thumbnail

Pengertian dan Karakteristik Ruh

Pengertian dan Karakteristik Ruh

A. Pengertian Ruh

Kata al-ruh dan semua kata yang memiliki kata asal terdiri dari huruf ra, wawu, ha; mempunyai makna asas yang besar, luas dan asli. Maknanya menunjukkan bahawa al-ruh adalah sesuatu yang hebat, hebat dan mulia, baik dalam nilai dan kedudukan manusia.  Hal ini dejelaskan oleh Ibn Zakariya (hlm.395 H / 1004 M).

Makna al-Ruh adalah al-Nafs (jiwa manusia) hal ini disebutkan oleh Al-Raqib al-Asfahaniy (d.503 H / 1108 CE). Dalam artian bahwa dimensi ruh terkait dengan  beberapa aspek atau dimensi jiwa manusia. 
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 7/14/2018
thumbnail

Pengertian dan Penyebab Krisis Pendidikan Islam


Pengertian dan Penyebab Krisis Pendidikan Islam

A. Pengertian Krisis Pendidikan Islam

Kaitan antara pendidikan & masyarakat sangat dekat, sehingga dalam proses pembangunan mempengaruhi satu sama lain. Masyarakat memobilisasi semua komponen kehidupan manusia, yang terdiri dari sektor sosial, ekonomi, budaya, ilmu pengetahuan & teknologi, politik & agama. Masing-masing sektor ini bergerak & berevolusi satu sama lain dalam arah yang telah ditentukan.

Ketika pergerakan setiap sektor berada dalam pola yang harmonis & harmonis, komunitas bergerak & berkembang secara harmonis. Namun, jika salah satu dari beberapa sektor mengalami ketidakharmonisan. Kemudian sektor lain akan terpengaruh. Dari sinilah awal krisis kehidupan komunitas menghantam sekolah.
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 7/13/2018
thumbnail

Pengertian dan Manfaat Multimedia dalam Pendidikan


Pengertian dan Manfaat Multimedia dalam Pendidikan

A. Pengertian Multimedia dalam Pendidikan

Pengertian multimedia dalam pendidikan mencakup beberapa aspek sinergi, antara teks, grafik, gambar statis, animasi, film & suara. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan multimedia dalam belajar mendukung keefektifan & efisiensi proses pembelajaran. Studi ini, antara lain, dilakukan oleh Francis M. Dwyer. Hasil penelitian, antara lain, mengatakan bahwa setelah lebih dari tiga hari secara umum, orang dapat mengingat pesan yang dikirim melalui 10%, audio 10%, 30% visual & ketika ditambahkan dengan melakukan, itu akan mencapai 80%. Berdasarkan hasil penelitian ini, multimedia interaktif (user doing) dapat dikatakan sebagai media yang memiliki potensi besar dalam membantu proses pembelajaran.
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 7/12/2018
thumbnail

Pengertian dan Periode Sejarah Peradaban Islam


Pengertian dan Periode Sejarah Peradaban Islam

A. Pengertian Sejarah

Arti "sejarah" etimologi dapat ditelusuri kembali ke asal-usul sejarah yang sering dikatakan berasal dari bahasa Arab sjjarah, yang berarti "pohon". Dalam bahasa asing lainnya, perbedaan sejarah disebut histore (Perancis), Geschite (Jerman), histoire atau geschiedenis (Belanda), & sejarah (bahasa Inggris). Sejarah kata itu sendiri lebih populer untuk menyebut sejarah dalam sains sebenarnya berasal dari bahasa Yunani (istoria) yang berarti pengetahuan tentang alam, khususnya manusia kronologis. Sementara itu, pengetahuan serupa tidak disebut secara kronologis dengan sains atau sains. Berdasarkan pemahaman ini dapat dikatakan di sini bahwa terbatas bahwa sejarah hanya berkaitan dengan kegiatan manusia yang berkaitan dengan peristiwa tertentu (unik) yang disusun secara kronologis.
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 7/12/2018
thumbnail

Pengertian, Tujuan, dan Fungsi Komunikasi Bisnis


Pengertian, Tujuan, dan Fungsi Komunikasi Bisnis

A. Pengertian Komunikasi Bisnis

Komunikasi Bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai jenis & bentuk komunikasi untuk mencapai tujuan bisnis. Pada dasarnya ada dua jenis komunikasi yang umum digunakan dalam dunia bisnis, yaitu komunikasi lisan & komunikasi nonverbal.

Di dunia bisnis, reputasi & kredibilitas harus dibangun sehingga pelanggan merasa nyaman untuk memercayai Anda. Khususnya dalam hubungan bisnis jangka panjang dengan karyawan & pelanggan, yang memiliki kepekaan profesional akan membawa banyak nilai positif. Inilah kebutuhan untuk memainkan peran komunikasi bisnis. Keberhasilan bisnis bergantung pada efektivitas komunikasi. Komunikasi yang lebih efektif, semakin positif nilainya. Efektivitas komunikasi sebenarnya diukur dari sejauh mana ia menghasilkan tindakan dari pemirsa & pembaca.
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 7/11/2018
thumbnail

Periode Perkembangan Kaidah Fiqh

Periode Perkembangan Kaidah Fiqh

A. Periode Perkembangan Kaidah Fiqh

Periode perkembangan dan penyusunan Kaidah Fiqh diklarifikasikan menjadi 3 fase, yaitu :

1. Periode pertumbuhan dan pembentukan

Masa pertumbuhan dan pembentukan berlangsung selama tiga abad lebih. Dari zaman kerasulan hingga abad ke-3 hijrah. Periode ini dari segi pase sejarahhukumi islam, dapat dibagi menjadi tiga zaman Nabi muhammad SAW, yang berlangsung selama 22 tahun lebih (610-632 H / 12 SH-10 H), dan zaman tabi’in serta tabi’ tabi’in yang berlangsung selama 250 tahun (724-974 M / 100-351 H). Tahun 351 H / 1974 M, dianggap sebagai zaman kejumudan, karena tidak ada lagi ulama pendiri maazhab. Ulama pendiri mazhab terakhir adalah Ibn Jarir al-Thabari (310 H / 734 M), yang mendirikan mazhab jaririyah. Dengan demikian, ketika fiqh telah mencapai puncak kejayaan, kaidah fiqh baru dibentuk dab ditumbuhkan. Ciri-ciri kaidah fiqh yuang dominan adalah Jawami al-Kalim (kalimat ringkas tapi cakupan maknnya sangat luas). Atas dasar ciri dominan tersebut, ulama menetapkan bahwa hadits yang mempunyai ciri-ciri tersebut dapat dijadikan kaidah fiqh. Oleh karena itulah periodesasi sejarah kaidah fiqih dimulai sejak zaman Nabi Muhammad SAW. 
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 7/10/2018
thumbnail

Pengertian dan Klasifikasi Kaidah Fiqh

Pengertian Kaidah Fiqh dan Pembagiannya

A. Pengertian Kaidah Fiqh

Sebagai studi ilmu agama pada umumnya, kajian ilmu tentang kaidah-kaidah fiqh diawali dengan definisi. Defenisi ilmu tertentu diawali dengan pendekatan kebahasaan. Dalam studi ilmu kaidah fiqh, kit  mendapat dua term yang perlu dijelaskan, yaitu kaidah & fiqh. Qawaid merupakan bentuk jamak dari qaidah, yang kemudian dalam bahasa indonesia disebut dengan istilah kaidah yang berarti aturan atau patokan. Ahmad warson menembahkan bahwa, kaidah bisa berarti al-asas (dasar atau pondasi), al-Qanun (peraturan & kaidah dasar), al-Mabda’ (prinsip), & al-nasaq (metode atau cara). Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surat An-Nahl ayat 26 :
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 7/10/2018
thumbnail

Pengertian dan Klasifikasi Hukum Taklifi

Pengertian dan Klasifikasi Hukum Taklifi

A. Pengertian Hukum Taklifi 

Secara garis besar para ulama’ ushul fiqh membagi hukum syara’ pada dua macam, yaitu Hukum Taklifi dan Hukum Wadh’i. Hukum Taklifi menurut para ahli Ushul Fiqh adalah, ketentuan-ketentuan Allah yang berhubungan langsung dengan perbuatan orang mukallaf, baik perintah, anjuran untuk melakukan, larangan, anjuran untuk tidak melakukan, atau dalam bentuk member kebebasan memilih untuk berbuat atau tidak berbuat . 
Hukum Taklifi adalah firman Allah yang menuntut manusia untuk melakukan atau meninggalkan sesuatu atau memilih antara berbuat dan  meninggalkan . Hal senada juga diungkapkan oleh Chaerul Uman dkk, bahwa hukum Taklifi adalah khitab/ firman Allah yang berhubungan dengan segala perbuatan para mukallaf, baik atas dasar iqtidha’ atau atas dasar takhyir . 
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 7/10/2018
thumbnail

Biografi dan Konsep Pemikiran Tsabit bin Qurrah

Biografi dan Konsep Pemikiran Tsabit bin Qurrah

A. Biografi Tsabit bin Qurrah

Tsabit bin Qurrah lahir pada tahun 833 di Haran, Mesopotamia yang berasal dari keluarga Ash-Shaibah. Ia dikenal sebagai ahli geometri terbesar pada masa itu. Tsabit merupakan salah satu penerus karya al-Khawarizmi. 

Beberapa karyanya diterjemahkan dalam bahasa Arab dan Latin, khususnya karya tentang Kerucut Apollonius. Tsabit juga pernah menerjemahkan sejumlah karya ilmuwan Yunani, seperti Euclides, Archimedes, dan Ptolomeus.

Karya orisinal Archimedes yang diterjemahkannya berupa manuskrip berbahasa Arab, yang ditemukan di Kairo. Setelah diterjemahkan, karya tersebut kemudian diterbitkan di Eropa. Pada tahun 1929, karya tersebut diterjemahkan lagi dalam bahasa Jerman. Adapun karya Euclides yang diterjemahkannya berjudul On the Promises of Euclid; on the Propositions of Euclid dan sebuah buku tentang sejumlah dalil dan pertanyaan yang muncul jika dua buah garis lurus dipotong oleh garis ketiga. Hal tersebut merupakan salah satu bukti dari pernyataan Euclides yang terkenal di dunia ilmu pengetahuan. Selain itu, Tsabit juga pernah menerjemahkan sebuah buku geometri yang berjudul Introduction to the Book of Euclid.
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 7/10/2018
thumbnail

Perkembangan Ilmu Pengetahuan Pada Masa Pemerintahan Bani Abbasiyah

Perkembangan Ilmu Pengetahuan Pada Masa Pemerintahan Bani Abbasiyah

A. Sekilas Tentang Perkembangan Ilmu Pengetahuan Pada Masa Dinasti Abbasiyah

Ummat islam sesungguhnya banyak dipacu buat dapat menyebarkan & memberikan motivasi, melakukan inovasi dan kreativitas dalam upaya membawa buat membawa ummat pada tuhan & kesempurnaan hayati. Dari bepergian & rentang sejarah, ternyata bani abbasyiah lebih banyak berbuat ketimbang bani umayyah
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 7/10/2018
thumbnail

History Of Indonesian Independence Proclamation

History Of Indonesian Independence Proclamation

A. History Of Indonesian Independence Proclamation

History Proclamation of Indonesian Independence August 17, 1945 Complete .. On August 17, 1945 is a special date for the Indonesian people, because on that date the Republic of Indonesia began to stand, the Republic of Indonesia began echoed the proclaimer of independence by Sukarno and Hatta M. Before Indonesia declared its independence on August 17, 1945, many of the events behind the occurrence of the greatest events in the history of Indonesia. For those of you who do not know about the history of the proclamation of independence of Indonesia August 17, 1945, following full review.
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 7/10/2018
thumbnail

Understanding Child Psychology

Understanding Child Psychology

Understanding Child Psychology
Child Psychology. Talking about the child's problems will not be exhausted her, sometimes makes parents menjdi confusion and panic. Wisest step is to understand any psychological indicated in children. According to experts Developmental Psychology, Erikson emphasized on eight stages dilali children from an early age to adulthood.
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 7/10/2018
thumbnail

Biografi dan Konsep Pemikiran Syekh Yusuf Al-Makassari

Biografi dan Konsep Pemikiran Syekh Yusuf Al-Makassari

A. Biografi Syekh Yusuf Al-Makassari

Syekh Yusuf adalah putra asli Makassar, lahir di Kerajaan Gowa pada tahun 1626 M. Dari asal usulnya, beliau merupakan keturunan bangsawan di kalangan suku bangsa Makassar dan memiliki pertalian kerabat dengan raja-raja Banten, Gowa dan Bone. Dalam sumber lain disebutkan bahwa Syekh Yusuf lahir pada tahun 1626 di Gowa, Sulawesi Selatan. Ayahnya, Abdullah, tidak luhur, tetapi ibunya, Aminah, keluarga Sultan Ala al-Din. Ia dididik menurut tradisi Islam, mengajar bahasa Arab, fikih, tauhid. Pada usia 15 ia belajar di Cikoang pada seorang Sufi, sarjana Sufi, mistisisme, guru agama, dan orang yang sekarat. Saya tahu dari sejarawan Belanda, Van Leur, bagaimana Islam dibawa ke Indonesia pada awalnya oleh para pedagang Islam yang juga Sufi. Kembali dari Cikoang Syeikh Yusuf menikah dengan seorang putri Sultan Gowa, lalu pada usia 18 tahun dia naik haji ke Mekah sekalian memperdalam studi tentang Islam.
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 7/08/2018
thumbnail

Pengertian, Fungsi dan Tujuan Filsafat

Pengertian, Fungsi dan Tujuan Filsafat

A. Pengertian Filsafat 

1. Pengertian Filsafat Secara Umum

Kata filsafat atau filsafat dalam bahasa Indonesia adalah kata penyerapan dari bahasa Arab فلسة, yang juga diambil dari bahasa Yunani; philosophia Dalam bahasa ini, kata adalah kata majemuk dan berasal dari kata-kata (philia = persahabatan, cinta dll) dan (sophia = "kebijaksanaan"). Karena itu arti harfiahnya adalah "pecinta kebijaksanaan" atau "sains". Filosofi kata yang diambil dari bahasa Belanda juga dikenal di Indonesia. Bentuk terakhir ini lebih seperti aslinya. Dalam bahasa Indonesia seseorang yang memperdalam bidang filsafat disebut "filsuf".
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 7/08/2018