Postingan

Menampilkan postingan dari Januari 7, 2018

Sejarah Singkat Nabi Ya'qub Berdasarkan Al-Qur'an

Gambar
Allah telah menyampaikan kepada Nabi Ibrahim A.S. berita gembira tentang kelahiran Nabi yang elit iaitu Ishaq dan Ya'qub. Allah telah berfirman yang bermaksud:
"Maka ketika Ibrahim sudah Ibrahim sudah menjauhkan diri daripada mereka dan dari apa yang mereka sembah selain Allah, Kami anugerahkan kepadanya Ishaq dan Ya'qub Dan masing-masingnya Kami angkat menjadi nabi. Dan Kami anugerahkan kepada mereka sebahagian dari rahmat Kami dan Kami jadikan mereka buah tutur yang baik lagi tinggi" (Maryam, 19: 49-50) A. Kelahiran Nabi Ya'qubNabi Ya'qub ialah anak lelaki Nabi Ishaq dengan isterinya Rebecca. Baginda dilahirkan di Palestin. Baginda hidup bersama bapanya dan datuknya. Baginda beriman sepenuhnya dengan Tuhan yang satu. Dia memimpin pengikutnya untuk berbuat kebaikan dan menjauhi kejahatan. Baginda menasihati mereka untuk sentiasa bersolat dan memberi sedekah. Baginda juga adalah seorang yang bijaksana. Allah telah mencurahkan rahmat-Nya kepada baginda dan kaum …

Sejarah Singkat Nabi Yunus Berdasarkan Al-Qur'an

Gambar
A. Nabi Yunus Diangkat Menjadi NabiNabi Yunus A.S. juga dikenali dengan dua nama panggilan yang lain iaitu "Dhun-Nun" (Raja Ikan) dan "Sahibil-Hot" (Sahabat Ikan). Dalam al-Quran ada menyebutkan yang bermaksud:
"Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahawa Kami tidak akan menyempitkan (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: "Bahawa tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Engkau. Maha suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim."" (Al-Anbiyaa', 21: 87)

Tokoh-Tokoh Mu'tazilah dan Pemikirannya

Gambar
A. Tokoh-tokoh Mu'tazilah dan PemikirannyaTokoh utama Mu’tazilah atau pendiri Mu’tazilah ada dua orang yakni Washil bin Atha dan Amru bin Ubaid. Dari dua orang tokoh ini, muncullah sederetan ulama dan tokoh yang meneruskan 1. Washil bin Atha (81-131 H/699-748 M) Ia adalah pendiri dan pemuka pertama aliran Mu,tazilah. Dalam bahasa al-Mas’udi sebagaimana dikutip Harun Nasution – ia adalah Syaikh al-Mu’tazilah waqadimuha yaitu kepala dan Mu’tazilah yang tertua. Ia lahir di tahun 81 H. di Madinah dan meninggal tahun 131 H. Ajaran-ajaran yang dibawanya adalah paham al-manzila-bayn al-manzilatayn (posisi di antara dua posisi bagi pembuat dosa besar), paham Qadariyyah dan paham peniadaan sifat-sifat Tuhan.
Paham al-Mu'tazilah bayn al-Manziltayn dalam arti posisi menengah. Menurut ajaran ini orang yang berdosa besar bukan kafir bukan pula mukmin, tetapi fasiq yang menduduki posisi di antara posisi mukmin dan posisi kafir. Menurut Washil, kata mu’min merupakan sifat baik dan pujian yang t…

Sejarah Singkat Nabi Ishaq Dalam Al-Qur'an

Gambar
Nabi Ishaq adalah anak dari isteri pertama Ibrahim, Sarah. Ketika mengandung, Sarah sudah sangat lanjut usia. Saat itu ia diperkirakan telah berusia 90 tahun. Karenanya ia sangat heran, bagaimana mungkin dalam usia selanjut itu masih hamil. 
Berita tersebut sekaligus menjadi pelipur lara Ibrahim yang baru mendengar kabar sedih tentang perilaku orang-orang Sodom dan Amurah pada Luth.
Ternyata Ishak lahir dengan sehat. Tak banyak terkisahkan riwayat hidup Ishak ini. Yang pasti ia banyak menemani ayahnya untuk berdakwah di daerah Kana'an dan Sam -Palestina. Ia kemudian menikahi Rifqah, cucu saudara Ibrahim bernama Nahur. 
Dari penikahannya itu, mereka dikarunia dua anak yakni Ishu dan Ya'kub. Ya'kub kemudian menjadi rasul pula. Orang-orang Yahudi sekarang adalah keturunan Ya'kub. Mereka menyebut nama kakek moyangnya tersebut "Israel" -nama yang kini diabadikan sebagai nama negara oleh orang-orang Yahudi

Sejarah Singkat Nabi Zakaria Dalam Al-Qur'an

Gambar
Nabi Zakaria adalah keturunan Sulaiman. Ia dan istrinya, Isya, membaktikan diri untuk menjaga Baitul Maqdis rumah ibadah peninggalan Sulaiman di Yerusalem. Ia terus menyeru kaum kerabatnya, orang-orang Yahudi, yang telah meninggalkan ajaran para nabi terdahulu untuk kembali ke ajaran yang benar. Namun ajakannya tak banyak diikuti kaumnya sampai Zakaria berusia lanjut.
Hingga saat itu, Zakaria belum punya anak yang sangat ia dambakan. Ia kemudian mengangkat Maryam, anak seorang salih bernama Imran. Imran adalah kakak Isya, dengan demikian Maryam juga keponakan istri Zakaria. Imran dibunuh oleh orang Yahudi lainnya. Maryam yang masih bocah pun diperebutkan banyak keluarga untuk dipungut sebagai anak. Zakaria berhasil mendapatkan Maryam setelah memenangkan undian.

Sejarah Singkat Nabi Ismail Berdasarkan Al-Qur'an

Gambar
A. Kelahiran Nabi IsmailNabi Ibrahim merupakan putera pertama nabi Ibrahim. Bonda baginda ialah Siti Hajar yang merupakan isteri kedua nabi Ibrahim. Siti Hajar merupakan seorang wanita yang setia. Beliau berkahwin dengan nabi Ibrahim dengan keizinan isteri pertama baginda, Siti Sara. Nabi Ismail dilahirkan ke dunia hasil doa nabi Ibrahim yang begitu inginkan zuriat.

Pengertian dan Klasifikasi Molekul Biokimia

Gambar
A. Pengertian Molekul BiokimiaSaat ini penemuan-penemuan biokimia digunakan dalam berbagai bidang, mulai dari genetika hingga biologi molecular dan dari pertanian hingga kedokteran. Penerapan biokimia yang pertama kali barangkali adalah dalam pembuatan roti menggunakan khamir, sekitar 4000 tahun yang lalu. Ada 4 kelas molekul utama biokimia yaitu: lipid, karbohidrat, protein dan asam nukleat.
Biokimia adalah kimia makhluk hidup. Biokimia merupakan ilmu yang mempelajari struktur dan fungsi komponen selular, seperti protein, karbohidrat, lipid, asam nukleat, dan biomolekul lainnya. Saat ini biokimia lebih terfokus secara khusus pada kimia reaksi termediasi enzim dan sifat-sifat protein. B. Klasifikasi Molekul Biokimiaa. Biologi ProteinMenurut Lehninger (1990) protein dengan deret asam-asam amino tertentu memungkinkan molekul ini menjalankan berbagai fungsi tertentu. Secara garis besar berdasar fungsi biologinya protein dibagi menjadi beberapa golongan. 
1. Enzim Protein yang mempunyai kekhu…

Goresan Pena AZ "Puisi Jiwa"

Gambar
Puisi Jiwa
Suara gaduh perlahan diam membisu tanpa suara
Batas kota kini tertidur pulas dengan desis napas kesepian
Kemilau Bintang hiasi senyapnya malam
Barisan awan ciptakan redup cahaya rembulan
Tarian dedaunan semakin lunglai oleh hembusan sepoinya angin laut
Satu demi satu cahaya lampu berhenti menatapku
Kini aku tak tau harus menatap dan melangkah kemana

Pengertian dan Konsep Toleransi Dalam Islam

Gambar
A. Pengertian ToleransiToleransi berasal dari bahasa Latin yaitu  "tolerare" artinya menahan diri, bersikap sabar, membiarkan orang berpendapat lain, dan berhati lapang terhadap orang-orang yang memiliki pendapat berbeda. Sikap toleran tidak berarti membenarkan pandangan yang dibiarkan itu, tetapi mengakui kebebasan serta hak-hak asasi para penganutnya.
Dengan demikian, konsep toleransi yaitu  suatu sikap atau perilaku manusia yang tidak menyimpang dari aturan, di mana seseorang menghargai atau menghormati setiap tindakan yang orang lain lakukan. Sikap toleransi sangat perlu dikembangkan karena manusai adalah makhluk sosial dan akan menciptakan adanya kerukunan hidup. B. Konsep Toleransi dalam IslamIslam mengajarkan kita toleransi dengan membiarkan ibadah dan perayaan non muslim, bukan turut memeriahkan atau mengucapkan selamat. Karena Islam mengajarkan prinsip,
لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ
“Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku”. (QS. Al Kafirun: 6).
Prinsip  di atas disebut…