK bagi guru PNS yaitu sebagai berikut:

a.Ijazah
Ijazah yang harus disipkan untuk guru PNS yaitu ijazah SD sampai ijazah pendidikan terakhir. Misalnya pendidikan terkahir bagi guru PNS adalah S1, maka ijazah yang harus dipersiapkan adalah:
Ijazah SD
Ijjzah SMP
Ijazah SMA
Ijazah Strata Satu (S1).

b.KTP
Kartu Tanda Penduduk atau KTP salah satu syarat yang harus disipakan. KTP  merupakan identitas resmi dari pemerintah terkait data diri. Jika ada diantara guru yang KTPnya sudah tidak berlaku atau hilang, maka segeralah mengurus dikantor pencatatan sipil di daerah di mana anda berdomisili.

c.SK Pengangkatan
Syarat selanjutnya yang harus disiapkan adalah SK pengangkatan sebagai guru PNS. SK pengangkatan yang disiapkan harus yang asli, sebab hal itu merupakan bukti autentik terkait pengangkatan anda sebagai Pegawai Negeri Sipil.

d.SK Penugasan
Syarat terakhir yang harus anda siapkan untuk mengurus NUPTK adalah SK penugasan. Oleh karena itu, SK penugasan dari dinas terkait harus lengkap.
Apabila keempat syarat tersebut sudah terpenuhi, maka anda tidak perlu khawatir untuk mendapatkan Nomor Unik Kependidikan. Segera lakukan pengajuan NUPTK agar anda bisa menerima tunjangan dari pemerintah seperti serifikasi guru apabila sudah memenuhi persyaratan.

Selanjutnya adalah mereka yang berstatus sebagai guru NON PNS. Memiliki NUPTK bagi guru NON PNS adalah mimpi yang begitu dinantikan. Sebab dengan adanya NUPT, mereka bisa lebih sejahtera dengan adanya beberapa tunjangan dari pemerintah.

Berikut ini merupkan Sayarat pengajuan NUPTK bagi guru NON PNS:

a. Ijazah
Sama halnya dengan guru PNS, guru NON PNS juga harus menyipakan ijazah mereka mulai dari Ijazah SD sampai ijazah pendidikan terakhir yang mereka tempuh. Syarat utamanya adalah pendidikan terakhir minimal S1. Dengan demikian, bagi anda guru NON PNS yang belum berijazah S1, segeralah melanjutkan pendidikan. Carilah kampus yang menyediakan waktu part time misalnya Universitas Terbuka dll.

b. KTP
Seperti yang disebutkan sebelunya bahwa KTP merupakan identitas resmi dari pemerintah terkait data diri anda. Oleh karena itu, memiliki KTP merupakan syarat mutlak yang harus disiapkan.

c. SK Gubernur/Walikota/Bupati/Yayasan
Bagi guru NON PNS perlu adanya SK penugasan dari Gubernur atau walikota maupun bupati. Jika anda adalah guru NON PNS yang bekerja pada sebuah yayasan maka SK Pengangkatan dan penugasan dari yayasan juga berlaku.

2. Buka website resmi Verval PTK


Setelah semua persyaratan tersebut di atas sudah anda siapkan. Silahkan mengunjungi  alamat resmi Verval PTK http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id.  Setelah anda membukanya, silahkan tuliskan username dan password anda. Yang perlu anda perhatikan adalah username maupun password yang anda tuliskan merupakan username dan password yang anda gunakan di dapodik yang dinyatakan sudah terdaftar di SDM Kemendikbud.


3. Lakukan pendaftaran sebagai penerima NUPTK baru


Setelah anda berhasil log in, silahkan cari menu NUPTK kemudian anda klik  calon penerima NUPTK. 
Anda akan melihat nama guru yang akan didaftarkan sebagai salah satu penerima NUPTK pada periode tahun ini.


4. Upload dokumen yang telah disiapkan


Langkah terakhir yang harus anda lakukan untuk untuk mendapatkan NUPTK adalah melakukan uploada data. Data yang harus anda upload yaitu data yang masuk dalam syarat pengajuan NUPTK. Silahkan cari menu  pilihan upload yang terdapat pada bagian kiri atas. Perlu anda perhatikan sebelum upload data yaitu format dan batas ukuran berkas yang ditentukan untuk menghindari kesahalan saat mengapload data anda.

Ketika semuanya telah selesai, Anda tinggal menanti verifikasi dari kabupaten atau kota. Jika verval kabupaten atau kota telah  memberikan persetujuan, peluang Anda memiliki NUPTK sudah di depan mata. Apabila NUPTK sudah berhasil anda dapatkan, anda sudah bisa mengurus tunjangan sertifikasi mengikuti Ujian Kompetensi Guru atau biasa disebut UKG serta masih banyak manfaat lain yang bisa anda dapatkan dengan memiliki NUPTK. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar