Home » » Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Kapitalis Serta Negara yang Menganut Kapitalisme

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Kapitalis Serta Negara yang Menganut Kapitalisme

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Kapitalis Serta Negara yang Menganut Kapitalisme

A. Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Kapitalis

1. Kelebihan sistem ekonomi Kapitalis 
- Lebih efisien dalam mengeksploitasi sumber daya dan distribusi barang.
- Kreativitas masyarakat tinggi karena kebebasan untuk melakukan segala sesuatu dari itu.
- Pengawasan politik dan sosial sangat minim, karena waktu dan biaya lebih sedikit.


Selain kelebihan sistem ekonomi kapitalis juga tidak terlepas dari kekurangannya.Berikut ini disebutkan kekurangan dari sitem ekonomi kapitalis.

2. Kekurangan Sistem Ekonomi Kapitalis
-Tidak ada persaingan sempurna. Ada persaingan tidak sempurna dan persaingan monopoli.
- Sistem penetapan harga gagal mengalokasikan sumber daya secara efisien, karena faktor eksternal (tidak memperhitungkan penekanan pada upah tenaga kerja dan lainnya).
- Tren Bisnis dalam Kapitalisme:
Pengembangan bisnis sangat dipengaruhi oleh sistem ekonomi saat ini. Tren bisnis dalam kapitalisme saat ini:

a) adanya spesialisasi
b) produksi massal
c) kehadiran perusahaan berskala besar
d) pengembangan penelitian

B. Negara yang Menganut Paham Kapitalisme

Negara besar adalah ekonomi sosialis / kapitalis, seperti:

1) Amerika Serikat
Amerika Serikat (AS) menerapkan sistem ekonomi campuran kapitalis yang didukung oleh kelimpahan sumber daya, infrastruktur yang baik, dan produktivitas tinggi. Menurut Dana Moneter Internasional (IMF), PDB AS mencapai sekitar $ 15,1 triliun atau sekitar 22% dari produk dunia bruto, dan dengan nilai tukar pasar hampir 19% dari total produk bruto dunia sesuai dengan keseimbangan kemampuan belanja (PPP) ).

AS adalah pengimpor barang terbesar kedua di dunia dan eksportir terbesar kedua di dunia, meski ekspor per kapitanya masih rendah. Sektor manufaktur didominasi oleh produk kimia. AS adalah produsen minyak terbesar ketiga di dunia, dan juga importir minyak terbesar. Negara ini juga merupakan penghasil energi nuklir dan listrik terbesar, serta gas alam cair, sulfur, fosfat, dan garam.

2) Inggris
Perekonomian Inggris adalah salah satu ekonomi terbesar di dunia, dengan PDB per kapita sebesar £ 22,907. Inggris menerapkan sistem ekonomi pasar campuran; yang mengadopsi sebagian besar prinsip pasar bebas, tetapi memelihara infrastruktur kesejahteraan sosial. Pajak di Inggris cukup kompetitif jika dibandingkan dengan sebagian besar negara Eropa lainnya.

Akun ekonomi Inggris untuk bagian terbesar dari ekonomi Inggris, di mana PDB per kapita adalah yang tertinggi ke-18 di dunia. Inggris adalah pemimpin dalam industri kimia dan farmasi, serta industri utama seperti industri luar angkasa, industri senjata, dan industri perangkat lunak. Bursa saham London, yang terletak di London, adalah bursa saham terbesar di Eropa. London juga merupakan pusat keuangan di Inggris, 100 dari 500 perusahaan terbesar yang berbasis di London di Eropa. Selain itu, London adalah pusat keuangan terbesar di Eropa, dan pada tahun 2009 juga disebut sebagai salah satu pusat bisnis dan keuangan terbesar di dunia.

3) Jerman
Jerman memiliki ekonomi pasar sosial dengan tenaga kerja yang sangat terampil, kapitalisasi pasar yang besar, tingkat korupsi yang rendah, dan tingkat inovasi yang tinggi. Jerman adalah ekonomi terbesar dan terkuat di Eropa, GDP terbesar keempat di dunia, pendapatan nasional bruto terbesar kelima di dunia, dan penyumbang terbesar Uni Eropa pada 2011. Sektor jasa berkontribusi pada 71% PDB, 28% industri dan 1% .
Terimakasih telah membca artikel berjudul Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Kapitalis Serta Negara yang Menganut Kapitalisme

Kumpulan Makalah
Kumpulan Makalah Updated at: 7/05/2018

0 komentar Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Kapitalis Serta Negara yang Menganut Kapitalisme

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak