thumbnail

Konsep Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan

K.H. Ahmad Dahlan

A. Riwayat Hidup KH. Ahmad Dahlan

Ahmad Dahlan lahir di Kauman (Yogyakarta) pada tahun 1868 dan meninggal pada tanggal 23 Pebruari 1923. Ia berangkat dari keluarga diktatis dan terkenal alim dalam ilmu agama. Ayahnya bernama KH. Abu Bakar, seorang imam dan khatib masjid besar kraton Yogyakarta. Sementara ibunya bernama Aminah, putri KH. Ibrahim yang pernah menjabat sebagai penghulu di kraton Yogyakarta.[1] Ia merupakan anak keempat dari tujuh orang bersaudara yang keseluruhan saudaranya perempuan kecuali adik bungsunya. Dalam silsilah ia termasuk keturunan yang keduabelas dari maulana malik Ibrahim, seorang wali besar dan seorang yang terkemuka diantara Wali Songo, yang merupakan pelopor pertama dari penyebaran dan pengembangan Islam di tanah Jawa. Ia dikenal jujur dan sederhana dan inilah yang membuatnya disukai orang. Untuk mempelajari ilmu-ilmu agama ia berpindah dari satu sekolah ke sekolah lainnya. Ia mempunya sikap kritis terhadap pola pendidikan tradisional, tetapi tidak punya kekuatan untuk mengubahnya. Dalam keadaan seperti ini Ia beruntung memproleh kesempatan melanjutkan pendidikannya ke Mekah pada tahun 1890[2]
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 8/26/2017
thumbnail

Peran Agama dan Keluarga dalam Mencegah Seks Bebas Pada Remaja

Peran Agama dalam Mengatasi Seks Bebas Pada Remaja

A. Bahaya Seks Bebas

Seks bebas merupakan tingkah laku yang didorong oleh hasrat seksual yang ditujukan dalam bentuk tingkah laku. Menurut beberapa penelitian, cukup banyak faktor penyebab remaja melakukan perilaku seks bebas. Salah satu di antaranya adalah akibat atau pengaruh mengonsumsi berbagai tontonan. Apa yang ABG tonton, berkorelasi secara positif dan signifikan dalam membentuk perilaku mereka, terutama tayangan film dan sinetron, baik film yang ditonton di layar kaca maupun film yang ditonton di layar lebar. Dari tahun ke tahun data remaja yang melakukan hubungan seks bebas semakin meningkat, dari 5% pada tahun 1990-an menjadi 20% di tahun 2000.
Secara umum ada dua dampak yang ditimbulkan dari perilaku seks bebas dikalangan remaja yaitu kehamilan dan penyakit menular seksual (sipilis, HIV/AIDS, dll). Di Amerika Serikat setiap tahunnya hampir satu juta remaja perempuan menjadi hamil dan sebanyak 3,7 juta kasus baru infeksi penyakit kelamin diderita oleh remaja. 
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 8/26/2017
thumbnail

Susunan Pembuatan Makalah yang Baik dan Benar

Susunan Pembuatan Makalah yang Baik dan Benar
Makalah merupakan salah salah satu karya ilmiyah yang harus disusun secara ilmiyah dan sesuai dengan kaidah penyusunan yang baik dan benar. Berikut diuraikan susunan pembuatan makalah yang baik dan benar.

1. Sampul

Sampul makalah memuat judul makalah serta nama penulis, logo lembaga/institusi, tempat dan tahun terbit. Nama penulis ditulis dengan jelas, nama asli dan nama lengkap tanpa disingkat serta tanpa menyebutkan gelar. Alamat penulis memuat nama instansi atau lembaga tempat penulis bekerja atau menempuh jenjang studi (universitas). Tahun terbit adalah tahun pada saat makalah telah selesai penelitian dan penulisannya kemudian diterbitkan untuk umum.

Judul pada halaman cover atau sampul menggunakan huruf kapital yang dicetak tebal dengan menggunakan jenis huruf Times New Roman dengan besar font sebesar 14, ditulis dengan pengaturan layout center (rata tengah). Untuk penulisan nama penulis dan tidak diperlukan huruf kapital untuk semua kata, cukup huruf kapital di awal kata. Namun untuk penulisan keterangan nama instansi atau jenjang pendidikan menggunakan huruf kapital dengan dicetak tebal.
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 8/26/2017
thumbnail

Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar

Kata Pengantar Makalah

A. Pengertian Kata Pengantar Makalah


Kata pengantar Makalah ialah halaman yang berisi ucapan-ucapan dari si penulis atas selesainya makalah yang disususun tentang ucapan rasa syukur, ucapan rasa terima kasih, tujuan dan manfaat penulisan serta kritik dan saran yang membangun. Kata pengantar terbagi dalam 3 bagian yaitu pembukaan isi dan penutup.

B. Unsur-unsur Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar


Dalam pembuatan kata pengantar makalah janganlah asal-asalan ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya penggunaan kata yang baik dan benar, terdapat kalimat pembuka dan kalimat penutup, isi kata pengantar yang berisi ucapan terima kasih, dan di tutup dengan dibubuhi tanda tangan penulis. Dibawah ini ada beberapa langkah membuat kata pengantar makalah, diantaranya:
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 8/26/2017
thumbnail

Pentingnya Menjaga Kesehatan Jantung

Pentingnya Menjaga Kesehatan Jantung

A.  Menjaga Kesehatan Jantung


Menjaga kesehatan jantung sangatlah penting, mengingat jantung sebagai organ utama dalam saluran peredaran darah.Dari itu penting bagi kita untuk melakukan pencegahan dini agar tidak mengalami gangguan ke depannya.Jantung merupakan organ utama dalam menentukan hidup manusia dan sentral organ yang menentukan reaksi kinerja organ tubuh yang lain. Oleh karena itu, menjadi sangat penting bagi kita terutama yang sudah menginjak usia 40 tahun ke atas untuk menjaga jantung agar tetap sehat.
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 8/25/2017
thumbnail

Klasifikasi Seni Secara Umum

KLASIFIKASI SENI SECARA UMUMA.   Pengertian Seni

Seni pada mulanya adalah proses dari manusia, dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. Dewasa ini, seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreativitas manusia. Seni juga dapat diartikan dengan sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan.  Seni adalah suatu cara dari diri kita sendiri untuk mengekspresikan sesuatu, yang mungkin tidak dapat kita ungkapkan dengan kata-kata dan bisa dengan musik, bisa dengan lukisan, bisa dengan tarian sesuai dengan ciri khasnya.
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 8/25/2017
thumbnail

Mengenal 20 Sifat Wajib Bagi Allah dan Penjelasannya

Mengenal 20 Sifat Wajib Bagi Allah dan Penjelasannya

A. Pengertian Sifat Wajib Bagi Allah

Yang dimaksud sifat wajib bagi Allah swt adalah sifat-sifat yang pasti dimiliki oleh Allah swt yang sesuai dengan keagungan-Nya sebagai pencipta alam seisinya. Sedangkan sifat mustahil Allah adalah kebalikan dari sifat wajib bagi Allah, yakni sifat yang tidak mungkin ada dan tidak layak disandarkan pada zat-Nya sebagai pencipta alam semesta.

B. Sifat Wajib Bagi Allah dan Penjelasannya

1. Wujud (Ada)
Sifat Wujud ialah kepastiaan adanya Allah. Maksudnya, Allah pasti ada. Bukti bahwa Allah itu ada adalah wujud makhluk. Kalau Allah tidak ada, tentu semua makhluk ini tidak ada. Allah swt. berfirman :
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 8/25/2017
thumbnail

Proses Penciptaan Alam Semesta Dalam Pandangan Al-Qur'an dan Sains

Proses Penciptaan Alam Semesta Dalam Pandangan Al-Qur'an dan Sains

A.  Alam Semesta

Alam semesta terdiri dari semua materi, termasuk tenaga dan radiasi  juga segala sesuatu yang ada di dalam antariksa. Alam semesta tidak dapat diukur, batas-batasanya tidak diketahui. Tata surya tempat terdapatnya bumi, hanyalah sebagian kecil alam semesta. Dalam alam semesta terdapat banyak galaksi seperti Bima Sakti, galaksi merupakan bagian yang membentuk alam raya yang sangat luas[3]
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 8/24/2017
thumbnail

Mengenang KPK dari Masa ke Masa

Mengenang KPK dari Masa ke Masa

A. Awal Berdirinya KPK

KPK didirikan pada tahun 2002 oleh Presiden Megawati Soekarnoputri. Pendirian KPK ini didasari karena Megawati melihat institusi kejaksaan dan kepolisian saat itu terlalu kotor, sehingga untuk menangkap koruptor dinilai tidak mampu. Namun jaksa dan polisi sulit dibubarkan sehingga dibentuklah KPK.

Jauh sebelumnya, ide awal pembentukan KPK sudah muncul di era Presiden BJ Habibie yang mengeluarkan UU Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang bersih dan bebas dari KKN. Habibie kemudian mengawalinya dengan membentuk berbagai komisi atau badan baru seperti KPKPN, KPPU atau lembaga Ombudsman.
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 8/22/2017