Postingan

Menampilkan postingan dari Maret 18, 2018

Teori dan Tahap Pembentukan Karakter

Gambar
A. Teori Pembentukan KarakterSebenarnya ada banyak teori tentang pembentukan karakter yang bisa dipelajari, salah satunya adalah teori kode warna manusia yang dicetuskan oleh Taylor Hartman yang membagi manusia berdasarkan motif dasarnya. Namun Stephen Covey melalui bukunya “Kebiasaan Manusia Yang Sangat Efektif” menyimpulkan bahwa sebenarnya ada tiga teori utama yang mendasarinya, yaitu :
1. Determinisme Genetis Pada dasarnya, mengatakan bahwa kakek nenek andalah yang berbuat begitu kepada anda, itulah sebabnya anda memiliki tabiat seperti ini. Kakek nenek anda mudah marah dan itu ada pada DNA anda. Sifat ini diteruskan dari generasi ke generasi berikutnya dan anda mewarisinya.
2. Determinisme Psikis Teori ini mengatakan bahwa, pada dasarnya orangtua andalah yang berbuat begitu kepada anda. Pengasuhan anda, pengalaman masa anak-anak anda pada dasarnya membentuk kecenderungan pribadi dan susunan karakter anda. Itulah sebabnya anda takut berdiri di depan banyak orang. Begitulah cara orangt…

Ciri-Ciri Manusia Berakhlak Menurut Al-Qur'an

Gambar
A. Ciri-ciri Manusia Berakhlak Menurut Al-Qur'anCiri-ciri manusia berakhlak (husn al-khulug) adalah tertanamnya iman dalam hati dan teraplikasikannya takwa dalam perilaku. Sebaliknya, manusia yang tidak berakhlak (su’al-khulug) adalah manusia yang ada nifaq (kemunafikan) di dalam hatinya. Nifak adalah sikap mendua terhadap allah. Tidak ada kesesuain antara hati dan perbuatan.
Taat akan perintah Allah dan tidak mengikuti keinginan hawa nafsu dapat menyilaukan hati. Sebaliknya, melakukan dosa dan maksiat dapat menghitamkan hati. Barang siapa melakukan dosa kemudian menghapusnya dengan kebaikan tidak akan gelap hatinya, hanya saja cahaya itu berkurang.
Ahli tasawuf mengemukakan bahwa indikator manusia berakhlak, antara lain adalah memiliki budaya malu dalam interaksi dengan sesamanya, tidak menyakiti orang lain, banyak kebaikannya, benar dan jujur dalam ucapannya, tidak banyak bicara tapi banyak berbuat, penyabar, tenang hatinya selalu bersama allah, bijaksana, hati-hati dalam bertinda…

Pengertian Etika, Moral dan Akhlak

Gambar
Pengertian Etika, Moral, dan AkhlakSecara substansial etika, moral, dan akhlak memang sama, yakni ajaran tentang kebaikan dan keburukan, menyangkut perikehidupan manusia dalam hubungannya dengan Tuhan, sesama manusia dan alam dalam arti luas. Yang membedakan satu dengan yang lainnya adalah ikuran kebaikan dan keburukan itu sendiri.
1. Pengertian Etika Etika berasal dari bahasa Yunani Kuno, yang terdiri dari kata  “ethikos“, berarti “timbul dari kebiasaan” adalah segala sesuatu dimana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab.
Dengan demikian Etika adalah ajaran yang berbicara tentang baik dan buruk dan yang menjadi ukuran baik dan buruknya adalah akal karena memang etika adalah bagian dari filsafat.
Etika dimulai bila manusia merefleksikan unsur-unsur etis dalam pendapat-pendapat spontan kita. Kebutuhan a…

Pengertian dan Klasifikasi Hadis Dhai'if

Gambar
A. Pengertian Hadis Dha’ifDha’if menurut bahasa adalah lawan dari kuat. Dha’if ada dua macam, yaitu lahiriyah dan maknawiyah. Sedangkan yang dimaksud disini adalah dha’if maknawiyah. Hadis dhaif menurut istilah adalah “hadis yang didalamnya tidak didapati syarat hadis shahih dan tidak pula didapati syarat hadis hasan.” Diantara para ulama terdapat perbedaan rumusan dalam mendefinisikan hadis dhaif ini, akan tetapi pada dasarnya isi dan maksudnya sama.

Pengertian dan Pembagian Hadis Hasan

Gambar
A. Pengertian Hadis HasanHadis  hasan  ialah hadis yang sanadnya bersambung, oleh penukil yang ‘adil namun kurang ke-dhabit-annya (tidak terlalu kuat ingatannya)  serta terhindar dari Syaz dan illat. Perbedaan antara hadis Hasan dengan Shahih terletak pada dhabit yang sempurna untuk hadis shahih dan dhabit yang kurang untuk hadis hasan  Ibn Hajar sebagaimana dinukil Mahmud Thahhan dalam Musthalah Hadis mengemukakan bahwa khabar ahad yang diriwayatkan oleh perawi yang adil lagi sempurna
ke-dhabithan-nya, mutthashil tanpa syaz dan illat. Itulah yang disebut shahih li dzatihi. Bila kedhabithannya kurang maka itulah hadis hasan li dzatihi. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hadis hasan adalah hadis yang memenuhi syarat-syarat hadis shahih seluruhnya, hanya saja semua perawi atau sebagiannya,  kurang  ke-dhabitan-nya dibanding dengan perawi hadis shahih.
Berdasarkan pada pengertian-pengertian yang telah dikemukakan diatas, para ulama hadis merumuskan kriteria hadis hasan, kriterianya sama…

Pengertian Bank dan Jenis-Jenis Layannya Bank

Gambar
Bankdikenal sebagai lembaga keuangan yang kegiatan utamanya menerima deposito, tabungan, dan deposito berjangka. Kemudian bank juga dikenal sebagai tempat untuk bertukar uang, memindahkan uang atau menerima segala bentuk pembayaran dan setoran seperti pembayaran listrik, telepon, pajak air, uang sekolah dan pembayaran lainnya. Pengertian BankBank adalah lembaga keuangan yang melayani kepentingan publik dalam segala bentuk transaksi yang melibatkan kepentingan mereka yang menggunakan layanan bank, tanpa mengabaikan keuntungan bank secara langsung atau tidak langsung. Bank merupakan lembaga keuangan yang bertujuan untuk memberikan kredit baik dengan alat pembayaran mereka sendiri, dengan uang yang diperoleh dari orang lain atau melalui instrumen pembayaran baru dalam bentuk giro. Bank adalah lembaga keuangan yang berarti bahwa Bank adalah badan usaha yang kekayaannya terutama dalam bentuk aset keuangan dan dimotivasi oleh laba dan juga sosial sehingga tidak hanya mencari keuntungan. Dari be…

Pengertian dan Ketentuan Nasikh Wa Mansukh

Gambar
A. Pengertian Nasikh wa MansukhPara ilmuwan secara rinci arti etimologis dibatalkan ayat yang mengisyaratkan. Untuk pertama kalinya, dengan mengacu pada ayat-ayat "Allah menghapus apa yang menempatkan iblis dia dan Tuhan menguatkan ayat-ayat "(QS Al-Hajj: 52), interpretasi annasakh Al Izalah (menghapus) Dengan demikian, makna ini juga dikonfirmasi AZ-Zargani di Manahilul Irfan fi Al Quur'an dan Subhi Shalih Science di Mabahits Fi Ilmu Al-Quran Kedua,.. -Tabdil (pengganti) mengacu pada ayat: "ketika kita menempatkan item dalam ayat lain sebagai penggantinya, sementara Tuhan yang tahu apa yang berkurang (QS pada bee: 101). 
Kemudian arti pembatalan lain adalah cara Naql dikonfirmasi oleh al-Awsiy dengan mengacu pada makna ayat: "Ini (buku) kami diberitahu Anda benar Bahkan, kami telah mengirim Anda apa yang Anda lakukan record (Q.S. Al Jatsiyah: 29)..
Dalam tekstualitasal Quran, para ilmuwan juga memberi makna membatalkan suspensi berarti, seperti dalam firman Alla…

Pengertian dan Macam-macam Metode Pembelajaran

Gambar
A. Pengertian Metode PembelajaranMetode pembelajaran adalah suatu cara atau upaya yang dilakukan oleh para pendidik agar proses belajar-mengajar pada siswa tercapai sesuai dengan tujuan. Metode pembelajaran ini sangat penting di lakukan agar proses belajar mengajar tersebut nampak menyenangkan dan tidak membuat para siswa tersebut suntuk, dan juga para siswa tersebut dapat menangkap ilmu dari tenaga pendidik tersebut dengan mudah.
Berikut pengertian metode pembelajaran menurut para ahli: Menurut Nana Sudjana, metode pembelajaran adalah, “Metode pembelajaran ialah cara yang dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran”Menurut M. Sobri Sutikno menyatakan, “Metode pembelajaran adalah cara-cara menyajikan materi pelajaran yang dilakukan oleh pendidik agar terjadi proses pembelajaran pada diri siswa dalam upaya untuk mencapai tujuan.Menurt Gerlach dan Elly Metode pembelajaran dapat diartikan sebagai rencana yang sistematis untuk menyampaikan in…

3 Bacaan Zikir yang Paling Dicintai Allah Swt

Gambar
A. Zikir Dua BacaanBacaan zikir pertama yang dicintai oleh Allah SWT adalah dengan mengucapkan Subhanallahi wa bihamdihi.Sebagaimana disebutkan dalam al-Adzkar, Imam an-Nawawi mengutip hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. 
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda kepada Abu Dzarr al-Ghifari, “Maukah engkau kuberitahu bacaan yang paling dicintai Allah Ta’ala?”
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Sesungguhnya ucapan yang paling disukai Allah Ta’ala adalah  (Subhanallahi wa bihamdihi-Mahasuci Allah dan segala puji hanya bagi-Nya).”
Abu Umamah meriwayatkan, bahwa bacaan ini lebih agung dari emas yang diinfaqkan di jalan Allah Ta’ala. Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang ditakuti malam sehingga disusahkan, atau rasa bakhil untuk berinfaq, atau rasa takut kepada musuh,” lanjut Rasulullah, “hendaklah memperbanyak mengucapkan subhanallahi wa bihamdih.” Sebab, terangnya mengakhiri, “Hal itu lebih dicintai Allah Ta’ala dari gunung emas yang diinfaqkan di jalan-Nya…

Macam-Macam Perangkat Lunak Komputer

Gambar
A. Pengertian Perangkat Lunak Komputer Perangkat Lunak komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer yang berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah. B. Macam-macam Perangkat Lunak Komputer Adobe Photoshop: Untuk editing gambar / foto atau untuk mendesign website.CorelDraw: Untuk mendesign gambar.Picasa : Untuk editing foto.Macromedia Flash: Untuk membuat gambar animasi.Dreamweaver: Untuk membuat website/blog.Adobe Reader: Untuk membaca ebook digital berformat Pdf.Photoscape: Untuk pengeditan foto.Noiseware Profesional : Untuk membersihkan noise pada foto.Mozilla Firefox: Untuk browser internet.Google Crome : Untuk browser internet.Cool Edit Pro: Untuk ngedit lagu atau untuk memotong dan menggabungkan lagu.Eset Nod32: Software anti virus terbaik.Microsoft Office Word: Untuk pengetikan data.Mi…

Sarana dan Penghalang Ilmu Pengetahuan Menurut Konsep Islam

Gambar
A. Sarana Ilmu Pengetahuan Menurut Konsep IslamDalam teks-teks Islam Al-Qur'an dan Sunnah dijelaskan tentang sarana Ilmu  pengetahuan yaitu sebagai berikut:
1. Indra dan akal Allah swt. berfirman, "Dan Allah yang telah mengeluarkan kalian dari perut ibu kalian, sementara kalian tidak mengetahui sesuatu pun, dan (lalu) Ia meciptakan untuk kalian pendengaran, penglihatan dan hati ( atau akal) agar kalian bersyukur ". (QS. al-Nahl: 78).

Pengertian, Nama-nama serta Permasalahan Ilmu Tauhid

Gambar
A. Pengertian Ilmu TauhidDitinjau dari sudut bahasa (etimologi) kata tauhid adalah merupakan bentuk kata mashdar dari asal kata kerja lampau yaitu: wahhada, yuwahhidu, wahdah yang memiliki arti mengesakan atau menunggalkan. Kemudian ditegaskan oleh ibnukhaldun dalam kitabnya Muqaddimah bahwa kata tauhid mengandung makna ke Esaan tuhan. bahwa tauhid mengandung makna meyakinkan (mengi’tikadkan ) bahwa allah adalah ‘’satu’’ tidak ada serikat bagi-Nya. Dari sudut istilah (terminologi) Telah dipahami bersama bahwa setiap cabang ilmu pengetahuan itu telah mempunyai obyek dan tujuan tertentu. Karena itu setiap cabang ilmu pengetahuan juga masing-masing mempunyai batasan-batasan tertentu pula. Demi batasan-batasan tersebut pengaruhnya adalah sangat besar bagi para ilmuan dan cendekiawan dalam membahas,mengkaji,dan menelaah obyek garapan dari satu cabang ilmu pengetahuan.
Demikian juga halnya pada kajian ilmu tauhid yang telah dita’rifkan  oleh para ahli sebagai berikut:
Syekh Muhammad Abdullah …