Home » » Pengertian dan Jenis-jenis Gadget Serta Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Anak

Pengertian dan Jenis-jenis Gadget Serta Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Anak

Pengertian dan Jenis-jenis Gadget Serta Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Anak

A. Pengertian Gadget

Secara estimologi, gadget adalah sebuah istilah dalam bahasa Inggris yang berarti perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Tetapi dari penjelasan diatas akan membuat kita lebih bertanya, “Apa perbedaan gadget dengan perangkat elektronik lainnya?”. Yang paling mencolok dari perbedaan tersebut adalah unsur “pembaharuan”. Simple-nya. gadget adalah alat elektronik yang memiliki pembaharuan dari hari ke hari sehingga membuat hidup manusia lebih praktis.Gadget adalah suatu perangkat yang memiliki fungsi lebih spesifik, bersifat praktis dan dirancang dengan teknologi canggih.

B. Jenis-jenis Gadget

1. Handphone
Handphone atau ponsel atau yang sering di dengar telinga kita HP. Gadget yang ini adalah gadget yang sangat populer di kalangam kita, lansia saja masih menggunakan HP apa lagi kalangan anak muda. Handphone adalah sebuah barang elektronik yang berfungsi sebagai alat komunikasi atau bisa di sebut perangkat telekomunikasi dasar. Selain sebagai Alt telekomunikasi dasar, handphone juga mempunyai banyak fungsi di dalamnya.

2. Laptop
Laptop adalah sebuah komputer yang bisa di bawa ke mana saja sesuai keinginan kita. Laptop merupakan hasil modifikasi sebuah komputer PC, bentuk dan berbagai Merck sudah di milik oleh gadget yang satu ini. Bentuk yang ringan dan mempunyai banyak fungsi membuat orang tergiur membelinya, beban yang dimiliki oleh laptop sesuai dengan bahan, spesifikasi dan juga ukurannya, kurang lebih ukurannya sekitar 1 – 6 kg.

3. Pemutar media player atau MP3 / MP4
Pemutar media adalah sebuah barang elektronik yang sudah umum di hidup kita, yang mempunyai fungsi untuk memutar musik atau video. Umumnya media player ini kita sebut dengan MP3 ataupun MP4.

4. Camera digital
Camera digital adalah alat yang bisa untuk memotret sebuah objek yang kita inginkan. Cara kerja camera digital adalah setelah kita memotret objek maka selanjutnya pembiasan yang di lakukan oleh lensa dan di lanjutkan ke sensor CCD.

5. Tablet PC
Tablet PC sama seperti laptop, yaitu hasil modifikasi sebuah komputer PC. Namun tablrt PC ini lebih ringan dan lebih keren di banding dengan laptop. Tablet PC adalah komputer portable dan banyak sekali kegunaan yang di miliki oleh tablet PC.

C. Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Anak

Anak yang sudah terbiasa menggunakan gadget dia akan cenderung lebih diam, dalam artian dia diam bukan karena memang sifatnya yang pendiam. Akan tetapi dia lebih asyik dengan dunianya sendiri dengan gadget yang digunakannya. Selain itu ada beberapa dampak negatif yang juga di sebabkan penggunaan gadget pada anak-anak, diantaranya mereka jadi malas berfikir dalam berbagai hal dan berkurangnya kreatifitasnya juga bisa menyebabkan kerusakan mata dini karena matanya terus-menerus melihat layar gadget mereka. 

Kecanduan akan gadget dapat membuat anak menjadi lebih agresif dan sulit dikendalikan. Orang tua menjadi diabaikan ketika memerintah sesuatu pada anak karena anak hanya berfokus pada gadget. Penggunaan gadget juga akan berdampak pada pertumbuhan otak. Balita yang otaknya terlalu di ekspos dengan gadget cenderung mengalami penundaan kognitif, peningkatan impulsif dan penurunan kemampuan untuk mengatur diri sendiri. Perkembangan otak awal ditentukan oleh rangsangan alam dan lingkungan. Rangsangan yang berasal dari gadget akan berhubungan dengan fungsi eksekutif dan defisit perhatian, gangguan kognitif, kesulitan dalam belajar, peningkatan impulsif dan menurunkan kemampuan dalam mengendalikan diri.

Pengunaan gadget berlebihan juga akan berpengaruh terhadap kecerdasan anak. Jika anak ketergantungan dengan gadget, maka mereka akan sangat sulit menangkap pelajaran di sekolah. Karena apa yanga ada dipikiran mereka sebagian besar hanya tertuju pada gadget. Banyak yang beranggapan bahwa gadget adalah salah satu sarana edukasi yang efektif. Namun, para ahli berpendapat bahwa edukasi yang berasal dari gadget tidak bersifat tahan lama dan berkelanjutan dalam memori anak. Karena bagaimanapun juga, sumber edukasi yang baik untuk otak adalah alam dan lingkungan.
Terimakasih telah membca artikel berjudul Pengertian dan Jenis-jenis Gadget Serta Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Anak

Kumpulan Makalah
Kumpulan Makalah Updated at: 8/30/2018

0 komentar Pengertian dan Jenis-jenis Gadget Serta Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Anak

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak