Skip to main content

Multimedia Dalam Pembelajaran : Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya

Multimedia dalam pembelajaran merupakan hal yang sangat penting karena merupakan kesesuaian antara beberapa aspek seperti gambar, teks, animasi, statistik, dan suara. Dalam penerapannya, multimedia dalam pembelajaran sangat membantu terkait efesiensi dan efektifitas pelaksanann pembelajaran. Sebuah penelitian mengatakan bahwa secara umum setiap orang mengingat pesan suara dengan persentase 10 persen, melalui penglihatan 30 persen dan pengalan mancapai 80 persen. Sehingga dapat dikatan bahwa pengalaman siswa dalam proses pembelajaran merupakan aspek yang paling besar dalam memberikan pemahaman kepada siswa. Melalui penerapan multimedia memungkinkan siswa untuk melalui proses pembelajaran secara langsung melalui pengalaman.
Pada masa modern saat ini, dengan munculnya monitor komputer yang berkualitas tinggi, konsep multimedia dalam pembelajaran semakin sering terdengar diatara para pemerhati pendidikan. Hal yang paling menarik dari multimedia seperti kemampuan komputer untuk merekam suara dan vidio, menghasilkan berbagai macam grafik dan animasi serta hal yang lain yang merupakan integrasi dari multimedia.

Pengertian Multimedia Dalam Pembelajaran

Sebelum kita membahas pengertian multimedia dalam pembelajaran, terlebih dahulu harus dipahami apa itu multimedia. Multimedia adalah beberapa peralatan media yang berbeda yang terkumpul menjadi satu kesatuan yang dapat digunakan sebagai alat presentasi.
Sementara itu, Gayesky menjelasakan pengertian multimedia sebagai sistem komunikasi interaktif yang berbasis komputer yang memiliki kemampuan menyimpan, menyajikan, menciptakan, dan mengakses kembali informasi terkait teks, suara, grafik, vidio dan animasi.
Multimedia menurut Collin adalah gabungan dari beberapa sumber media yang mempersembahkan beberapa bentuk permainan dan aplikasi yang meliputi informasi, bentuk teks, suara, animasi, video, dan animasi.
Menurut Haffos, multimedia merupakan sistem komputer yang terdiri dari beberapa komponen yang memberikan kemudahan untuk menangkap gambar, video, fotografi, grafik dan animasi yang mengkombinasikan audio dan teks melalui program komputer. 
Dari beberapa penjelasan tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan pengertian multimedia dalam pembelajaran yaitu gabungan dari beberapa media dalam bentuk teks, audio, grafis, video dan animasi melalui program komputer yang diterapkan dalam pembelajaran.

Manfaat Multimedia dalam Pembelajaran

Menurut Hamalik, manfaat multimedia dalam proses pembelajaran yaitu sebagai cara konkret untuk mengurangi verbalisme, memperbesar minat siswa, serta menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.
Selain mengurangi intensitas pembicaraan atau verbalisme, manfaat multemidia yang lain yaitu mengurangi kebutuhan alat pembelajaran seperti papan tulis dan spidol dan juga melibatkan seluruh aspek modalitas belajar siswa.
Penggunaan multimedia dalam pembelajaran dapat memudahkan siswa dalam belajar serta waktu yang mereka gunakan akan lebih efektif dan efesien sehingga motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran akan meningkat. Selain itu, dengan penerapan multimedia, siswa akan mengenal teknologi sedini mungkin sehingga mereka tidak akan ketinggalan dalam mengikuti perkembangan arus teknologi.
Manfaat lain multimedia dalam pembelajaran yaitu dapat memaksa siswa untuk berinteraksi dengan materi pembelajaran baik secara fisik maupun mental. Kemampuan pemahaman siswa pastinya tergantung pada seberapa efektif instruksi dari guru untuk dapat mengarahkan siswa secara aktif mengikuti pelajaran yang disajikan. Sebagai contoh, penyajian materi tentang osiloskop, dengan menggunakan multimedia sebagai alat pembelajaran, siswa akan mensimulasikan secara langsung cara penggunaan osiloskop tentu akan berbeda jika materi yang sama disajikan hanya melalui buku.
Berikut beberapa manfaan menggunakan multimedia dalam pembelajaran berdasarkan beberapa penjelasan tersebut di atas yaitu:
1. Siswa dapat belajar sesuai dengan kemampuan dan keinginannya. 
2. Siswa belajar melalui panduan komputer yang beradaptasi dengan kemampuan siswa.
3. Siswa akan termotivasi untuk mengejar pengetahuan dan mendapatkan umpan balik instan.
4. Penilaian siswa bersifat obektif.
5. Privasi siswa terlindungi sehingga ketika melakukan kesalahan tidak perlu malu.
6. Belajar ketika dibutuhkan.
7. Belajar kapan saja mereka inginkan tanpa terikat oleh waktu yang.

Fungsi Multimedia dalam Pembelajaran

Multimedia juga dapat digunakan untuk mengembangkan pembelajaran berbasis komputer dimana komputer dapat dijadikan sebagai sumber berbagai informasi. Dengan penggabungan audio, video, dan fisual grafis, siswa akan mampu menemukan cara belajar mereka sendiri sebab pada pembelajaran berbasis komputer, siswa mendalami materi pembelajaran secara individual tanpa dihambat dengan tingkat kemampuan siswa yang berbeda.
Dalam pembelajaran, multimedia dapat diklasifikasi menjadi tiga fungsi yaitu:

1. Sebagai elemen pembelajaran

Di kelas, multimedia dapat diterapkan sebagai elemen pembelajaran. Sebagai contoh, seorang guru menjelaskan materi melalui instruksi berdasarkan buku referensi, maka multimedia dimanfaatkan sebagai media pelengkap untuk menjelaskan materi yang diajarkan. Fungsi multimedia tersebut biasa disebut sebagai presentasi pembelajaran. Materi yang ditampilkan berupa poin-poin penting terkait teks, gambar, animasi, maupun video

2. Sebagai bahan ajar

Multimedia juga dapat digunakan sebagai bahan ajar bagi siswa sehingga pembelajaran dikelas lebih dinamis dan tidak menoton. Tujuan pembelajaran dapat disediakan dalam satu paket termasuk fasilitas belajar, materi ajar, dan evaluasi. 

3. Sebagai media pembelajaran

Multimedia sebagai media pembelajaran memudahkan guru dan siswa dalam menerapkan berbagai macam metode yang telah direncanakan. Multimedia dapat mendukung hampir keseluruhan medtode pembelajaran di kelas sehingga siswa lebih menikmati dan guru lebih mudah dalam menyampaikan materi pembelajaran.
Dalam hal Interaksi fisik dalam pembelajaran multimedia sangat kompleks mulai dari yang paling sederhana sampai interaksi fisik yang paling sulit. Menekan tombol keyword mislanya, merupakan interaksi fisik yang paling sederhana dan mudah. Sementara interaksi fisik yang sulit misalnya mengubah variabel tertentu atau menirukan gaya pesawat dengan memindahkan joystik.  

Itulah beberapa penjelasan tentang pengertian multimedia, manfaat, dan fungsinya sebagai bahan referensi betapa pentingnya penggunaan multimedia dalam proses pembelajaran.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar