Postingan

Menampilkan postingan dari November 25, 2018

Kaidah Fiqh Asasi, Umum, dan Khusus

Gambar
A. Kaidah-kaidah Fiqh yang Asasi1. Meraih kemaslahatan dan menolak kemafsadatan Izzuddin bin Abdul as-Salam di dalam kitabnya Qawaidul al-Ahkam fi mushalih al-Anam mengatakan bahwa seluruh syari’ah itu adalah muslahat, baik dengan cara menolak mafsadat atau dengan meraih maslahat. Kerja manusia itu ada yang membawa kepada kemaslahatan, adapula ynag menyebabkan mafsadat. Seluruh maslahat itu diperintahkan oleh syari’ah dan seluruh yang mafsadat dilarang oleh syari’ah.

Kedudukan Kaidah Fiqh dan Manfaatnya

Gambar
A. Pengertian Kaidah FiqhAbdul Wahab Khallaf dalam ushul fiqhnya bertkata bahwa hash-nash tasyrik telah mensyariatkan hukum terhadap berbagai macam undang-undang, baik mengenai perdata, pidana, ekonomi dan undang-undang dasar telh sempurna dengan adanya nash-nash yang menetapkan prinsip-prinsip umum dan qanun-qanun tasyrik yang kulli yang tidak terbatas suatu cabang undang-undang.
Karena cakupan dari lapangan fiqh begitu luas, maka perlu adanya kristalisasi berupa kaidah-kaidah kulli yang berfungsi sebagai klasifikasi masalah-masalah furu’ menjadi beberapa kelompok. Dengan berpegang pada kaidah-kaidah fiqhiyah, para mujtahid merasa lebih mudah dalam mengistinbathkan hukum bagi suatu masalah, yakni dengan menggolongkan masalah yang serupa di bawah lingkup satu kaidah.
Selanjutnya Imam Abu Muhammad Izzuddin ibnu Abbas Salam menyimpulkan bahwa kaidah-kaidah fiqh adalah sebagai suatu jlan untuk mendapatkan suatu kemaslahatan dan menolak kerusakan serta bagaimana menyikapi kedua hal tersebut…

Pengertian dan Fungsi Manajemen Berbasis Sekolah

Gambar
A. Pengertian Manajemen Berbasis SekolahSebelum beralih ke diskusi ini, penulis terlebih dahulu menjelaskan pengertian manajemen sekolah untuk membantu kita memahami konsep manajemen berbasis sekolah secara keseluruhan dan baik. Kata manajemen berasal dari bahasa Inggris "Manajemen" yang berarti manajemen, tata kelola, manajemen, dalam Ensiklopedia Nasional Indonesia, kata ini didefinisikan sebagai proses perencanaan dan pengambilan keputusan, pengorganisasian, memimpin dan mengendalikan manusia, keuangan, fisik dan informasi sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi dengan cara atau proses yang efisien dan efektif dimana pelaksanaan tujuan tertentu diadakan dan diawasi. 

Manajemen juga berarti keterampilan dan kemampuan untuk mendapatkan hasil melalui kegiatan dengan orang lain untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Kata berbasis adalah kata dasar dari kata dasar yang berarti basis, basis atau basis. Sementara sekolah adalah salah satu lembaga manusia yang paling penting …