Skip to main content

Macam-Macam Psikologi dan Manfaatnya

Macam-Macam Psikologi 

Macam-macam psikologi pada dasarnya dibagi menjadi dua bagian. Hal ini dijelaskan sebagai berikut.
  • Psikologi Umum
Psikologi generik adalah psikologi yang mengecek dan menginvestigasi aktivitas-kegiatan atau aktifitas-aktifitas psikis manusia pada lazimnya yang dewasa, yang normal, dan berkultur.
  • Psikologi Khusus
Psikologi spesifik adalahpsikologi yang mengecek tingkah laku  pribadi pada situasi-situasi spesifik. 
Baca Juga : Macam-Macam Cabang Psikologi
Psikolgi eksklusif ini mencakup beberapa macam psikologi, yaitu:
  1. Psikologi perkembangan, adalah psikologi yang mengucapkan perkembangan psikis insan menurut keterangan dari masa bayi sampai masa tua. 
  2. Psikologi sosial, adalah Psikologi yang khusus mengucapkan tentang tingkah laku  atau aktivitas-aktivitas insan pada hubungannya memakai situasi sosial. Psikologi sosial ialah sub disiplin menurut keterangan dari psikologi yang menggali yang definisi tentang esensi dan karena-sebab menurut keterangan dari prilaku dan pikiran-pikiran pribadi pada kondisi sosial.
  3. Psikologi pendidikan, adalah sub disiplin psikologi yang mengingat tingkah laris pribadi dalam kondisi pendidikan,yang mencakup jua pengertian tentang proses belajar dan mengajar.
  4. Psikologi jati diri dan tipologi. Psikologi jati diri dan tipologi adalah psikologi yang menguraikan tentang struktur jati diri manusia sebagai sebuah keseluruhan, dan jenis-jenis atau tipe-tipe kepribadian.
  5. Psikopatologi. Psikopatologi adalah psikologi yang  eksklusif menyelidiki kegiatan atau tingkah laku  pribadi yang tidak normal.
  6. Psikologi diferensial dan psikodiognostik. Psikologi ini menguraikan perbedaan-perbedaan antarindividu pada taraf inteligensi, kecakapan, cirri-ciri jati diri lainnya, dan tentang cara-cara untuk memilih perbedaan-perbedaan tersebut.
  7. Pesikologi kriminal. Psikologi kriminal ialah psikologi yang spesifik herbi tindak durjana atau kriminalitas.
  8. Parapsikologi. Parapsikologi ialah subdisiplin psikologi yang menilik gejala supermormal memakai indera-alat percobaan atau indera-alat sistematis lain.
  9. Psikologi komparatif. Psikologi komparatif adalahpsikologi yang menginvestigasi tingkah laku  insan yang dikomparasikan dengan fauna, atau kebalikannya.
  10. Psikologi penyesuaian. Psikologi penyesuaian ialah suatu cabang psikologi yang mendeskripsikan sebanyak cabang ilmu lainya, psikologi perkembangan, klinis, kepribadian, sosial, dan eksperimental.

Manfaat Psikologi

Pada garis besarnya orang mengusut ilmu jiwa merupakan berdampak pada manusia supaya hidupnya sebagai lebih baik, bahagia dan paripurna. Betulkah demikian ? Memang lantaran ilmu psikologi ternyata telah menginjak bidang-bidang yang umum sekali.Banyak dilema-duduk perkara yang dapat dibantu dan ditamatkan sang ilmu psikologi, misalnya duduk perkara-dilema insan yang hidup pada pabrik,di sekolah, disawah, di kantor, dan dimanapun anda berada.
Baca Juga : Pengertian dan Objek Kajian Psikologi
Dari uraian di atas dapat kita ambil benang merah bahwa manfaat ilmu psikologi ialah sebagai berikut:
  1. Bagi memperoleh faham tentang tanda-tanda-tanda-tanda jiwa dan definisi yang lebih sempurna ialah tentang tingkah laris insan.
  2. Untuk memahami perbuatan-perbuatan jiwa dan keterampilan jiwa menjadi sarana bikin mengenal tingkah laku  manusia.
  3. Untuk memahami penyelenggaraan pendidikan memakai lebih baik.
  4. Supaya tidak ragu-ragu lagi mengganti teknik hidup, tingkah laku , dan pergaulan pada penduduk .
  5. Menjadikan kehidupan yang lebih baik, bahagia dan paripurna.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar