Skip to main content

Pengertian dan Jenis-jenis Kaligrafi Arab

Pengertian dan Jenis-jenis Kaligrafi Arab

A. Pengertian Kaligrafi Arab

Etimologi kaligrafi berasal dari bahasa Inggris, Kaligrafi yang berasal dari dua suku kata Yunani, yaitu Kallos: Keindahan dan graphein: menulis yang berarti: tulisan yang indah. Dalam bahasa Arab biasanya disebut khat yang berarti garis pena atau goresan yang membentuk tulisan tangan dan disebut Fann Al-Khath dalam arti seni merapikan tulisan atau mengoreksi coretan.
Dalam hal terminologi, Shaykh Syam al-Din al-Afkani mengatakan: kaligrafi adalah ilmu yang memperkenalkan bentuk-bentuk huruf tunggal, lokasi dan prosedur mereka untuk mengatur mereka menjadi tulisan yang terorganisir. Atau apa pun yang ditulis pada baris, bagaimana menulisnya dan menentukan apa yang tidak perlu ditulis; ubah ejaan yang perlu diubah dan tentukan cara mengubahnya.

Jadi, kaligrafi Arab adalah tulisan indah yang berasal dan dikembangkan di wilayah Arab. Dalam bahasa Inggris disebut Kaligrafi Arab dan dalam bahasa Arab disebut al-Khath al-Arabi. Ada juga sejumlah istilah lain seperti kaligrafi Islam, fann al-Arabi atau kaligrafi Alquran yang merujuk pada hal yang sama: kaligrafi Arab.

B. Jenis-Jenis Kaligrafi Arab

1. Nasakh / Naskhi

Khat Nasakh (Naskhi) adalah salah satu jenis Khat termudah. Jenis ini paling sering ditemukan ketika kita melihat atau membaca teks ayat dalam Al Qur'an dan sering digunakan untuk menyalin teks ilmiah. Karena jenis ini relatif sangat mudah dibaca dan ditulis, maka tulisan ini paling banyak digunakan oleh umat Islam dan Arab di belahan dunia. Para sejarawan berpendapat bahwa Ibn Muqlah (272-328 H) adalah pendiri Khat Naskhi dalam bentuknya yang sempurna pada masa Bani Abbas. 

2. Tsuluts / Tolot

Khat Tsuluts juga banyak digunakan untuk dekorasi dinding dan berbagai media karena fleksibilitasnya. Ia dianggap yang paling sulit dibandingkan gaya lain, baik dari segi metode maupun proses persiapan yang menuntut harmoni dan keseimbangan.

3. Diwani

Penamaan Diwâni dikaitkan dengan kantor-kantor pemerintah di mana ia digunakan dan dari dewan pemerintah bahwa Khat ini menyebar ke seluruh masyarakat.
Karakter Diwâni dikenal dengan perputarannya sehingga tidak ada satu huruf pun yang memiliki lengkungan. Sapuan lembut dan lenturnya memudahkan Diwani beradaptasi dengan tulisan apa pun.

4. Riq'ah

Riq'ah adalah salah satu gaya yang dibuat oleh orang Turki Ottoman. Spesifikasi pembacaan Riq'ah ditemukan dalam surat-surat yang pendek dan dapat ditulis lebih cepat dari Naskhi, karena kesederhanaannya dan tidak memiliki struktur yang rumit. Di bidang periklanan atau untuk menulis judul surat kabar, Riq'ah sering digunakan karena dapat memasukkan kata-kata panjang dengan goresan yang tidak memakan banyak ruang. Riq'ah sendiri artinya lunak.

5. Orang Farisi / Persia

Disebut Khat Fârisi karena ini pertama kali dikembangkan oleh Persia (Iran). Sedangkan Ta'lîq berarti hang yang dinamai demikian karena gaya penulisan ini sepertinya hang. Gaya ini disukai oleh orang Arab dan merupakan gaya kaligrafi asli untuk orang Persia, India, dan Turki.

6. Kufi / Khoufi

Kufi Khat adalah kaligrafi Arab tertua dan sumber dari semua kaligrafi Arab. Dinamai Kufi karena berasal dari kota Kufa dan kemudian menyebar ke seluruh semenanjung Arab. Masyarakat Arab berusaha menumbuhkan dan memperindah gaya Kufi dengan memasukkan unsur-unsur ornamen sehingga lahirlah berbagai gaya Kufi baru. Cara menulisnya tidak lagi terbatas pada bambu tetapi juga dengan pena, penggaris, segitiga, dan istilah. Khat Kufi dulunya satu-satunya tulisan yang digunakan untuk menyalin Manuskrip Al-Qur'an.

Selanjutnya Kufi berubah menjadi seni yang berdiri sendiri sebagai sarana ekspresi bagi seniman kaligrafi. Meskipun cenderung kaku dengan banyak sudut yang menjadi karakternya, Kufi sangat fleksibel dan mudah diproses. Karena lebih bergantung pada alat-alat seperti penguasa, siapa pun yang bisa menulis Kufi tidak harus menjadi seorang Khattat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar