Home » » Biografi dan Penemuan Johann Gutenberg

Biografi dan Penemuan Johann Gutenberg

   
Biografi dan Penemuan Johann Gutenberg

A. Biografi Johann Gutenberg

Gutenberg lahir di kota Mainz, Jerman, sebagai anak bungsu dari kelas atas Friele Gensfleisch zur Laden, dari istri keduanya, Else Wyrich. Menurut beberapa laporan Friele adalah perhiasan bagi para uskup di Mainz, tetapi kemungkinan besar dia juga menjual kain sebagai sumber penghasilan.Tahun lahir Gutenberg tidak diketahui tetapi mungkin sekitar 1398.

Dia menerima pelatihan awal sebagai perhiasan. Pada 1411, ada pemberontakan di Mainz, jadi dia harus pindah ke Strasbourg dan tinggal di sana selama 20 tahun. Di Strasbourg, ia selamat dengan membuat barang-barang logam. Gutenberg menghasilkan dekorasi cermin kecil untuk dijual ke peziarah Kristen. Dia kemudian kembali ke Mainz dan bekerja sebagai tukang emas.

Johannes Gensfleisch zur Laden zum Gutenberg (sekitar 1398 - 3 Februari 1468) adalah seorang pandai logam dan pencipta berkebangsaan Jerman yang memperoleh ketenaran berkat kontribusinya dalam bidang teknologi percetakan pada tahun 1450-an, termasuk paduan logam huruf (type metal) dan tinta berbasis-minyak , mencetak untuk mencetak huruf yang benar, dan jenis pencetakan baru berdasarkan pada printer yang digunakan dalam pembuatan anggur.

Tradisi menyebutnya sebagai pencipta langkah di Eropa, sistem pencetakan blok yang lebih baik telah digunakan di wilayah tersebut. Dengan menggabungkan unsur-unsur ini ke dalam sistem produksi, ia membuat cetakan cepat dari bahan tertulis, serta ledakan informasi di Renaissance Eropa.

Pekerjaan utamanya, Bible Gutenberg (juga dikenal sebagai baris Alkitab 42), telah diakui memiliki kualitas estetika dan teknis yang tinggi. Pada 1468 Gutenberg meninggal dan dimakamkan di gereja Fransiskan Mainz.

B. Penemuan Johann Gutenberg

Gagasan Gutenberg yang paling penting muncul ketika dia bekerja sebagai tukang emas di Mainz. Dia mendapat ide untuk memproduksi surat pengampunan dengan membentuk memotong huruf untuk mencetak surat pengampunan dengan banyak agar dia mendapat banyak uang untuk membayar utang-utangnya ketika dia bekerja sebagai tukang logam dahulu. Pada waktu itu, buku dan surat ditulis dengan aksara Latin dengan tangan mereka dan berisi banyak kesalahan saat menyalin, dan kelemahan lainnya lambat.

Dengan demikian, Gutenberg pertama kali membuat referensi ke surat logam menggunakan skrip Latin. Pada awalnya, Gutenberg terpaksa membuat hampir 300 surat untuk meniru bentuk tulisan tangan. Selanjutnya, Gutenberg membuat mesin press yang bergerak untuk mencetak. Mesin cetak mobile ini adalah kontribusi terbesar Gutenberg. Setelah menyelesaikan mesin cetak mobile-nya, Gutenberg mencetak ribuan pengampunan yang disalahgunakan oleh Gereja Katolik demi uang. Pelaku ini adalah munculnya penolakan daripada Martin Luther.

Pada 1452, Gutenberg meminjam uang dari Johann Fust untuk memulai proyek pencetakan Alkitab yang terkenal. Namun, Gutenberg dipecat dari pengelolaan pencetakan alkitabiah sebelum sepenuhnya siap karena Gutenberg dituduh mencetak dokumen, kalender dan buku bacaan ringan untuk bersantai. Namun, Alkitab yang dihasilkan masih dikenal sebagai Kitab Gutenberg yang berisi 42 baris per halaman yang disiapkan pada 15 Agustus 1456 dan dianggap buku tertua yang diterbitkan di dunia barat.

Dua ratus salinan Alkitab Gutenberg telah dicetak, pecahan (sekitar 50) dicetak pada kulit anak sapi. Alkitab Gutenberg yang indah dan mahal dijual untuk gaji pekerja rata-rata tiga tahun. Buku itu dijual di Franfurt Book Fair pada tahun 1456. Kira-kira, hampir seperempat dari Alkitab Gutenberg masih terawat dengan baik hari ini.

Selain spesialis di bidang percetakan, Gutenberg juga menciptakan produk sampingan seperti tinta dan huruf cetak. Tinta yang digunakan terbuat dari campuran minyak, tembaga, dan timah masih bagus. Tinta adalah bentuk tinta yang berbeda untuk penulisan biasa karena tinta cetak lebih tebal dan lebih lengket. Gutenberg juga menyempurnakan campuran logam untuk membentuk cetakan dengan timah, antimon, dan serikat timah baru yang digunakan sampai abad ke-20.

Gutenberg juga dipercayakan dengan tugasnya menyediakan Catholic Encyclopedia Johannes de Janua, 748 halaman tebal dengan 2 kamar per halaman dan 66 baris per kamar. Di akhir hayatnya, dia diterima sebagai pendamping dari uskup besar Mainz.
Terimakasih telah membaca artikel berjudul Biografi dan Penemuan Johann Gutenberg

Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 7/06/2018

0 komentar Biografi dan Penemuan Johann Gutenberg

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak