Home » » Pengertian dan Karakteristik Sistem Ekonomi Kapitalis

Pengertian dan Karakteristik Sistem Ekonomi Kapitalis

   
Pengertian dan Karakteristik Sistem Ekonomi Kapitalis

A. Pengertian Sistem Ekonomi Kapitalis

Kapitalisme atau Kapital adalah sistem ekonomi di mana perdagangan, industri, dan sarana produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan menghasilkan keuntungan dalam ekonomi pasar. Para pemilik modal dapat melakukan bisnis mereka untuk mencapai keuntungan maksimum. Untuk alasan itu, pemerintah tidak dapat campur tangan di pasar untuk saling menguntungkan, tetapi intervensi pemerintah dilakukan dalam skala besar untuk keuntungan pribadi.
Namun, kapitalisme tidak memiliki definisi universal yang diterima secara luas. Beberapa sarjana mendefinisikan kapitalisme sebagai sistem yang mulai mendominasi di Eropa pada abad keenam belas sampai abad kesembilan belas, pada saat perkembangan perbankan komersial Eropa di mana sekelompok individu dan kelompok dapat bertindak sebagai entitas tertentu yang dapat memiliki atau menjual properti pribadi, seperti tanah dan orang-orang untuk memproses perubahan barang modal menjadi barang jadi. Untuk mendapatkan modal ini, kapitalis harus mendapatkan bahan baku dan mesin terlebih dahulu, pekerja baru sebagai operator mesin dan juga untuk mendapatkan nilai lebih dari bahan baku ini.

Kapitalisme memiliki sejarah panjang, sejak penciptaan sistem perdagangan yang dilakukan oleh sektor swasta. Di Eropa, ini dikenal sebagai persatuan sebagai pionir kapitalisme. Hari ini, kapitalisme dilihat sebagai bukan pandangan hidup yang ingin untung. Persatuan kapitalisme dengan sosialisme yang tidak berubah membuat kapitalisme lebih lembut dari dua atau tiga abad yang lalu.

Istilah kapitalisme, dalam pengertian modernnya, sering dikaitkan dengan Karl Marx. Di ibukota, Marx menulis tentang "mode produksi kapitalis" menggunakan metode pemahaman yang sekarang dikenal sebagai Marxisme. Namun, meskipun Marx jarang menggunakan istilah "kapitalisme", istilah ini digunakan dua kali dalam interpretasi atas karya politiknya, terutama ditulis oleh kolaborator Friedrich Engels. Pada abad ke-20, sistem kapitalis sering menggantikan kapitalisme jangka panjang dengan frasa seperti perusahaan bebas dan perusahaan swasta dan digantikan oleh rente kapitalis dan investor sebagai reaksi terhadap konotasi negatif yang terkait dengan kapitalisme.

B. Karakteristik Sistem Ekonomi Kapitalis

Dalam ekonomi kapitalis setiap warga negara dapat mengelola nasibnya sendiri sesuai dengan kemampuannya. Setiap orang bebas bersaing dalam bisnis untuk mendapatkan laba terbanyak. Setiap orang bebas bersaing untuk persaingan bebas dalam banyak hal. Berikut adalah karakteristik sistem ekonomi kapitalisme:

- Pengakuan luas tentang hak-hak pribadi
- Kepemilikan penarikan di tangan individu
- Individu bebas memilih pekerjaan / bisnis yang dianggap baik untuk mereka.
- Ekonomi diatur oleh mekanisme pasar
- Pasar kerja memberikan "sinyal" kepada produsen dan pengguna dalam bentuk harga.
- Intervensi pemerintah harus dijaga sekecil mungkin. The "Invisible Hand" yang mengatur       ekonomi menjadi efisien.
- Motivasi yang mendorong ekonomi untuk mendapatkan keuntungan
- Manusia dilihat sebagai homo-ekonom, yang selalu mengejar kepentingan mereka sendiri.
-Ide individualisme didasarkan pada materialisme, warisan Yunani Kuno (disebut     hedonisme).
Terimakasih telah membaca artikel berjudul Pengertian dan Karakteristik Sistem Ekonomi Kapitalis

Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 7/05/2018

0 komentar Pengertian dan Karakteristik Sistem Ekonomi Kapitalis

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak