Home » » Pengertian dan Jenis-jenis Jasa Bank

Pengertian dan Jenis-jenis Jasa Bank

Pengertian dan Jenis-jenis Jasa Bank

A. Pengertian bank 

Bank dikenal sebagai lembaga keuangan yang kegiatan utamanya menerima simpanan giro, tabungan dan deposito. Kemudian bank juga dikenal sebagai tempat untuk menukar uang, memindahkan uang atau menerima segala bentuk pembayaran dan setoran seperti pembayaran listrik, telepon, air pajak, uang kuliah dan pembayaran lainnya. (Kasmir)

Bank merupakan suatu lembaga keuangan yang melayani kepentingan masyarakat dalam segala bentuk transaksi yang menyangkut kepentingan dari pihak yang memakai jasa bank, dengan tanpa mengabaikan keuntungan bank baik secara langsung maupun tidak. (Rachmadi Usman).

Bank merupakan salah satu badan usaha lembaga keuangan yang bertujuan memberikan kredit, baik dengan alat pembayaran sendiri, dengan uang yang diperolehnya dari orang lain, dengan jalan mengedarkan alat-alat pembayaran baru berupa uang giral. (Prof G.M. Verryn Stuart).

Bank adalah lembaga keuangan berarti Bank adalah badan usaha yang kekayaan terutama dalam bentuk asset keuangan (Financial Assets) serta bermotivasi profit dan juga sosial, jadi bukan mencari keuntungan saja (H. Malayu S.p Hasibuan).

Jasa adalah aktivitas Ekonomi dengan output selain produk yang dikonsumsi dan di produksi pada saat yang bersamaan, memberikan nilai tambah dan tidak berwujud bagi pembelinya. (Zeithaml).

Jasa adalah aktivitas ekonomi yang memiliki nilai atau manfaat intangible yang berkaitannya, melibatkan interaksi dengan konsumen atau dengan barang milik, tetapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan. (Adrian Payne).

Jasa ialah setiap tindakan atau unjuk kerja yang ditawarkan oleh salah satu pihak ke pihak lain yang secara prinsip tidak berwujud dan menyebabkan perpindahan kepemilikan apapun. Produksinya bisa dan bisa juga tidak terikat pada suatu produk. (Kotler).
.
Dari beberapa definisi diatas maka kami dapat menarik benang merahnya bahwa“Bank adalah suatu lembaga keuangan yang melayani kepentingan masyarakat seperti melakukan transaksi penukaran uang, menerima simpanan dan memindahakan atau menerima segala bentuk pembayaran”

B. Jenis-jenis Jasa Bank

Menurut Kasmir (2012:131) jenis-jenis jasa bank yang dapat dikatakan lengkap untuk ukuran perbankan di Indonesia dewasa ini.

1)   Kiriman Uang (Transfer)
Transfer merupakan jasa pengiriman uang lewat bank baik dalam kota, luar kota atau keluar negeri. Lama pengiriman dan besarnya biaya kirim tergantung pada sarana digunakan untuk mengirim.

2)   Kliring (Clearing)
Kliring merupakan jasa penyelesaian utang piutang antar bank dengan cara saling menyerahkan warkat-warkat yang akan dikliringkan di lembaga kliring (penagihan warkat seperti cek atau BG yang berasal dari dalam kota). Peserta kliring adalah bank yang sudah memperoleh izin dari Bank Indonesia.

3)   Inkaso (collection)
Inkaso merupakan jasa bank untuk menagihkan warkat-warkat yang berasal dari luar kota atau luar negeri. Sebagai contoh apabila kita mendapat selembar cek yang diterbitkan oleh bank di kota Bandung, maka cek tersebut dapat dicairkan di Jakarta melalui jasa insako.


4)   Safe Deposit Box
Safe Deposite Box (SDB) merupakan jasa-jasa bank yang diberikan kepada nasabahnya(safe loket).

5)   Bank Card
Bank Card merupakan “kartu plastik” yang dikeluarkan oleh bank yang diberikan kepada nasabahnya untuk dapat dipergunakan sebagai alat pembayaran di tempat-tempat tertentu seperti supermarket, pasar swalayan, hotel, restoran, tempat hiburan dan tempat lainnya. Disamping itu, dengan kartu ini juga dapat diuangkan (mengambil uang tunai) diberbagai tempat seperti di ATM (Automated Teller Machine). ATM biasanya tersebar di berbagai tempat yang strategis seperti di pusat perbelanjaan, hiburan dan perkantoran.

6)   Bank Notes
Bank Notes merupakan uang kartal asing yang dikeluarkan dan diterbitkan oleh bank luar negeri. Bank Notes dikenal juga dengan istilah “Devisa Tunai” yang mempunyai sifat-sifat seperti uang tunai. Tidak semua Bank Notes dapat diperjualbelikan, hal ini tergantung dari pada peraturan devisa di Negara yang asal Bank Notes.

Sedangkan yang dimaksud dengan jual beli bank notes merupakan transaksi antara valuta yang dapat diterima pembayarannya dan dapat diperjualbelikan dan diperdagangkan kembali sesuai dengan nilai tukar yang terjadi pada saat itu.

Dalam transaksi jual beli bank notes, bank mengelompokan bank notes kedalam dua klasifikasi. Yaitu bank notes yang lemah dan bank notes yang kuat dan bank biasanya lebih menyukai bank notes yang nilainya kuat.

7)   Travellers cheque
Travellers chaque dikenal dengan nama cek wisata atau cek perjalanan yang biasanya dipergunakan oleh mereka yang hendak bepergian atau sering dibawa oleh turis.

Penggunaan trevellers cheque dapar dibelanjakan diberbagai tempat terutama dimana bank yang mengeluarkan trevellers cheque tersebut melakukan peningkatan dan perjanjian. Disamping itu, treveller cheque juga dapat diuangkan diberbagai bank.

8)   Letter of Credit (L/C)
Kegunaan letter of credit adalah untuk menampung dan menyelesaikan kesulitan-kesulitandari pihak pembeli(importir) maupun penjual (eksportir) dalam transaksi dagangannya.

Pengertian secara umum L/C merupakan suatu pernyataan dari bank atas permintaan nasabah (biasanya importir) untuk menyediakan dan membayar sejumlah uang tertentu untuk kepentingan pihak ke tiga (penerimaan L/C atau eksportir). L/C sering disebut dengan kredit berdokumen atau documentary credit.

9) Bank garansi dan referensi bank
Bank garansi yaitu jaminan pembayaran yang di berikan oleh bank kepada suatu pihak bank baik perorangan, perusahaan atau badan/lembaga lainnya dalam bentuk surat jaminan. Pemberian jaminan dengan maksud bank menjamin atau memenuhi (membayar) kewaijiban-kewajiban dari pihak yang di jaminkan kepada pihak yang menerima jaminan, apabila yang di jamin kemudian hari ternyata tidak memenuhi kewajiban kepada pihak lain sesuai dengan yang di perjanjikan atau cedera janji.

10) Memberikan jasa-jasa di pasar modal

Jasa-jasa bank yang di berikan dalam rangka mendukung kelancaran transaksi di pasar modal.

11) Menerima setoran-setoran
Jasa ini di utamakan untuk membantu nasabahnya dalam mengumpulkan setoran atau pembayaran lewat bank. 

12) Melakukan pembayaran Gaji, Pensiun, Bonus, Hadiah, Deviden

Terimakasih telah membca artikel berjudul Pengertian dan Jenis-jenis Jasa Bank

Kumpulan Makalah
Kumpulan Makalah Updated at: 3/21/2018

0 komentar Pengertian dan Jenis-jenis Jasa Bank

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak