Pandangan Aksiologi Dalam Filsafat Ilmu


A. Tinjauan tentang Ilmu dari segi Nilai (Aksiologi)

Pandangan Aksiologi Dalam Filsafat IlmuKata “ilmu” secara etimologis dalam berasal dari bahasa Arab (علم) mengandung arti mengetahui, mengenal memberi tanda dan petunjuk yang berantonim dari makna naqid al-jahl (tidak tahu).Karena itu, dipahami bahwa ilmu adalah sebagai suatu pengetahuan secara praktis yang dipakai untuk menunjuk pada pengetahuan sistematis tentang masalah-masalah yang berhubungan dengan subyek tertentu. Untuk lebih jelasnya, perlu pula dikemukakan beberapa pendapat tentang pengertian ilmu secara terminologi. Dalam hal ini menurut John Ziman menyatakan bahwa ilmu adalah kajian tentang dunia material
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 7/14/2017
thumbnail

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesehatan

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesehatan

A. Pengantar Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesehatan 

Faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan perlu kita bahas terkait permasalahan kesehatan sangat disorot oleh masyarakat. Istilah sehat dalam kehidupan sehari-hari sering dipakai untuk menyatakan bahwa sesuatu dapat bekerja secara normal. Bahkan benda mati pun seperti kendaraan bermotor atau mesin, jika dapat berfungsi secara normal, maka seringkali oleh pemiliknya dikatakan bahwa kendaraannya dalam kondisi sehat. Kebanyakan orang mengatakan sehat jika badannya merasa segar dan nyaman. Bahkan seorang dokter pun akan menyatakan pasiennya sehat manakala menurut hasil pemeriksaan yang dilakukannya mendapatkan seluruh tubuh pasien berfungsi secara normal.
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 7/14/2017
thumbnail

Kontribusi Hukum Islam Dalam Pembangunan Hukum Nasional

Kontribusi Hukum Islam Dalam Pembangunan Hukum Nasional

A. Kontribusi Hukum Islam Dalam Pembangunan Hukum Nasional 

Dalam pembentukan hukum perlu diindahkan ketentuan yaitu wajib  memenuhi nilai filosofisnya yg berintikan rasa keadilan & kebenaran, nilai sosiologis sesuai dengan rapikan nilai budaya yang berlaku pada masyarakat dan nilai yuridis yg sinkron menggunakan ketentuan peraturan perundanundangan yg berlaku. 
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 7/14/2017
thumbnail

Pemikiran Filsafat Al-Farabi

AL-FARABI

A. Riwayat Hidup al-Fārābi ( 870-950 M )

       Al-Fārābi, nama lengkapnya Abu Nashr Muhammad ibn Muhammad ibn Tharkhan ibn Auzalagh al-Farabi, lahir di Wasij, sebuah dusun kecil di distrik kota Farab, propinsi Transoxiana, Turkestan, tahun 257 H/ 870 M. Ayahnya seorang pejabat tinggi militer dikalangan dinas ketentaraan dinasti Samaniyah yang menguasai sebagian besar wilayah Transoxiana, propinsi otonom dalam kekhalifahan Abbasiyah, sehingga al-Farabi dipastikan termasuk keluarga bangsawan yang mempunyai kemudahan fasilitas.
            Pendidikan dasar dan masa remaja al-Farabi dijalani di Farab, sebuah kota yang sebagian besar penduduknya mengikuti fiqh madzhab Syafi’i. Di sini ia mempelajari tata bahasa, kesusastraan, ilmu-ilmu agama (khususnya fiqh, tafsir dan ilmu hadis) dan aritmatika
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 7/14/2017
thumbnail

Konsep Pemikiran Ibnu Khaldun

KONSEP PEMIKIRAN IBNU KHALDUN

      A.     Biografi Ibnu Khaldun

Keluarga  Khaldun  lahir  di  kota  Carmon,  Andalus  di  mana  kakeknya bernama Khalid  bin Al-Khattab,  yang  kemudian  dikenal  dengan  nama Khaldun bin Usman bin Hani  bin Al-Khattab  bin Kuraib Maadi Karib  bin Al-Haris  bin Hijr. Sebuah ciri khas yang melatarbelakangi kehidupan Ibnu Khaldun adalah ia berasal dari keluarga politis, intelektual, dan aristokrat. Suatu latar belakang kehidupan yang jarang dijumpai orang. Keluarganya, sebelum menyeberang ke afrika, adalah para pemimpin politik di Moorish, Spanyol, selama beberapa abad. Dalam kelurga elit semacam inilah ia dilahirkan pada tanggal 27 Mei 1332 di Tunisia. Oleh ayahnya ia diberi nama Abdur Rahman Abu Zayd Ibnu Muhammad IbnuKhaldun.
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 7/14/2017
thumbnail

Proses Belajar Mengajar di Madrasah Berbasis Demokrasi

A. Penanaman Sikap Demokratis dalam Sistem Madrasah

MADRASAHPada era modern madrasah masih tetap hidup. Namun demikian, eksistensinya menjadi dipertanyakan ketika kurikulumnya masih dimonopoli oleh  ul­m al-naqliyah.
Ansar Zainuddin
Kumpulan Makalah Updated at: 7/14/2017