Skip to main content

Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Pertumbuhan dan perkembangan anak Adalah 2 sisi mata uang yang selalu ritme. Masalah kesehatan anak adalah salah satu kasus utama di sektor kesehatan, yang saat ini terjadi di Indonesia. Tingkat kesehatan seorang anak mencerminkan tingkat kesehatan suatu bangsa, karena anak-anak sebagai generasi penerus memiliki kemampuan yang dapat dikembangkan dalam melanjutkan pembangunan bangsa (Hidayat, 2008).
Pertumbuhan terkait dengan penggunaan hal-hal perubahan dalam ukuran fisik seseorang. Sedangkan perkembangannya terkait dengan penggunaan pematangan dan penambahan kemampuan fungsi organ. Kedua proses ini terjadi secara bersamaan di setiap individu (Kissanti, 2008).
Aspek pertumbuhan dan perkembangan adalah aspek yang menyebutkan proses pembentukan seseorang, baik secara fisik maupun psikososial. Tetapi beberapa orang tua tidak memahami hal ini, terutama orang tua yang memiliki tingkat pendidikan dan sosial ekonomi yang sangat rendah. Mereka berasumsi bahwa selama anak itu tidak sakit, itu berarti bahwa anak itu tidak memiliki kasus kesehatan termasuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Seringkali orang tua juga memiliki pemahaman bahwa tumbuh kembang memiliki pemahaman yang sama (Nursalam, 2005).
Mengetahui dan mengetahui pertumbuhan dan perkembangan anak tidak hanya melihat satu aspek, pemberian nutrisi atau nutrisi pada anak, tetapi lebih dari itu pertumbuhan dan perkembangan anak juga harus dilihat dari aspek hereditas, mentalitas, anggaran dalam keluarga dan proses pembelajaran termasuk pendidikan keluarga (Sunartyo, 2008).
Orang tua juga perlu memperhatikan sejumlah perkembangan motorik halus anak-anak dan keterampilan motorik kasar, serta pengenalan dan bahasa anak-anak di masa keemasan mereka. Gerakan anak seperti menara kubus adalah salah satu tanda perkembangan motorik halus. Biasanya pada usia 2 tahun, gerakan-gerakan dan kecerdasan anak-anak pada pengembangan pengakuan mulai ditunjukkan. Perkembangan penting lainnya adalah kemampuan untuk berbicara dan menunjuk gambar (Enterprises, 2008).
Dalam pertumbuhan dan perkembangan anak, orang tua berusaha memperhatikan perkembangan anak sejak usia dini. Kesiapan orang tua akan sangat mempengaruhi perkembangan anak selanjutnya. Dunia anak-anak adalah dunia bermain, di mana dalam kehidupan anak-anak sebagian besar waktunya dihabiskan untuk bermain.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar