Skip to main content

Pengertian Bank dan Jenis-Jenis Layannya Bank

Pengertian dan Jenis-jenis Jasa Bank
Bank dikenal sebagai lembaga keuangan yang kegiatan utamanya menerima deposito, tabungan, dan deposito berjangka. Kemudian bank juga dikenal sebagai tempat untuk bertukar uang, memindahkan uang atau menerima segala bentuk pembayaran dan setoran seperti pembayaran listrik, telepon, pajak air, uang sekolah dan pembayaran lainnya.

Pengertian Bank

Bank adalah lembaga keuangan yang melayani kepentingan publik dalam segala bentuk transaksi yang melibatkan kepentingan mereka yang menggunakan layanan bank, tanpa mengabaikan keuntungan bank secara langsung atau tidak langsung.
Bank merupakan lembaga keuangan yang bertujuan untuk memberikan kredit baik dengan alat pembayaran mereka sendiri, dengan uang yang diperoleh dari orang lain atau melalui instrumen pembayaran baru dalam bentuk giro.
Bank adalah lembaga keuangan yang berarti bahwa Bank adalah badan usaha yang kekayaannya terutama dalam bentuk aset keuangan dan dimotivasi oleh laba dan juga sosial sehingga tidak hanya mencari keuntungan.
Dari beberapa pengertian tersebut di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa Bank adalah lembaga keuangan yang melayani kepentingan publik seperti melakukan transaksi penukaran uang, menerima setoran dan mentransfer atau menerima segala bentuk pembayaran"

Jenis-Jenis Layanan Bank

Layanan Bank merupakan kegiatan ekonomi dengan output selain dari produk yang dikonsumsi dan diproduksi pada saat yang sama, memberikan nilai tambah dan tidak berwujud bagi pembeli. Layanan Bank adalah kegiatan ekonomi yang memiliki nilai tidak berwujud atau manfaat terkait, melibatkan interaksi dengan konsumen atau dengan properti, tetapi tidak mengakibatkan pengalihan kepemilikan. 
Layanan Bank yaitu setiap tindakan atau kinerja yang ditawarkan oleh satu pihak ke pihak lain yang pada prinsipnya tidak berwujud dan menyebabkan pengalihan kepemilikan. Produksi dapat atau tidak dapat dikaitkan dengan suatu produk. 
Jenis layanan bank yang bisa dikatakan lengkap untuk ukuran perbankan di Indonesia saat ini mencakup:
1. Pengiriman Uang 
Pengiriman uang adalah layanan transfer uang melalui bank baik di kota, luar kota atau luar negeri. Waktu pengiriman dan biaya pengiriman tergantung pada cara yang digunakan untuk mengirimnya.
2. Kliring
Kliring adalah layanan untuk melunasi hutang antar bank dengan menukarkan slip untuk dibersihkan di sebuah kliring seperti penagihan dokumen misalnya cek atau BG yang berasal dari dalam kota. 
3. Koleksi 
Collection adalah layanan bank untuk tagihan dokumen yang berasal dari luar kota atau luar negeri. Misalnya jika kita mendapatkan cek yang dikeluarkan oleh bank di kota Bandung, maka cek tersebut dapat diuangkan di Jakarta melalui layanan Insako.
4. Brankas
Safe Deposite Box (SDB) adalah layanan bank yang diberikan kepada pelanggannya (safe window).
5. Kartu Bank
Kartu Bank merupakan kartu yang dikeluarkan oleh bank yang diberikan kepada pelanggannya untuk digunakan sebagai alat pembayaran. Kartu bank tersedia di tempat-tempat tertentu seperti supermarket, supermarket, hotel, restoran, tempat hiburan dan tempat-tempat lain. Selain itu, kartu ini juga dapat diuangkan (take cash) di berbagai tempat seperti di ATM (Anjungan Tunai Mandiri). ATM biasanya tersebar di berbagai tempat strategis seperti di pusat perbelanjaan, hiburan dan perkantoran.
6. Uang Kertas
Uang Kertas adalah mata uang asing yang diterbitkan dan diterbitkan oleh bank asing. Uang Kertas juga dikenal sebagai "Penukaran Uang Tunai" yang memiliki properti seperti uang tunai. Tidak semua Uang Kertas dapat diperdagangkan, ini tergantung pada peraturan valuta asing di negara asal Uang Kertas.
Sedangkan yang dimaksud dengan jual beli uang kertas adalah transaksi antara mata uang yang dapat diterima untuk pembayaran dan dapat diperdagangkan dan diperdagangkan kembali sesuai dengan nilai tukar yang terjadi pada waktu itu.
Dalam membeli dan menjual uang kertas, bank mengklasifikasikan uang kertas menjadi dua klasifikasi. Yaitu uang kertas yang lemah dan uang kertas yang kuat dan bank biasanya lebih suka uang kertas yang memiliki nilai kuat.
7. Cek Wisatawan
Pelancong kekacauan dikenal sebagai cek wisata atau cek perjalanan yang biasanya digunakan oleh mereka yang ingin bepergian atau sering dibawa oleh wisatawan.
Penggunaan cek treveller dapat dihabiskan di berbagai tempat, terutama di mana bank yang menerbitkan cek treveller melakukan perbaikan dan perjanjian. Selain itu, cek treveller juga dapat diuangkan di berbagai bank.
8. Letter of Credit 
Penggunaan letter of credit adalah untuk mengakomodasi dan menyelesaikan kesulitan pembeli (importir) dan penjual (eksportir) dalam transaksi perdagangan.
Pemahaman umum Letter of Credit adalah pernyataan dari bank atas permintaan pelanggan biasanya importer untuk menyediakan dan membayar sejumlah uang tertentu untuk kepentingan pihak Letter of Credit kwitansi atau eksportir). Letter of Credit sering disebut sebagai kredit terdokumentasi atau kredit dokumenter.
9. Bank Garansi 
Bank garansi, yaitu jaminan pembayaran yang diberikan oleh bank kepada bank, baik perorangan, perusahaan atau lembaga lain dalam bentuk surat jaminan. Pemberian agunan dengan maksud bank garansi atau memenuhi kewajiban-kewajiban pihak yang dijaminkan kepada pihak yang menerima jaminan, jika jaminan tersebut kemudian ternyata tidak memenuhi kewajiban kepada pihak lain sesuai dengan janji atau cidera janji.
10. Memberikan layanan di pasar modal
Layanan bank disediakan untuk mendukung kelancaran transaksi di pasar modal.
11. Menerima setoran
Layanan ini diprioritaskan untuk membantu pelanggan dalam mengumpulkan setoran atau pembayaran melalui bank.